6 Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir Agar Putih Dan Lembut

Segera setelah ibu melahirkan maka ada banyak hal yang harus dilakukan. Selain memberikan kolostrum dan ASI sampai adanya tanda bayi cukup ASI, maka ibu harus melihat kondisi kulit bayi. Bayi yang baru lahir biasanya memang memiliki kulit lebih hitam atau merah. Baru setelah beberapa hari maka warna alami bayi terlihat. Umumnya bayi akan terlihat putih dan bersih. Namun setelah itu terkadang warna kulit bayi berubah menjadi lebih gelap dan kurang lembut atau mulai kasar. Tapi ibu jangan takut karena ini proses yang sangat alami. Berikut ini kami jelaskan mengenai cara merawat kulit bayi baru lahir agar putih dan lembut.

  1. Menjaga agar kulit tidak kering

Langkah pertama untuk  menjaga kulit bayi adalah membuat agar kulit bayi selalu lembab. Jika kulit bayi sangat kering maka ini ditandai dengan adanya bintik merah pada kulit bayi. Karena pada dasarnya kulit bayi menyerang air dengan waktu yang lebih cepat dibandingkan anak-anak dan orang dewasa. Karena itu Anda harus membuat kulit tidak terlalu kering dengan memilih pelembab kulit bayi. Pelembab untuk kulit bayi biasanya sangat aman dan bisa membuat kulit tetap putih atau lembut.

  1. Membersihkan kulit bayi

Melakukan cara memandikan bayi baru lahir  akan menjadi pengalaman yang mendebarkan untuk semua orang tua baru. Namun jangan merasa takut karena ini proses yang sangat menyenangkan dan mengikat perasaan bayi. Untuk itu dengan memandikan maka bisa membuat kulit bayi lebih bersih. Pada dasarnya untuk bayi yang baru lahir juga bisa hanya di lap dengan air hangat saja tanpa harus dimandikan. Namun disarankan memandikan  bayi di semua bagian tubuh paling tidak dua hari sekali. Dan pastikan Anda menggunakan produk yang tepat untuk memandikan bayi.

  1. Berikan pijatan pada tubuh bayi

Salah satu manfaat pijat bayi ternyata tidak hanya membuat tubuh bayi lebih santai saja. Tapi juga bisa membuat kulit bayi lebih putih dan lembut. Hal ini karena dengan memijat tubuh bayi maka akan membuat Anda menyentuh semua bagian kulit bayi. Kemudian proses sentuhan ini akan menghilangkan semua daki, kotoran dan sel kulit mati pada kulit bayi. Bahkan efeknya juga bisa membuat bayi lebih tenang karena merasa lebih nyaman dengan sentuhan orang tua.

  1. Gunakan minyak hangat

Ternyata merawat kulit bayi dengan beberapa jenis minyak hangat memang sangat bermanfaat. Tradisi ini memang sudah berkembang sejak lama dan masih dilakukan sampai sekarang. Pijatan dengan minyak yang hangat akan membuat kulit lebih putih karena bisa membuat kulit lembut dan lembab. Minyak hangat juga akan membuat kulit tidak terlalu sensitif sehingga kondisi kulit bayi sangat mulus. Anda bisa menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon. Namun harus dilakukan secara hati-hati agar tidak terkena bahaya bayi minum minyak telon.

  1. Gosok lembut saat memandikan bayi

Saat Anda memandikan bayi maka jangan lupa untuk menggosok kulit bayi dengan lembut. Gosokan ini membuat efek yang sangat baik untuk kulit bayi karena saat baru lahir bayi masih mengeluarkan banyak biang keringat. Menggosok dengan lembut akan menghilangkan kotoran pada kulit bayi. Untuk mendapatkan efek yang lebih baik bagi kulit bayi maka bisa menggunakan scrub khusus untuk kulit bayi.

  1. Pilih produk perawatan yang tepat

Untuk merawat kulit bayi yang baru lahir maka jangan sampai memilih produk  bayi yang berbahaya. Sebelum Anda memberi berbagai perlengkapan untuk kulit bayi maka teliti, apakah bahan dalam produk itu aman atau tidak. Bahkan cara ini tidak hanya berlaku untuk produk perawatan kulit saja, tapi juga untuk pakaian bayi.

Itulah cara merawat kulit bayi baru lahir agar putih dan lembut. Semua cara ini bisa dilakukan ibu sendiri atau dengan bantuan saudara yang sudah berpengalaman. Jika dilakukan teratur maka kulit bayi bisa sangat sehat dan lembut.