12 Cara Mengatasi Nyeri Haid Sebelum Menikah Secara Alami

Adanya macam-macam gangguan haid memang terus membuat wanita menjadi tidak nyaman. Rasa nyeri yang berlebihan terkadang membuat wanita tidak bisa menjalani aktifitas dengan wajar saat sedang datang bulan. Ada banyak hal yang membuat wanita bisa merasa sakit berlebihan saat sedang haid. Termasuk ketika mengalami berbagai penyakit pada saluran reproduksi sampai memang karena stres atau tekanan pekerjaan. Jika ini dialami oleh wanita yang akan menikah biasanya mereka tidak menyukai obat. Berbagai obat mungkin akan menyebabkan kecanduan atau efek pada kesehatan reproduksi. Untuk melewati masa berat itu, maka bisa mencoba cara mengatasi nyeri haid sebelum menikah secara alami, seperti dibawah ini.

  1. Kompres hangat

Berbagai penyebab nyeri haid berlebihan memang membuat wanita yang belum menikah akan merasa sangat resah. Sebelum Anda mencari-cari apa penyebabnya maka lakukan perawatan tradisional dengan kompres hangat. Kompres hangat akan membuat jadwal menstrusi menjadi lebih teratur. Efek kompres bahkan sama seperti obat pereda nyeri yang akan membuat perut lebih nyaman. Anda bisa mencoba kompres hangat dengan handuk yang direndam dengan air hangat atau menggunakan botol yang berisi air hangat. Kompres pada bagian punggung bawah, area panggul, area perut dan jangan lakukan secara langsung pada kulit.

  1. Pijat dengan minyak hangat

Pijatan dengan minyak yang hangat bisa membuat perut Anda bisa lebih nyaman. Efeknya bisa menyebabkan haid menjadi lebih lancar. Namun jika Anda tidak menguasai tehnik pijat maka segera hubungi ahli dalam bidang ini. Pijatan bisa mengatasi rasa sakit pada punggung bawah dan perut dengan cepat. Terapi ini dilakukan dengan menekan titik tertentu dalam tubuh sehingga memberi efek untuk perut. Tehnik pijatan yang dilakukan secara rutin bisa mengatasi berbagai penyebab wanita telat datang bulan.

  1. Hindari makanan pemicu

Saat sedang menstruasi maka Anda juga harus mencoba menghindari makanan pemicu rasa nyeri haid berlebihan. Percaya atau tidak memang ada berbagai makanan yang menyebabkan perut kembung dan menghambat aliran darah menstrusi, sehingga rasa sakit memang lebih berat. Berbagai makanan ini termasuk seperti semua makanan mengandung lemak tinggi, alkohol, soda, teh, kopi, coklat, dan semua makanan asin. Bahkan sebaiknya Anda juga menghindari semua minuman dingin karena adanya bahaya minum es saat haid.

  1. Coba minum teh chamomile

Meskipun wanita haid memang tidak minum teh, namun jenis teh chamomile masih bisa digunakan untuk perawatan. Teh chamomile bisa dikonsumsi sebanyak satu atau dua cangkir setiap dua atau satu hari menjelang haid. Selama haid tidak diminum kemudian setelah haid diminum lagi. Teh ini akan membantu meningkatkan kadar glisin dalam urin, dimana bisa membuat otot lebih santai saat haid sehingga haid tidak sakit lagi.

  1. Teh biji adas

Teh biji adas juga adalah teh tradisional yang akan mengobati agar haid tidak terlalu menyakitkan. Teh ini bisa dikonsumsi selama haid dan tidak akan menyebabkan efek samping. Semua wanita yang berumur lebih dari 14 tahun bisa minum teh biji adas. Efek teh untuk tubuh adalah bisa mengatasi semua kondisi hormon yang tidak stabil selama haid sehingga tubuh bisa merespon perubahan yang cepat ini. Teh ini juga bisa mencoba menghilangkan berbagai penyebab haid tidak teratur sebelum menikah.

  1. Teh kayu manis

Jika Anda merasa haid yang sangat menyakitkan, maka cobalah untuk mengambil dua batang kayu manis. Kemudian rendam dalam air hangat atau bisa direbus langsung sampai mendidih. Biarkan agak hangat kemudian campur madu dan minum. Teh ini akan menghilangkan semua kondisi tubuh yang tidak sehat selama haid seperti nyeri yang sangat menyakitkan, diare, mual, muntah dan flu saat haid. Selain aman teh ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan reproduksi.

  1. Teh jahe

Teh jahe adalah bahan lain yang akan menghilangkan rasa sakit saat haid dan juga kram perut. Teh jahe sangat bermanfaat untuk menjaga agar kondisi perut bisa lebih santai dan tidak terlalu kaku saat haid. Terlebih jika Anda sering mengalami gumpalan-gumpalan darah saat haid. Anda bisa mencoba mengambil beberapa ruas jahe yang segar, bersihkan lalu rebus dengan satu gelas air. Setelah mendidih, angkat dan campur dengan madu serta minum saat masih hangat.

  1. Konsumsi makanan tinggi magnesium

Semua jenis makanan yang mengandung magnesium tinggi sangat baik untuk mengatasi nyeri haid yang berlebihan. Magnesium diperkirakan bisa melancarkan peredaran darah sehingga tubuh Anda bisa merespon dengan baik. Magnesium juga akan mengatasi gejala lain seperti kram perut dan diare selama haid. Semua sumber makanan yang tinggi magnesium antara lain seperti: alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, ikan salmon, ikan tuna, pisang dan sayuran hijau.

  1. Berjemur saat pagi hari

Berjemur di pagi hari membuat tubuh bisa mendapatkan vitamin D yang cukup. Ketika sedang haid maka vitamin D diperlukan untuk mendukung aliran darah agar lebih lancar. Dengan begitu Anda juga tidak akan merasa terlalu sakit.

  1. Yoga

Berbagai gerakan yoga bisa membantu melewati rasa sakit saat sedang haid. Hal ini karena beberapa gerakan memang digunakan untuk menjaga agar aliran darah lebih lancar. Yoga juga bisa mengurangi kontraksi rahim saat meluruhkan lapisan darah sehingga haid tidak terlalu sakit.

  1. Semua makanan sumber vitamin B

Mengkonsumsi vitamin B saat sedang haid akan membantu tubuh dalam menghasilkan sel darah merah yang cukup. Ini juga sangat penting untuk mencegah agar Anda tidak terkena anemia. Anemia rentan pada wanita yang sedang haid karena kondisi tubuh yang lemah dan banyak kehilangan darah.

  1. Minyak ikan

Minyak ikan akan memberikan efek yang sangat baik untuk mencegah nyeri haid. Minyak ikan akan bekerja seperti antioksidan yang sangat penting untuk menjaga agar tubuh tidak merasakan sakit yang parah. Kemudian minyak ikan juga sumber lemak sehat yang bisa menjaga agar tubuh Anda tidak lemah selama haid. 

Jadi beginilah semua cara mengatasi nyeri haid sebelum menikah secara alami. Jika Anda memang sangat tidak suka dengan obat selama haid maka cobalah menggunakan perawatan alami ini. Semua perawatan alami ini tidak hanya melancarkan haid tapi juga semua keluhan haid yang tidak nyaman. Jika masih buruk, maka cobalah langsung datang ke dokter untuk diperiksa.