11 Ciri Wanita Mandul Sejak Remaja Paling Tepat

Semua pasangan yang sudah menikah tentu ingin memiliki anak yang cerdas dan sehat. Namun semua keinginan itu sangat sulit terwujud jika salah satu pasangan mandul. Ada berbagai tanda tidak subur yang bisa terjadi pada wanita dan pria. Tidak boleh ada yang saling menyalahkan ketika sudah menikah karena bukan hanya wanita yang tidak subur, pria juga bisa mandul. Masalah yang sangat sensitif ini sebenarnya sudah bisa terlihat terutama pada wanita. Berikut ini adalah beberapa ciri wanita mandul sejak dini yang perlu diamati semua wanita. (baca: ciri-ciri pria mandul – penyebab kemandulan pada wanita )

  1. Kurang berat badan

Wanita yang mandul sering mengalami masalah hormon dan semua itu bisa terlihat dari fisik. Salah satu hal yang paling sering terjadi adalah berat badan yang sangat rendah. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal termasuk olahraga secara keras yang merusak sistem hormon dan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Kemudian ketika wanita melakukan diet tanpa lemak maka berat badan akan menurun dengan cepat. Akibatnya berat badan akan menurun dengan cepat yang kemudian bisa memicu kacaunya sistem hormon dan membuat wanita tidak subur.  (baca: penyebab hamil tidak terdeteksi test pack – cara menghitung masa subur wanita – masa subur pria )

  1. Menstruasi berat

Wanita yang mengalami menstruasi dengan periode yang sangat berat bukan berarti itu pertanda subur. Kelebihan darah saat menstruasi bisa menjadi tanda adanya kondisi yang mengacu pada kemandulan. Istilah pendarahan berat termasuk salah satu gangguan menstruasi yang terjadi karena penebalan dinding rahim, hormon yang tidak seimbang, dan kondisi psikis seperti tingkat stres yang tinggi.  kemudian pendarahan berat saat menstruasi juga bisa terjadi karena tidak adanya progesteron dalam tubuh yang menjadi pemicu ovarium tidak menghasilkan sel telur. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa saluran reproduksi tidak mengalami ovulasi yang normal.  (baca: penyebab haid tidak berhenti – penyebab kemandulan pada wanita – penyebab kandungan lemah)

Baca juga: tanda tanda penebalan dinding rahim – ciri dinding rahim menebal tanda hamil

  1. Menstruasi tidak teratur

Tanda lain wanita mandul yang sangat jelas adalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Bisa saja dalam satu waktu menstruasi datang sangat cepat dan singkat. Namun pada periode berikutnya menstruasi terjadi dengan pendarahan yang berat. Dan pada waktu yang lain bisa terjadi tidak menstruasi sama sekali. Ini bisa menjadi petunjuk bahwa tubuh tidak mengalami ovulasi sama sekali sehingga tidak ada sel telur. Dan ini masalah yang berat karena wanita ini tidak akan bisa hamil kecuali dengan perawatan yang baik.

Informasi menstruasi:


  1. Menstruasi tiba-tiba tidak datang

Wanita yang mengalami menopause bisa saja memang tidak akan mengalami menstruasi. Namun semua itu menunjukkan tanda-tanda yang jelas. Sementara pada wanita yang masih masuk usia subur bisa saja tidak mengalami menstruasi secara tiba-tiba. Ini artinya bahwa wanita tersebut tidak mengalami menstruasi tanpa gejala apapun. Ini juga menjadi petunjuk bahwa ada masalah hormon yang sangat serius serta kemungkinan masalah penyakit reproduksi pada wanita.  (baca: perbedaan hamil dan PMS – penyebab wanita telat datang bulan )

  1. Menstruasi sangat sakit

Tidak semua rasa sakit saat menstruasi mengacu pada ciri wanita mandul, sebab ini bisa menjadi kondisi yang normal. Namun beberapa wanita yang mengalami hal ini juga bisa terjadi karena memang mandul. Menstruasi yang sangat menyakitkan bisa terjadi karena masalah hormon dan penyakit pada ovarium atau indung telur. Terlebih jika disertai dengan beberapa gejala seperti sakit saat buang air kecil, darah yang lebih banyak, darah menggumpal, ada darah saat buang air kecil dan rektum yang sakit. Endometriosis terkadang tidak bisa didiagnosa namun dengan pemeriksaan detail maka bisa ditemukan dengan cepat. (baca: macam-macam gangguan haid –  Penyebab haid tidak teratur – Penyebab nyeri haid berlebihan )

