10 Kelebihan Bayi Tabung untuk Suami dan Istri

Memilih proses bayi tabung untuk mendapatkan keturunan memang banyak sudah banyak dilakukan pasangan di Indonesia. Pasangan yang memiliki masalah kesuburan termasuk untuk pria dan wanita bisa berharap akan mendapatkan keturunan dengan proses ini. Bayi tabung bisa dilakukan dengan intervensi medis agar bisa terjadi kehamilan. Peluang bisa hamil atau tidak sangat tergantung dengan proses dan kondisi kesehatan pasangan baik itu suami atau istri. Lantas apa saja kelebihan bayi tabung untuk suami dan istri. Lihat uraian kami dibawah ini.

  1. Memberi harapan bisa hamil

Banyak pasangan yang bisa hamil secara alami, namun itu hanya untuk pasangan yang subur. Sementara pasangan yang memiliki masalah seperti ciri-ciri pria mandul dan ciri wanita mandul pasti akan sulit bisa hamil secara alami. Sementara dalam proses kehamilan melalui bayi tabung maka dokter akan melihat dimana masalah kesulitan dan penyebab tidak bisa hamil secara alami. Dan tentu saja dengan proses ini maka pasangan akan memiliki anak mereka sendiri.

  1. Menghindari cacat janin

Berbagai penyebab bayi lahir cacat untuk pasangan yang memiliki riwayat cacat dalam keluarga memang sangat tinggi. Ini akan membuat pasangan merasa takut karena adanya peluang bayi yang akan lahir juga mengalami masalah cacat. Terlebih dengan adanya masalah kelainan kromosom dalam keluarga. Namun dengan proses  bayi tabung maka semua ini akan dihindari. Ini karena proses skrining atau pemilihan calon janin yang sehat saat proses sebelum implantasi. Akhirnya dokter hanya memilih calon embrio yang berkualitas.

  1. Peluang kehamilan yang besar

Bagi wanita yang sudah berusia lebih dari 35 tahun tentu memiliki resiko ketika akan hamil. Tidak hanya kelainan pada janin tapi juga sulitnya hamil secara alami. Dengan proses bayi tabung maka proses ini akan meningkat dan tetap bisa melahirkan bayi yang sehat. Dokter juga akan mempertimbangkan berbagai resiko hamil diatas usia 35 tahun untuk ibu dan janin. Jadi dengan proses bayi tabung maka dokter akan memastikan kehamilan terjadi dengan sempurna.

  1. Harapan untuk wanita dengan kerusakan tuba falopi

Banyak wanita yang mengalami masalah kesehatan pada saluran tuba falopi. Sementara tanda saluran yang sehat maka sulit sekali untuk bisa hamil. Dengan adanya proses bayi tabung maka dokter akan mengatasi kesulitan ini. Ibu dengan kondisi ini tetap bisa hamil dengan menggunakan sel telur mereka sendiri.

  1. Harapan untuk masalah PCOS

PCOS adalah masalah keseimbangan hormon yang sering terjadi pada wanita. Masalah ini sangat umum tapi dampaknya sangat besar karena merusak kesuburan. Akhirnya wanita akan sulit hamil karena tidak bisa memiliki sel telur yang matang. Bahkan juga sering terlambat menstruasi. Ketika ingin hamil maka rekayasa dengan proses bayi tabung akan membuat ibu bisa hamil. Dokter akan memberikan obat agar sel telur bisa matang dan bisa terjadi kehamilan.

  1. Meningkatkan kesuburan

Dengan proses bayi tabung maka dokter akan melakukan intervensi untuk kasus kesuburan pasangan. Ini akan membuat dokter bisa menganalisa penyebab tidak subur baik untuk suami atau istri. Kemudian dengan pemeriksaan di laboratorium maka dokter akan memberi perawatan berupa obat atau tindakan agar pasangan bisa subur. Dengan tehnik ini maka pasangan bisa hamil.

  1. Bayi lahir sehat

Jaminan bahwa hanya embrio sehat saja yang digunakan dalam proses bayi tabung memang sangat penting untuk setiap pasangan yang akan melakukan bayi tabung. Akhirnya karena dokter hanya menggunakan embrio yang sehat maka bayi yang lahir juga lebih sehat. Dokter akan memastikan bahwa bayi tidak mengalami cacat baik itu karena kelainan kromosom atau cacat janin bawaan lain.

  1. Pasangan yang lebih tua bisa hamil
  2. Mengatasi ketidaksuburan pada laki-laki
  3. Mencegah penyakit yang diturunkan dari keluarga untuk janin.

Jadi ternyata itulah semua kelebihan bayi tabung untuk suami dan istri. Proses bayi tabung akan menjadi solusi untuk semua pasangan yang ingin tetap hamil meski mengalami gangguan kesehatan dan juga ancaman penyakit keturunan.