Perut Kembung Saat Hamil Muda : Penyebab dan Pengobatannya

Masa kehamilan adalah masa yang banyak sekali ditunggu oleh setiap wanita yang sudah menikah. Namun ada beberapa wanita yang mengalami kebingungan ketika saat hamil merasa kembung pada perutnya. Ketahulaj hal ini wajar terjadi, karena bisa jadi dari makanan, suhu udara atau beberapa faktor lainnya. Semua manusia pasti bisa mengalami perut kembung, termasuk ibu hamil dan juga bayi. Dan umumnya mereka akan mengalami infeksi saluran kemih pada ibu hamil, perut kembung lebih sering seiring bertambahnya usia kandungan. Memang hal ini akan membuat ibu hamil merasa khawatir galau dan lain sebagainya. Perut kembung pada ibu hamil biasanya terasa seperti keras, penuh dan menggembung di bagian perut. Normalnya orang akan membuang gas atau kentut sebanyak 2-5 kali dalam sehari, namun ibu hamil yang kembung akan lebih sering buang gas. Memang hal ini akan mengganggu aktivitas dan bahkan saat tidur malam, tapi tentu ada solusinya. Sebelum kita membahas solusi dari perut kembung saat hamil muda, sebaiknya kita cari tahu dulu apa saja penyebab perut kembung saat hamil muda.

Penyebab Perut Kembung Saat Hamil Muda

Penyebab perut kembung pada ibu hamil ada banyak sekali, dan setiap ibu hamil pasti mengalami masalah kembung dengan penyebab yang berbeda-beda. Ibu hamil yang sering mengalami kembung tidak perlu khawatir, karena hal ini memang menjadi gangguan kehamilan trimester 2. Rasa kembung pada ibu hamil umumnya terjadi karena beberapa hal yang berikut ini

1. Janin mulai berkembang besar

Salah satu penyebab perut kembung pada ibu hamil adalah, mulau berkembangnya janin dalam perut ini. Setiap minggu pertumbuhannya akan semakin besar, dan hal inilah yang menyebabkan perut ibu tertekan sehingga terasa ketat dan kembung ketika sedang hamil. Perkembangan bayi ini juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada ibu hamil, sehingga ibu akan lebih sulit BAB.

2. Hormon progesteron

Penyebab perut kembung lainnya pada ibu hamil adalah adanya hormon progesteron pada tubuh ibu hamil. Hormon progesteron ini memberikan relaksasi pada tubuh ibu yang sedang hamil, baik itu hamil muda ataupun tua. Dan hormon inilah yang bisa juga menyebabkan otot dan sistem pencernaan terganggu, sehingga terjadilah perut kembung pada ibu hamil.

3. Makanan dan minuman

Perut kembung memang mudah sekali terjadi pada ibu hamil, tapi ada juga penyebab dari datangnya perut kembung tersebut. Makanan adalah salah satu faktor yang menyebabkan perut ibu hamil bisa kembung, misalnya saja kubis dan es. Makanan dan minuman ini bisa menjadi penyebab perut kembung. Selain itu gas juga bisa ikut masuk ketika ibu hamil makan, sehingga pada saat usus akan memecahkan makanan akan terhalang dengan gas dan bakteri yang ada di dalamnya.

4. Stres

Hal lain yang bisa menyebabkan ibu hamil kembung adalah banyaknya pikiran atau tekanan, atau lebih tepatnya mengalami stres. Jauhkan pikiran ibu hamil dari masalah yang bisa membuatkan tertekan dan bahkan stres. Akan lebih baik jika ibu hamil selalu berpikiran positif dan tidak tertekan dalam setiap kondisi yang ada.

Cara Mengobati

Jika ibu hamil sekarang sudah tahu apa saja penyebab perut kembung ketika mengandung, maka sebaiknya saat ini lebih selektif dalam memilih makanan atau tempat makan, cari tahu juga tentang apa saja kebutuhan gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan. Jangan sampai ibu hamil mengonsumsi makanan yang berbahaya dan menyebabkan begah pada perut, karena hal tersebut akan berbahaya bagi kesehatah ibu hamil itu sendiri. Dan untuk mengatasi masalah perut kembung sebaiknya simak yang berikut ini.

