15 Penyebab Kemandulan pada Wanita Harus Diwaspadai      

Pada dasarnya terjadinya proses kehamilan memang tidak semudah yang kita pikirkan. Ada banyak faktor yang dibutuhkan agar wanita bisa hamil. Tidak hanya tergantung pada wanita itu sendiri tapi juga kondisi kesehatan pasangan. Ketika wanita tidak bisa hamil maka masyarakat sering menyebut dengan istilah mandul. Namun semua itu tidak bisa dipastikan sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan dan kondisi organ reproduksi. Dibawah ini adalah beberapa penyebab kemandulan pada wanita yang harus diperhatikan.

Informasi tanda kehamilan:

  1. Terjadinya gangguan ovulasi

Semua wanita yang memiliki sistem reproduksi yang sehat pasti akan mengalami ovulasi dimana sel telur yang sudah matang bisa dibuahi oleh sel sperma. Namun beberapa wanita yang sulit hamil bisa mengalami siklus ovulasi yang kacau, tidak terjadi ovulasi sama sekali, atau bahkan sangat jarang bisa mengalami ovulasi. Hal ini bisa dipicu oleh masalah hormon reproduksi yang dihasilkan oleh kelenjar pituari dan adanya kemungkinan masalah pada ovarium.

Baca: penyebab kandungan lemah –  janin tidak berkembang – janin yang meninggal dalam kandungan

  1. Menderita sindrom ovarium polikistik atau PCOS

Beberapa wanita yang menderita PCOS juga akan sulit untuk hamil. Ini adalah masalah yang menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon reproduksi yang bisa membuat proses ovulasi tidak terjadi atau sangat jarang terjadi. Kondisi ini juga sering dikaitkan dengan masalah kelebihan berat badan, adanya resiko obesitas, adanya jerawat yang berlebihan dan pertumbuhan rambut yang tidak normal. Penyakit ini juga bisa menyebabkan terjadinya kista ovarium yang bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur, tidak menstruasi sama sekali, dan kerusakan sel telur.

Baca: penyebab kemandulan pada wanita – penyebab menstruasi tidak teratur – akibat telat haid

  1. Menderita disfungsi hipotalamus

Kelenjar pituari memiliki fungsi untuk menghasilkan hormon reproduksi sehingga wanita bisa memiliki peluang hamil yang lebih besar. Kelenjar ini merangsang ovulasi setiap bulan dan juga menghasilkan hormon luteinizing. Ketika terjadi beberapa masalah dalam tubuh seperti kelelahan fisik yang berat, kelebihan berat badan, dan stres maka kelenjar ini bisa terpengaruh dan hasilnya masalah ketidakseimbangan hormon. Masalah ini juga bisa memicu terjadinya gangguan keseimbangan hormon yang membuat siklus menstruasi tidak teratur.

Baca: tanda tanda menstruasi pada anak – penyebab nyeri haid berlebihan

  1. Terjadi kegagalan ovarium

Beberapa wanita juga sulit hamil karena mengalami kegagalan fungsi ovarium yang sering menyebabkan hilangnya sel telur dari ovarium dan kerusakan sel telur. Kondisi ini  berhubungan dengan penyakit autoimun yang terjadi dalam tubuh dan juga pengaruh obat keras seperti obat kemoterapi. Hal ini bisa menyebabkan ovarium tidak memproduksi sel telur dan bisa menurunkan produksi hormon estrogen pada wanita yang berusia dibawah 40 tahun. Kondisi ini harus ditangani secara serius sehingga bisa membantu memperbaiki fungsi ovarium yang sehat.

Baca: penyebab adenomiosis – efek samping pil kb 

  1. Tubuh memiliki prolaktin yang tinggi

Ketika tubuh wanita menghasilkan prolaktin yang terlalu tinggi maka juga bisa menyebabkan wanita sulit untuk hamil. Hal ini biasanya terjadi ketika prolaktin sangat tinggi maka estrogen dalam tubuh juga akan menurun. Hal ini bisa memicu kemandulan. Namun semua fungsi ini berhubungan dengan adanya obat keras yang masuk ke dalam tubuh dan obat yang digunakan untuk jenis penyakit lain dalam tubuh. (baca: penyebab keguguran berulang – hamil yang tidak terdeteksi)

