5 Efek Hamil Muda Pada Tubuh Paling Tidak Nyaman

Kehamilan menjadi hal yang sangat dinantikan oleh pasangan yang baru saja menikah. Kehadiran buah hati dengan cepat akan membuat pasangan menjadi lebih bahagia. Umumnya ibu tidak menyadari terjadi kehamilan sampai mendapatkan tanda kehamilan. Tanda yang paling pasti adalah ketika test pack sudah menunjukkan garis dua merah. Kemudian tes lain dengan pemeriksaan darah dan urin juga menunjukkan tanda kehamilan dari hormon hCG yang meningkat. Setelah memasuki kehamilan awal atau kehamilan muda maka ibu mulai merasakan beberapa gejala efek samping kehamilan yang sangat jelas. Berikut ini adalah beberapa efek hamil muda pada tubuh paling tidak nyaman.

  1. Sering terasa kencing

Ibu hamil mungkin merasakan gejala atau efek kehamilan yang sangat aneh pada sistem urinasi. Bahkan terkadang ini menjadi tanda kehamilan yang sangat jelas. Salah satunya adalah ibu akan merasa sering buang air kecil. Jika ibu menahan maka ibu bisa terkena infeksi saluran kemih pada ibu hamil. Semua ini terjadi karena saat hamil muda maka volume darah akan meningkat dengan cepat. Akhirnya cairan yang menuju ginjal lebih banyak dan ginjal membuang semua cairan ini melewati sistem uretra.

2. Perut kembung

Lalu gangguan seperti perut kembung saat hamil muda memang hal yang sangat wajar. Hampir semua ibu hamil akan mengalami gangguan ini. Selain perut kembung maka ibu juga bisa merasakan gas perut sehingga ibu akan lebih sering kentut. Sebenarnya ini juga terjadi karena faktor hormon progesteron yang meningkat dengan cepat. Hormon ini penting selama masa perkembangan janin sehingga janin bisa tumbuh sempurna. Namun ini membuat usus bekerja tidak normal seperti biasa sampai ibu mengalami perut kembung.

3. Kulit perut gatal

Kemudian ibu juga bisa merasakan hal yang tidak nyaman pada kulit tubuh termasuk pada bagian kulit perut. Sebenarnya ini hal yang sangat alami karena peningkatkan hormon kehamilan menyebabkan kulit ibu menjadi lebih mudah iritasi. Kemudian ini juga bisa terjadi karena perkembangan janin yang semakin besar. Namun ibu bisa bersikap tenang karena ini biasanya hanya terjadi selama kehamilan. Gatal gatal pada ibu hamil hal yang sangat wajar kecuali jika ini sebagai reaksi alergi.

4. Perubahan pada organ intim

Lalu hal yang sangat sensitif pada ibu hamil adalah jika terjadi perubahan pada bagian organ intim. Beberapa perubahan yang sering terjadi dan sangat umum seperti warna vagina yang lebih gelap dan area otot yang meluas. Sebenarnya ini juga hal yang wajar karena janin berkembang dalam kandungan. Dan jalan lahir sedang bersiap untuk mengeluarkan bayi ibu dengan persiapan selama kehamilan sampai akhir. Peningkatkan hormon estrogen dalam tubuh ibu juga menyebabkan tidak nyaman pada organ intim seperti dampak keputihan di awal kehamilan.

5. Kulit wajah kusam dan berjerawat

Lalu masalah kecantikan lain yang sering terjadi pada ibu hamil di tahap awal kehamilan adalah jerawat, kulit wajah kusam dan terkadang juga sangat berminyak. Ini hal yang sangat wajar dan tidak perlu dipikirkan. Penyebabnya adalah bahwa tubuh mengalami peningkatkan hormon yang menyebabkan kelenjar minyak bekerja secara berlebihan. Kemudian juga membuat sel-sel kulit wajah menjadi lebih cepat mati namun kemampuan regenerasi sangat rendah. Akhirnya inilah yang menyebabkan kulit ibu hamil menjadi lebih mudah berjerawat. Namun ibu tidak perlu melakukan perawatan wajah karena ditakutkan obat atau kosmetik menyebabkan efek untuk janin.

Nah itulah semua efek hamil muda pada tubuh paling tidak nyaman. Setiap ibu hamil bisa mengalami beberapa efek yang berbeda sehingga tidak perlu khawatir. Jika efek terjadi berlebihan maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan Anda.