  1. Makan sup hangat

Salah satu cara untuk mengatasi perut kembung pada ibu hamil adalah degan makan sup hangat. Ibu hamil bisa makanan sup hangat atau bubur yang hangat. Tapi ingatlah untuk tetap menghindari MSG dalam makanan agar tidak berbahaya bagi kandungan. Gunakan juga wadah yang bersih untuk sup tersebut, dan pastikan jika ibu hamil makan makanan yang bergizi dan bersih.

  1. Minum susu hangat

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi perut kembung adalah dengan meminum susu hangat. Susu hangat bisa membuat perut ini hamil nyaman dan tidak kembung. Ada banyak sekali manfaat susu bagi ibu hamil dan usahakan susu yang diminum juga susu yang mengandung asam folat, agar nantinya asam folat juga bisa tersampaikan pada bayi, sehingga bayi akan menerima asupan nutrisi yang baik dari ibu nya.

  1. Minum air jahe hangat

Salah satu cara mengatasi perut kembung pada ibu hamil adalah dengan minum air jahe hangat. Cara ini terbilang efektif dan aman diminum untuk ibu hamil. Tambahkan sedikit madu atau gula kedalam air jahe hangat, agar rasanya lebih manis. Dan ingatlah untuk tetap menjaga kebersihan agar tidak menimbulkan penyakit dan tidak membahayakan kondisi kesehatan pada ibu hamil.

  1. Menggunakan baju yang nyaman

Gunakan lah baju yang nyaman untuk menghindari perut kembung pada ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil tidak menggunakan pakaian yang ketat, agar nantinya tidak menyebabkan sulit bernapas atau bahkan gas dalam perut sulit keluar. Gunakan pakaian yang nyaman dan ramah di pakai oleh ibu hamil, misalnya saja dengan menggunakan baju berbahan katun, baju berbahan kaos longgar atau jersey, semua bisa digunakan asal tidak terlalu ketat bagi ibu hamil.

  1. Mengonsumsi makanan tidak memicu gas

Jika ibu hamil tidak ingin mengalami perut kembung, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi makanan yang bergas. Misalnya saja seperti es, dan sayur-sayuran yang dapat memicu munculnya gas dalam perut ibu hamil. Sebelum memakan buah misalnya, ibu hamil juga bisa mencari tahu apa saja buah untuk ibu hamil yang baik dan aman di  konsumsi. Selain itu sebaiknya ibu hamil juga memperhatikan kebersihan makanan yang akan di konsumsi, agar nantinya makanan tidak berubah menjadi sarang bakteri. Perut kembung pada ibu hamil memang wajar terjadi, namun hal ini akan menjadi gangguan pada ibu hamil jika terus-menerus terjadi. Untuk menghindari terjadinya perut kembung, sebaiknya ibu hamil melakukan hal berikut ini. 

Cara Menghindari Perut Kembung

Ibu hamil sebaiknya menghindari untuk menggunakan pakaian yang ketat pada bagian perut dan pinggang. Fungsinya agar sirkulasi gas dalam tubuh bisa keluar lancar dan normal. Gunakan baju yang agak longgar dan nayamn digunakan ibu hamil. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan pakaian ibu hamil juga.Yang kedua adalah menghindari perut kembung adalah dengan tidak makan gorengan. Ada baiknya jika ibu hamil tidak mengonsumsi gorengan. Jika ibu hamil ingin makan gorengan, sebaiknya buatlah sendiri goregan di rumah dan hindari untuk mengonsumsi gorengan dari luar rumah, karena ditakutkan ada bahan-bahan berbahaya yang dicampurkan di dalam proses pembuatannya. Yang ketiga, hindari minuman bersoda jika tidak ingin mengalami kembung pada perut ibu ketika hamil. Jangan mengonsumsi minuman bersoda, selain berbahaya bagi janin juga berbahaya bagi tekanan darah di ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi minuman yang sehat seperti jus dan lain sebagainya.

Untuk menjaga kesehatan dan kondisi ibu hamil agar tetap stabil, sebaiknya dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat bisa membuat ibu hamil semakin kuat dan tidak mengalami perut kembung saat hamil muda yang parah. Ada baiknya juga jika ibu hamil terhindar dari stres serta tekanan mental yang bisa membahayakan si ibu hamil dan juga bayinya. Dan jika ibu hamil mengalami gangguan atau masalah lain sebaiknya segera hubungi dokter atau bidan terdekat, agar tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada ibu hamil dan bayinya