Gatal Gatal pada Ibu Hamil Bagian Perut : Penyebab dan Cara Mengatasi

Ibu hamil akan lebih sering merasa gatal dibandingkan ibu biasa yang tidak sedang hamil. Jika Anda mengalami hal ini sebaiknya Anda tenang dulu. Kondisi gatal pada bagian perut ibu hamil memang sangat wajar dan dianggap sebagai hal yang normal. Ini bisa membuat ibu merasa tidak nyaman dan akan membuat tangan ibu terus menerus mengelus perut. Namun jika ini dilakukan terus menerus juga tidak baik. Dibawah ini adalah informasi lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi gatal gatal pada ibu hamil bagian perut.

Penyebab

  1. Suplai darah pada bagian perut

Pada saat Anda mengalami tanda tanda penebalan dinding rahim sebagai awal kehamilan maka ada banyak suplai darah pada bagian rahim Anda. Anda tidak akan bisa melihatnta tapi pada bagian tersebut ternyata banyak darah yang tidak seperti biasanya. Suplai darah pada bagian rahim juga memberi dampak pada bagian kulit perut. Inilah yang akan membuat ibu merasa gatal pada bagian perut bahkan saat awal kehamilan.

  1. Kulit perut semakin membentang

Jika kehamilan Anda sudah masuk ke trimester kedua maka ukuran perut Anda juga menjadi lebih besar. Inilah yang akan menyebabkan ibu merasa lebih gatal pada bagian perut. Ukuran perut memang lebih besar sebagai sarana untuk pertumbuhan dan perkembangan janin 3 bulan lebih. Ini hal yang sangat normal dan ibu tidak perlu khawatir lagi.

  1. Stretch mark

Semua ibu hamil biasanya sangat resah dengan masalah stretch mark selama hamil. Garis garis ini akan keluar dengan cepat selama pertumbuhan janin dalam kandungan terus berkembang. Garis ringan ini akan keluar kemudian menjadi semakin tebal sesuai dengan usia janin yang semakin tua. Awalnya akan terasa gatal kemudian akan lebih parah saat kehamilan semakin tua. Tapi jangan khawatir karena bisa mencoba cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

  1. Pengaruh hormon

Selama hamil memang ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh ibu. Salah satunya adalah perubahan hormon yang semakin parah saat usia kehamilan semakin lanjut. Peningkatan hormon bisa membuat kondisi kulit menjadi lebih sensitif. Anda bahkan bisa mengalami eksim pada bagian perut. Jadi pertimbangkan untuk tidak menggunakan produk pada bagian perut Anda.

  1. Kulit mengelupas

Kulit perut yang mengelupas juga bisa membuat gatal pada bagian perut. Kondisi ini bisa membuat ibu hamil sangat tidak nyaman. Biasanya bagian yang sering mengelupas sangat berdekatan dengan daerah lipatan. Awalnya kondisi ini sering ditandai dengan bercak merah kemudian semakin berkembang.

  1. Kondisi medis

Penyebab lain dari gatal pada perut dan seluruh tubuh ibu hamil adalah kondisi medis yang bernama ICP. Ini termasuk kondisi yang sangat langka dimana harus mendapatkan perawatan intensif dari dokter. ICP akan membuat fungsi hati ibu menurun dan kemudian bisa menyebabkan kelahiran prematur dan kematian janin.

Cara Mengatasi

  1. Gunakan masker oatmeal

Ada banyak manfaat oatmeal untuk ibu hamil yang tidak hanya baik untuk bagian dalam tubuh ibu saja. Oatmeal juga bisa mengatasi gatal pada bagian perut dan kulit lain. Oatmeal bisa mengatasi iritasi dan menghilangkan infeksi secara alami. Caranya adalah dengan membuat bubur oatmeal menggunakan air hangat. Kemudian berikan pada kulit dan tunggu sampai mengering. Selanjutnya bersihkan dengan air dingin dan lap sampai bersih.

  1. Kompres air baking soda

Anda juga bisa mencoba perawatan dengan kompres air baking soda. Air ini sangat baik karena bisa menghilangkan gatal dengan cepat. Caranya dengan melarutkan air dengan baking soda kemudian resapkan pada handuk bersih. Gunakan untuk mengompres selama beberapa kali dalam sehari.

  1. Masker lidah buaya

Gel lidah buaya mentah bisa sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Tapi bisa sangat baik jika digunakan untuk kulit perut yang terasa gatal. Anda bisa mencoba untuk menggunakan gel lidah buaya yang segar. Kemudian oleskan pada kulit perut dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu cobalah untuk membersihkan dengan air dingin. Kulit perut Anda bisa lebih nyaman dan tidak terlalu gatal.

  1. Kompres air dingin

Jika Anda mengalami gatal perut yang sangat berat maka ambil saja handuk dan masukkan ke dalam air es. Biarkan sampai air terserap kemudian tempelkan handuk pada perut Anda. Cara ini akan mengurangi sensasi rasa gatal dan membuat perut Anda menjadi lebih nyaman. Tapi Jika kondisi tubuh sedang tidak sehat maka jangan menggunakan cara ini.

  1. Gunakan pakaian yang lembut dan nyaman

Kulit gatal pada bagian perut ibu hamil juga bisa terjadi ketika pakaian ibu menjadi lebih ketat. Anda bisa mencoba menggunakan pakaian ibu hamil yang lebih longgar dan nyaman. Anda bisa mencoba untuk menggunakan kain yang berbahan katun dan lebih lembut. Selain itu gunakanlah produk pelembab  pakaian yang bisa membuat kulit lebih tenang.

  1. Oleskan minyak kelapa

Jika Anda memiliki persediaan minyak kelapa maka juga bisa mengoleskan pada bagian perut. Minyak kelapa bisa membuat kulit menjadi lebih tenang dan tidak terlalu gatal. Oleskan pada saat sebelum mandi dan biarkan selama beberapa saat. Setelah itu bersihkan dengan air hangat dan ulangi dengan air dingin. Cara ini juga bisa membantu menipiskan pembentukan stretch mark.

  1. Gunakan cuka sari apel

Jika Anda memiliki cuka sari apel maka juga bisa menggunakan bahan ini. Jadi cuka sari apel bisa dilarutkan dengan air dingin. Kemudian oleskan pada bagian perut atau bagian lain yang gatal. Bahan ini sangat baik untuk menjaga agar kulit tidak mengalami iritasi sehingga rasa gatal akan berkurang dengan cepat.

  1. Minyak vitamin E

Jika rasa gatal pada bagian perut memang sangat parah maka Anda bisa mencoba menggunakan vitamin E yang berbahan dasar minyak. Bahan ini sangat penting untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mengatasi iritasi. Namun jangan mengoleskan pada bagian yang terlalu gatal dan ada bekas luka.

  1. Pemeriksaan ke dokter

Jika ibu mengalami gejala gatal yang parah dan menyebar ke bagian tubuh yang lain, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Bisa jadi ibu mengalami gejala ICP sehingga memang membutuhkan perawatan di rumah sakit. Kondisi ini sangat serius sehingga lebih baik menghindari cara perawatan alami.

Jadi inilah semua ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah gatal gatal pada ibu hamil bagian perut. Kondisi ini bisa terjadi pada saat awal kehamilan dan akhir kehamilan. Karena itu ibu harus melihat penyebab disertai dengan gejalanya.