  1. Terjadi kerusakan di saluran tuba falopi

Ketika wanita mengalami gangguan pada bagian saluran tiba falopi maka bisa menyebabkan wanita sulit hamil. Sumbatan atau kerusakan pada bagian saluran tuba falopi maka bisa membuat sel sperma tidak bisa bertemu dengan sel telur sehingga sulit untuk terjadi pembuatan sel dalam rahim. Pada dasarnya ada beberapa macam kerusakan yang bisa terjadi dan disebabkan oleh beberapa faktor dibawah ini:

  • Adanya infeksi pada radang panggul akibat infeksi dari gonore, chlamydia, penyakit infeksi menular seksual dan juga resiko infeksi pada bagian uterus.
  • Pernah mengalami operasi atau tindakan pembedahan pada bagian perut atau sekitar panggul. Kondisi ini sering dialami oleh wanita yang mengalami operasi akibat kehamilan ektopik dan berbagai gangguan kehamilan yang lain.
  • Terjadi penyakit tuberkolosis panggul yang bisa menyebabkan infeksi dan kerusakan pada bagian saluran tuba falopi.

Informasi kehamilan ektopik:

  1. Menderita penyakit endometriosis

Wanita yang mengalami penyakit endometriosis juga bisa sulit untuk hamil. Penyakit ini akan menyebabkan terjadinya pertumbuhan jaringan pada bagian rahim atau di sekitar bagian reproduksi lain. Endometriosis bisa menyebabkan jaringan parut yang terus tumbuh pada bagian saluran tuba falopi, ovarium atau jenis organ yang lain. Jika ini terjadi terus menerus maka bisa menyebabkan kondisi yang tidak normal termasuk untuk siklus menstruasi dan menstruasi yang terlalu sakit. Endometriosis juga bisa menyebabkan lapisan rahim rusak sehingga bisa membuat kualitas sel telur buruk dan terkadang tidak terjadi pertemuan antara sel telur dan sel sperma.

Baca:

  1. Terjadi kelainan pada bagian rahim atau uterus

Beberapa wanita yang mengalami kelainan pada bagian uterus atau rahim juga sulit untuk hamil. Ada banyak penyebab gangguan pada uterus seperti:

  • Terjadinya polip atau miom pada rahim. Kondisi ini bisa menyebabkan saluran tuba falopi tersumbat yang bisa menganggu proses implantasi. Kelainan ini paling sering terjadi pada wanita yang memang sudah mengalami polip atau firbroid rahim sejak awal. (baca: gejala miom membesar)
  • Terjadinya pembentukan jaringan parut pada bagian rahim yang bisa menghambat kematangan sel telur dan juga gangguan pada kematangan sel telur. (baca: hamil dengan kista dan miom – Cara mengatasi miom secara medis dan alami – efek samping operasi miom)
  • Ketika wanita mengalami gangguan rahim sejak lahir yang bisa membuat bentuk rahim tidak normal, ukuran rahim yang tidak wajar dan kelainan lain pada rahim yang menghambat proses persalinan.
  • Ketika wanita mengalami penyempitan serviks atau stenosis serviks yang bisa membuat kerusakan pada bagian serviks. Kondisi ini juga sering terkait dengan masalah bawaan. (baca: penyebab hamil di luar kandungan)
  • Serviks tidak bisa menghasilkan lendir yang menyebabkan sperma tidak bisa masuk ke dalam rahim.
  1. Pengaruh usia

Sebenarnya pengaruh usia juga bisa menyebabkan wanita menjadi sulit untuk hamil. Hal ini paling sering terjadi pada wanita usia lanjut. Ketika wanita berusia dipertengahan 30 tahun maka folikel yang menghasilkan sel telur sudah menurun sehingga membuat sel telur yang dihasilkan menjadi lebih buruk. Hal ini bisa membuat wanita sulit mengalami konsepsi, gangguan keguguran dan juga resiko kehilangan sel telur tanpa penyebab yang jelas. (baca: kehamilan di atas 45 tahun – Bahaya hamil di usia muda)

  1. Pengaruh rokok dan alkohol

Wanita yang memiliki kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol juga bisa mengalami kesulitan untuk hamil. Hal ini terjadi ketika pengaruh rokok dan alkohol memang bisa terjadi secara langsung pada tubuh wanita. Misalnya bisa membuat siklus menstruasi tidak teratur, kerusakan sel telur, gangguan pada ovarium, kista, penyakit pada tuba falopi, resiko gangguan kehamilan dan berbagai penyakit lain. Semua zat aditif dalam rokok dan alkohol bisa menyebabkan gangguan kesuburan untuk wanita.

