10 Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur Pada Remaja Karena Kista

Menstruasi atau haid merupakan siklus alamiah yang dialami seorang wanita yang sudah melewati masa pubertasnya. Biasanya remaja mulai mengalami menstruasi pertama kali antara usia 10-15 tahun. Setelah mengalami menstruasi untuk yang pertama kalinya, biasanya ada beberapa remaja yang mengalami menstruasi yang tidak lancar. Oleh karena itu kalian harus tahu mengenai penyebab haid tidak teratur sehingga tahu apa yang menyebabkan haid jadi tidak lancar. Untuk kali ini kami akan memberikan tips mengenai cara mengatasi menstruasi tidak teratur pada remaja karena kista.

  1. Menjaga berat badan supaya ideal

Tips pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi siklus haid yang tidak lancar atau tidak teratur adalah dengan menjaga berat badan yang ideal ya. Walaupun kalian masih remaja, namun mengatur berat badan juga perlu diperhatikan. Jangan sampai terlalu kurus atau terlalu gemuk karena berat badan yang tidak ideal itu bisa menyebabkan kalian mengalami masalah pada siklus menstruasi. Jadi sebaiknya milikilah berat badan yang ideal dan juga sesuai dengan usia kalian sekarang ini. Terlebih kista sering berhubungan dengan kadar hormon yang tidak seimbang, sehingga menjaga berat badan penting agar perawatan kista bisa total.

  1. Cukup istirahat

Tidak hanya wanita dewasa saja yang bisa mengalami gangguan pada siklus menstruasi, remaja pun juga bisa mengalami macam-macam gangguan haid. Jika kalian adalah salah satu wanita yang memiliki siklus haid yang tidak lancar maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan memiliki waktu istirahat yang cukup. Jangan terlalu kelelahan dan memiliki waktu tidur yang sangat kurang karena itu membuat aliran darah jadi tidak lancar dan akhirnya siklus haid jadi tidak lancar juga. Ini juga penting agar kista tidak membesar.

  1. Hindari stress berlebihan

Apakah kalian tahu? Jika rasa stress yang sering kalian alami ini bisa menyebabkan haid jadi tidak lancar. Jika kita sering mengalami stress atau tekanan, maka otak kita akan menghambat produksi hormon reproduksi wanita yaitu estrogen dan progesteron. Dan itu bisa berimbas kepada siklus haid yang juga tidak lancar. Oleh karena itu sebisa mungkin kalian menjauhi rasa stress yang berlebihan ya!

  1. Hindari pola hidup tidak sehat

Cara mengatasi menstruasi tidak teratur pada remaja yang keempat adalah dengan menghindari pola hidup yang tidak sehat. Jika ingin menstruasi atau siklus haid kalian jadi lancar maka kalian harus menjauhi yang namanya merokok, minum-minuman alkohol, konsumsi obat-obatan yang tidak aman dan juga hindari konsumsi narkoba. Karena beberapa pola hidup yang tidak sehat itu berdampak bagi kesehatan terutama sistem reproduksi wanita. Ketahuilah juga mengenai akibat telat haid.

  1. Jangan beraktifitas terlalu berat

Salah satu hal yang bisa menjadi penyebab mengapa siklus menstruasi kalian tidak lancar adalah karena tubuh kalian terlalu kelelahan. Kami menyarankan supaya kalian membatasi aktifitas dan pekerjaan yang kalian lakukan. Jika merasa agak kelelahan, maka segera beristirahat sejenak. Jangan terlalu memaksakan karena tubuh bisa menjadi sangat lelah dan siklus menstruasi akhirnya juga tidak lancar.

  1. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Jika ingin haid menjadi lancar maka kalian harus menjauhi pantangan saat haid, selain itu kalian juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga bergizi yang bisa melancarkan siklus haid kalian. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin, serat, dan juga mineral yang cukup tinggi. Kalian bisa konsumsi berbagai macam buah seperti misalnya buah apel, nanas, pisang, dan masih banyak lagi buah yang bisa membantu untuk melancarkan siklus haid kalian. Selain itu hindari makanan junk food, perbanyak makan-makanan sayuran dan juga daging merah yang bisa melancarkan peredaran darah karena kaya zat besi.

  1. Perhatikan kebersihan area intim

Yang selanjutnya yang harus dilakukan untuk membuat menstruasi menjadi lancar adalah dengan menjaga kebersihan area intim kalian. Pastikan supaya membasuh vagina dari arah depan ke belakang supaya tidak membawa kuman dari anus ke bagian vagina. Selain itu kalian harus selalu memastikan supaya celana dalam tidak lembab. Gunakan celana dalam yang menyerap keringat dan nyaman untuk kalian ya, hindari penggunaan celana dalam yang terlalu ketat.

  1. Minum air putih

Tips kedelapan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi haid yang tidak teratur adalah dengan perbanyak konsumsi air putih. Dengan mengkonsumsi air putih akan sama saja dengan mendetoksifikasi tubuh kita dan secara tidak langsung baik untuk menjaga kesehatan reproduksi kita. Minumlah air putih minimal 8 gelas / 2 liter per harinya ya. Kurangi konsumsi minuman seperti kafein.

  1. Olahraga yang teratur

Jika ingin mendapatkan haid atau menstruasi yang lancar, maka kalian bisa mencoba untuk meluangkan waktu setiap pagi atau sore untuk berolahraga. Dengan berolahraga maka akan membantu menyehatkan sistem reproduksi kita, selain itu dengan berolahraga kita bisa meminimalisir stress sehingga secara tidak langsung bisa mengurangi penyebab haid yang tidak teratur. Coba saja untuk jogging atau berenang, lakukan olahraga yang kalian bisa dan kalian suka.

  1. Konsultasi ke dokter

Jika kalian sudah mencoba semua tips yang kami berikan di atas, namun menstruasi tetap tidak lancar dan malah bertambah gejala lainnya seperti darah haid berwarna hitam pekat atau nyeri berlebihan, kalian harus mengkonsultasikannya ke dokter untuk tahu penyebab mengapa kalian mengalami haid yang tidak lancar sehingga bisa segera di atasi. Terkadang perawatan kista menjadi tidak efektif sehingga perhatikan kondisi Anda.

Nah sekarang kalian semua sudah tahu kan cara mengatasi menstruasi tidak teratur pada remaja akibat kista? Lakukan semua cara di atas jika kalian memang ingin memiliki siklus yang lancar, jika masih ada masalah bisa berkonsultasi dengan dokter ya. Perhatikan semua gejala yang muncul jika perawatan kista tidak efektif.