6 Cara Cepat Hamil Di Usia 19 Tahun Tanpa Risiko

Kehamilan di usia muda memang menjadi harapan beberapa wanita di Indonesia. Memang pemerintah telah menetapkan usia bawah wanita untuk menikah. Semua itu memang sangat penting karena bisa menunjang proses rencana kehamilan. Hamil di usia yang lebih muda juga dianggap lebih aman karena daripada terkena resiko hamil diatas usia 35 tahun. Hamil di usia yang cukup muda juga minim dengan risiko karena tubuh lebih sehat dan siap untuk menghadapi berbagai gangguan kehamilan. Namun bukan berarti bahwa kehamilan di usia muda tidak memiliki dampak terutama jika kesehatan ibu tidak terlalu baik. Jadi bagaimana caranya bisa cepat hamil saat masih muda.

Berikut ini adalah beberapa cara cepat hamil di usia 19 tahun tanpa risiko.

  1. Jangan terlalu stres

Jika menikah di usia yang sangat muda biasanya wanita akan menjadi rentan stres. Hal ini bisa karena terlalu banyak berpikir tentang pasangan, keuangan dan berbagai faktor dari lingkungan. Namun jika ingin cepat hamil saat menikah di usia 19 tahun, maka jangan terlalu stres. Anda harus bisa menjaga keseimbangan antara pikiran dan fisik dengan baik. Jika stres justru bisa menghambat program hamil dan merusak siklus menstruasi sampai menjadi penyebab haid tidak teratur.

  1. Tetap olahraga

Lalu jika ingin cepat hamil maka Anda juga harus menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga. Namun olahraga yang disarankan adalah jenis olahraga ringan yang tidak merusak organ reproduksi. Olahraga bisa membuat sistem hormon reproduksi menjadi lebih sehat. Ini juga bisa menyebabkan tubuh memiliki energi yang baik sehingga vitalitas juga akan naik. Olahraga secara rutin juga akan menjadi cara menyuburkan kandungan.

  1. Jaga tubuh bersih dari racun

Kemudian selagi masih muda maka Anda juga harus menjaga tubuh agar tidak terkena racun. Berbagai racun bisa menumpuk dalam tubuh karena kebiasaan yang sangat buruk seperti kebiasaan merokok, minum alkohol dan konsumsi lemak berlebihan. Semua masalah ini akan memicu penyebab kemandulan pada wanita. Jadi hindari semua kebiasaan buruk itu dan rubah dengan kebiasaan yang menyehatkan.

  1. Pertimbangkan nutrisi untuk kehamilan

Meskipun Anda masih muda namun Anda juga harus memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Berbagai nutrisi yang sangat penting untuk kehamilan termasuk dengan mengonsumsi makanan untuk kesuburan wanita. Jenis makanan yang mengandung asam folat, zat besi, vitamin B, vitamin C, protein, kalsium dan lemak sehat sangat baik untuk program kehamilan. Makanan sehat seperti ikan, daging sapi, kacang-kacangan, biji-bijian dan sumber protein sangat baik untuk tubuh Anda dalam mempersiapkan kehamilan.

  1. Lacak siklus ovulasi

Meskipun Anda ingin hamil di usia yang muda seperti usia 19 tahun sebaiknya Anda sudah menikah. Jangan melakukan cara cepat hamil di usia muda jika belum resmi menikah. Salah satu langkah jika sudah menikah adalah dengan melacak siklus ovulasi. Ovulasi yang sempurna terjadi setiap bulan dan biasanya pada dua minggu setelah menstruasi. Anda bisa menandai kalender sehingga tidak melewatkan untuk berhubungan seksual saat masuk waktu ovulasi.

  1. Konsultasikan ke dokter kandungan

Hamil di usia yang cukup muda memang masih dianggap hal yang cukup rentan. Namun semua itu bisa dipastikan jika Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Ini langkah yang sangat penting untuk memastikan bahwa organ reproduksi Anda sehat dan siap untuk hamil. Jika terjadi beberapa gangguan reproduksi seperti kista rahim, endometriosis, PCOS dan gangguan pada rahim maka harus diobati dulu. Ini lebih baik daripada membiarkan hamil dengan komplikasi.

Nah ternyata begitu semua cara cepat hamil di usia 19 tahun tanpa risiko. Pertimbangan untuk hamil di usia muda harus dipikirkan dengan baik sebelum melakukan beberapa langkah di atas.