Baca: : Merokok bagi ibu hamil dan janinBahaya merokok saat hamil  – bahaya rokok elektrik bagi ibu hamil – bahaya nikotin bagi ibu hamil

  1. Wanita mengalami obesitas

Wanita yang mengalami obesitas juga bisa mengalami kemandulan. Penyebab kemandulan pada wanita ini sering tidak disadari. Obesitas bisa menyebabkan gangguan ovulasi sehingga wanita sulit memiliki sel telur yang matang sempurna, sel telur yang sering rusak dan akibatnya juga tidak bisa hamil. Obesitas bisa membuat semua proses kesuburan dalam tubuh terganggu seperti masalah hormon, PCOS, resiko kista dan jenis gangguan wanita lain. (baca: Bahaya Obesitas Bagi Ibu Hamil)

  1. Penyakit menular seksual

Wanita yang menderita penyakit menular seksual juga  bisa mengalami kemandulan. Beberapa penyakit seperti infeksi dari gonore dan chlamydia bisa menyebabkan kerusakan pada bagian saluran tuba falopi, dan berbagai kerusakan yang lain. Penyakit ini paling sering terjadi pada wanita yang sering melakukan hubungan seksual  bebas. Perilaku yang tidak sehat ini juga bisa memicu penyakit lain seperti HIV/AIDS, hepatitis dan penyakit lain.

Informasi penyakit wanita:

 

  1. Mengalami menopause dini

Wanita yang mengalami menopause dini juga sulit untuk bisa hamil. Beberapa wanita memang bisa mengalami hal ini sehingga mereka sama sekali tidak memiliki sel telur, sel telur yang selalu rusak. Kondisi ini juga sering tidak diketahui penyebabnya, namun beberapa faktor bisa terjadi. Misalnya seperti pada wanita yang memiliki berat badan rendah, diet yang terlalu ketat dan juga olahraga yang terlalu keras.

Informasi keputihan:

  1. Terkena resiko bahan kimia dari lingkungan

Ketika wanita terpapar oleh bahan kimia yang berasal dari lingkungan kerja atau lingkungan tempat tinggal maka mereka bisa mengalami kemandulan. Bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan cacat janin, keguguran, mutasi genetik yang tidak bisa dicegah dan juga kemandulan yang parah. Beberapa bahan yang sangat berbahaya misalnya seperti timbal yang bisa menyebabkan cacat sel telur atau kerusakan sel telur, etilena oksida yang bisa membuat gangguan kehamilan dan resiko kematian janin, Dibromochloropropane yang bisa menyebabkan kerusakan janin atau kerusakan ovarium, dan berbagai jenis bahan kimia yang lain.

Baca: bahaya kosmetik bagi ibu hamil – bahaya mewarnai rambut saat hamil bagi ibu hamil dan janin – bahaya smoothing rambut saat hamil)

  1. Olahraga dan diet yang terlalu keras

Ketika wanita memiliki kegiatan olahraga yang terlalu berat dan diet yang sangat ketat maka bisa merusak sistem kesuburan yang sehat dalam tubuh. Semua fungsi organ reproduksi bisa mengalami masalah yang serius dan juga memicu terjadinya penyakit pada organ reproduksi. Kelebihan berat badan dan kekurangan berat badan bisa membuat wanita memang sulit untuk hamil. Diet yang ketat bisa menyebabkan tubuh mengalami kerusakan keseimbangan hormon sehingga sulit untuk hamil. (baca: larangan ibu hamil – pantangan ibu hamil muda)

Itulah beberapa penyebab kemandulan pada wanita yang paling sering terjadi. Sebaiknya masalah ini memang harus segera diatasi sehingga wanita bisa hamil. Merubah gaya hidup juga sangat penting untuk mencegah kemandulan.