Penyebab Bayi 3 Bulan Menggigit Saat Menyusu Dan Perawatannya

Cara menyusui bayi menjadi pedoman yang harus dikuasai ibu secara perlahan sejak bayi lahir. Kebiasaan menyusui mungkin akan terasa aneh untuk ibu yang baru pertama kali melahirkan. Namun setelah beberapa bulan memberikan ASI secara langsung dari payudara maka akan terasa biasa saja. Tapi bayi yang menerima ASI Anda tumbuh dengan baik dan terkadang memberikan kejutan seperti menggigit puting saat menyusu. Ibu tentu akan merasa sakit dan ini bisa melukai puting, bahkan ada ibu yang sampai trauma. Berikut ini akan kami ulas mengenai penyebab bayi 3 bulan menggigit saat menyusu dan perawatannya.

Penyebab

  1. Meminta perhatian

Terkadang ibu yang menyusui sambil melakukan aktifitas lain seperti bermain ponsel, makan, mengobrol dan tindakan lain akan mengalami masalah ini. Bayi akan menggigit payudara namun dengan gerakan yang lembut. Tentu karena bayi belum mengalami tanda tanda bayi tumbuh gigi jadi rasanya tidak terlalu menyakitkan. Karena itu usahakan untuk memberikan perhatian penuh ketika menyusui bayi. Anda bisa mencoba untuk memegang tangan bayi, mengelus atau sambil mengayun. Jika ingin melakukan sesuatu maka berikan ASI sampai cukup dulu.

  1. Cara bayi berkomunikasi

Perkembangan bayi 3 bulan memang belum bisa berbicara seperti bayi yang lebih tua. Karena itu salah satu cara berkomunikasi terutama dengan ibu adalah dengan menggigit bayi. Biasanya bayi akan tertawa atau menangis ketika ibu berusaha melepas payudara. Tenang saja, karena ini salah satu cara agar ibu bisa memperhatikan bayi dengan baik. Bayi juga sudah mengolah perasaan mereka dengan ucapan terima kasih kepada ibu sehingga mereka menyampaikan ucapan ini dengan menggigit puting payudara.

  1. Sakit pada gusi dan mulut

Terkadang salah satu penyebab dari bayi sering menggigit saat menyusu adalah karena sakit seperti sariawan. Memang ada beberapa penyebab sariawan pada bayi saat usia 3 bulan seperti kondisi kesehatan yang menurun, kesehatan mulut yang buruk dan kondisi lainnya. Bahkan kebersihan puting payudara yang tidak baik juga bisa menyebabkan sariawan. Sariawan akan membuat mulut bayi menjadi tidak nyaman saat terkena puting, sehingga bayi mencoba untuk menggigit bagian payudara ibu.

  1. Posisi menyusui yang kurang nyaman

Ketika ibu  berusaha untuk menyusui dengan posisi yang tepat maka bayi akan merasa sangat nyaman. Tapi jika posisi kurang nyaman maka bayi juga akan protes. Bayi akan memberikan tanda seperti menggigit payudara dan ini biasanya terjadi ketika ibu mencoba tips menyusui di tempat umum. Biasanya posisi yang tepat akan membuat puting payudara sampai aerola masuk ke mulut bayi. Jika ibu menyusui terbatas pada area puting saja, maka biasanya bayi akan menggigit.

  1. Bayi tidak mau disusui

Terkadang ibu yang kurang memperhatikan tanda bayi masih kenyang atau terlalu lapar maka akan menyusui bayi begitu saja. Ternyata ini hal yang kurang tepat karena ketika bayi tidak merasa butuh ASI maka juga tidak mau disusui. Kemudian jika bayi sudah terlalu lapar sampai menangis lama saat meminta ASI maka biasanya bayi juga akan menolak ASI. Jadi ibu harus memperhatikan tanda-tanda ini.

Perawatan

  1. Usahakan untuk menyusui dengan posisi yang tepat dan nyaman untuk bayi dan ibu.
  2. Jangan melakukan kegiatan lain sambil menyusui sehingga bayi protes dan menangis meminta perhatian.
  3. Pastikan menyusui bayi saat tidak terlalu lapar dan tidak terlalu kenyang.
  4. Berhenti menyusui ketika bayi menggigit dengan menjauhkan mulut dan kepala bayi secara lembut.
  5. Jangan memaksa bayi untuk menyusu ketika menangis.
  6. Pastikan ibu mencoba memeriksa puting digigit bayi atau tidak dengan menempatkan dua jari diputing ibu saat akan menyusu dan menarik puting payudara.
  7. Berikan kasih sayang dengan usapan, ucapan, pelukan dan buaian.
  8. Perhatikan tempat menyusui yang paling nyaman untuk bayi.
  9. Jaga kebersihan puting payudara sebelum dan setelah menyusui.
  10. Jika ada luka maka bersihkan luka sebelum dan setelah menyusui.

Itulah semua penyebab bayi 3 bulan menggigit saat menyusu dan perawatannya. Ibu harus melihat dulu yang membuat bayi menggigit kemudian lakukan perawatan setelahnya. Jika masih terbiasa maka konsultasikan dengan ahli sehingga bayi Anda bisa diperlakukan khusus saat menyusu.