  1. Tiba-tida berjerawat parah

Wanita yang tidak subur juga bisa mengalami masalah jerawat. Jerawat yang parah menjadi tanda bahwa ada masalah hormon yang serius. Saat jerawat buruk maka wanita bisa mengalami PCOS dimana tubuh memproduksi hormon androgen yang lebih banyak. Ini adalah hormon yang seharusnya ada pada tubuh pria sehingga bisa mengganggu kesuburan jika terjadi pada wanita. Produksi hormon androgen yang tinggi juga bisa menyebabkan ovulasi tidak teratur, jerawat yang sangat banyak dan menstruasi yang tidak normal.

Informasi penyakit wanita:

  1. Banyak rambut pada tubuh

Umumnya wanita memiliki rambut yang lebih sedikit dibandingkan pria. Namun ketika produksi androgen dalam tubuh sangat tinggi maka wanita bisa memiliki rambut halus yang lebih banyak. Jenis rambut halus ini lebih banyak ditemukan pada bagian atas bibir, wajah, pergelangan tangan, ketiak, dada dan perut. Jika sudah ada gejala ini maka androgen dalam tubuh bisa saja sangat tinggi dan harus segera diobati.

Informasi keputihan:

  1. Rambut semakin rontok

Saat wanita mengalami rambut rontok maka itu bisa menjadi pertanda yang sangat serius. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rambut semakin tipis dan membuat Anda tidak percaya diri. Pengaruh yang sering terjadi termasuk seperti kelenjar tiroid yang tidak normal, ada penyakit autoimun, anemia, dan produksi androgen yang tinggi. Jadi perhatikan ciri wanita mandul ini. (baca: pusing saat haid – haid sedikit dan coklatpenyebab haid tidak teratur setelah menikah)

  1. Nafsu sex yang rendah

Wanita yang tidak subur biasanya juga memiliki tingkat nafsu sex yang sangat rendah. Mereka tidak memiliki dorongan hubungan intim yang normal seperti wanita yang subur. Hal ini bisa terjadi karena depresi atau stres. Namun ketika wanita memiliki gangguan pada sistem reproduksi maka biasanya akan mengeluh sakit setelah berhubungan intim. Dan inilah yang mungkin bisa menjadi penyebab tidak ada dorongan untuk berhubungan intim.


Informasi cara cepat hamil:

  1. Berat badan naik dengan cepat

Wanita yang tiba-tiba mengalami kenaikan berat badan secara berlebihan bisa terjadi karena PCOS. Ini bisa membuat kadar androgen yang sangat tinggi. Kemudian produksi insulin juga bisa menjadi lebih tinggi. Gangguan sistem hormon ini sangat berat untuk tubuh dan kemudian bisa membuat tubuh wanita memiliki metabolisme yang lebih berat. Inilah yang membuat tubuh menjadi lebih cepat gemuk dibandingkan wanita lain.

Informasi kehamilan ektopik:

  1. Ketidakmampuan hamil setelah menikah

Tidak ada tanda yang pasti bagaimana wanita bisa dinyatakan mandul. Namun ketika wanita sudah menikah lama dan tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun, tapi juga tidak hamil maka itu bisa menjadi tanda mandul. Biasanya kondisi ini bisa dinyatakan setelah ada pemeriksaan. Namun gejala awal tetap bisa diamati sesuai dengan beberapa gejala lain diatas. (baca: kekurangan dan kelebihan bayi tabung – bayi tabung dalam islam – proses bayi tabung)

Inilah berbagai ciri wanita mandul sejak dini yang bisa diamati baik dengan pemeriksaan dokter atau hanya dengan melihat gejala lain. Ciri ini memang sangat jelas namun untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat maka pemeriksaan dokter tetap diperlukan agar lebih pasti.

, , ,
Post Date: Monday 02nd, October 2017 / 06:28 Oleh :
Kategori : Kemandulan
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular