6 Penyebab Tenggorokan Berlendir Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Masa kehamilan adalah salah satu masa yang paling rentan. Karena jika ibu yang sedang mengandung terkena masalah kesehatan maka bisa saja mempengaruhi juga pada kondisi janin di dalam kandungan. Beberapa ibu mungkin saja ada yang pernah mengeluh bahwa adanya lendir saat sedang masa kehamilan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah penyebab tenggorokan berlendir saat hamil serta bagaimana cara untuk mengatasinya.

  1. Gejalibu hamil batuk pilek

Saat sedang musim hujan dan banyak orang yang terkena flu, maka biasanya ibu yang sedang dalam kondisi hamil akan sangat mudah untuk mendapatkan penularan jika dibandingkan mereka yang sedang tidak mengandung. Hal ini disebabkan karena saat kehamilan makan stress akan semakin bertambah dan juga akan mempengaruhi pada sistem kekebalan tubuh. Akibatnya ibu yang sedang mengandung akan semakin beresiko terserang komplikasi penyakit flu. Gejala flu tersebut menyebabkan ibu mulai memproduksi banyak lendir di dalam tenggorokannya.

  1. Peradangan pada saluran pernapasannya

Dahak yang ada di dalam tenggorokan bisa saja muncul karena disebabkan adanya kondisi peradangan yang terjadi di dalam saluran pernapasan atau pun daerah dekat dengan saluran pernapasan. Lendir atau dahak bisa saja merupakan salah satu dari kumpulan zat yaitu cairan mukosa serta sel yang sudah mati atau cairan yang berada dari peradangan tersebut. Sehingga saat ibu hamil memiliki lendir berlebihan bisa saja itu disebabkan karena ibu sedang mengalami radang pada tenggorokan. Seperti misalnya jika ibu mengalami ciri ciri TBC pada ibu hamil.

  1. Terserang infeksi atau adanya alergi karena zat asing

Saat masa kehamilan kemudian Anda merasakan adanya lendir yang selalu saja keluar di pagi hari, yang bahkan dirasa sangat tidak nyaman serta bisa menyebabkan terjadinya mual. Bisa saja hal tersebut dipicu karena Anda mengalami alergi atau pun infeksi bakteri yang berasal dari organisme asing. Sehingga kondisi tersebut membuat Anda memproduksi lendir dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu bisa juga dahak atau lendir yang disebabkan karena adanya alergi pada kondisi tertentu. Misalnya saja, Anda memiliki alergi pada air, cuaca dan yang lainnya. Kondisi ini juga menjadi beberapa penyebab mimisan pada ibu hamil.

  1. Terjadi heartburn pada ibu hamil

Permasalahan pada lambung juga biasa dialami oleh banyak orang, misalnya saja permasalahan lambung yang berhubungan dengan asam lambung atau magh yang terjadi pada ibu hamil sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan lendir yang ada di dalam tengg\gorokan. Apalagi saat asam lambung benar-benar sudah naik ke tenggorokan, selain akan ada dahak Anda juga akan merasakan adanya gangguan pada pernafasan seperti kesulitan saat sedang bernafas. Hal ini sebaiknya segera diatasi jika ternyata terjadi pada ibu yang sedang hamil, karena kondisi tersebut malah akan semakin membuat tidak nyaman dan perut menjadi terasa sangat kembung apalagi ditambah dengan adanya lendir pada tenggorokan.

  1. Sinusitis

Jika Anda memiliki riwayata sinusitis, bisa saja lendir disebabkan karena adanya radang sinusitis yang memnyebabkan keluarnya lendiri pada tenggorokan. Peradangan biasanya akan disebabkan karena ada bakteri atau birus yang bisa terus memicu lendir keluar. Selain lendir yang ada pada tenggorokan, ibu hamil juga akan mengalami kondisi lendir keluar terus menerus melalui hidung

  1. Tubuh kekurangan cairan

Tenggorokan yang mengeluarkan cairan bisa saja merupakan salah satu respon dari kondisi tubuh yang sangat kekurangan cairan. Karena seharusnya keadaan tenggorokan berada dalam kondisi yang lembab. Jika kondisi ini terjadi pada ibu hamil sebaiknya sangat disarankan untuk selalu rutin mengkonsumsi air putih agar terhindar dari bahaya dehidrasi bagi ibu hamil. Karena dehidrasi bisa saja menyebabkan terjadinya kelainan pada janin yang ada di dalam kandungan.

Cara Mengeluarkan Lendir

  1. Mengkonsumsi lada

Anda bisa memanfaatkan bahan rempah agar lendir yang ada di dalam tenggorokan bisa luntur dengan alami. Caranya adalah dengan menyiapkan ½ sendon lada putih yang dicampurkan dengan 1 sendok makan madu. Kemudian masukan selama 15 detik ke dalam microwave, lalu seduh menggunakan air hangat.

      2. Mengkonsumsi bawang dan lemon

Selain menggunakan lada, Anda juga bisa melunturkan lendir dalam tenggorokan menggunakan campuran bawang dan juga lemon. Caranya adalah dengan mengupas bawang lebih dulu kemudian campurkan dengan perasan lemon, diamkan dulu selama 2-3 menit. Lalu tambahkan lah 1 sendok madu. Selesai, Anda bisa mengkonsumsi sampai lendir benar-benar hilang.

Itulah pembahasan mengenai penyebab tenggorokan berlendir pada ibu hamil yang sangat penting Anda ketahui agar bisa mengatasi kemungkinan terjadinya dengan sangat cepat. Sebaiknya Anda jangan menyepelekan penyebab tenggorokan berlendir pada ibu hamil. Jika lendir disertai dengan adanya batuk yang sangat keras pada masa kehamilan bisa saja menyebabkan beberapa bahaya pada janin seperti keguguran atau pun terinfeksi dengan adanya virus yang menyebabkan terjadinya lendir di tenggorokan.