13 Buah Penghilang Rasa Mual yang Wajib Dikonsumsi

Mual merupakan keadaan dimana tubuh seperti merasa akan muntah. Ada banyak penyebab terjadinya rasa mual dan muntah. Mulai dari kondisi penurunan daya tahan tubuh atau tidak enak badan, pusing, gangguan saluran cerna, dan juga peningkatan adam lambung. Pada beberapa hal, dapat juga terjadi mual dan muntah pada Ibu hamil yang dipengaruhi oleh perubahan hormon. Oleh karenanya, penting juga mengetahui perbedaan mual berdasarkan penyebabnya, seperti perbedaan mual hamil dan masuk angin. Selain itu juga ada perbedaan mual hamil atau maag atau juga mual karena lain hal. Untuk meredakan rasa mual, beberapa orang memilih untuk mengkonsumsi buah. Berikut beberapa buah penghilang rasa mual:

1. Mentimun

Buah penghilang rasa mual yang pertama adalah mentimun. Mentimun merupakan buah yang juga menjadi salah satu bahan dalam sayuran. Mentimun dikatakan mampu mengurangi gejala mual termasuk mual pada Ibu hamil. Selain itu, sifat dari mentimun dan kandungan air di dalamnya dapat menyegarkan sehingga melegakan mual dan tenggorokan. Di sisi lain, mentimun juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

2. Labu

Labu juga merupakan buah yang masuk dalam bahan untuk sayuran atau bahan masakan. Labu memiliki rasa yang tawar dan menjadi lunak setelah dimasak. Labu baik di konsumsi saat mengalami mual, karena mampu meringankan rasa mual. Selain itu labu juga memiliki kandungan karbohidrat, sehingga sering menjadi tambahan sumber karbohidrat bagi tubuh. Untuk Ibu hamil, kandungan magnesium dan seng dari labu sangat baik pada masa kehamilan.

3. Tomat

Tomat merupakan buah yang juga sering dijadikan bahan masakan dan sayuran. Tomat sering dijadikan saus, lalapan, salad dan jus. Tomat memiliki banyak vitamin, terutama vitamin A dan vitamin C. Rasa asam khas dari tomat biasanya cocok untuk Ibu hamil yang mual dan mengidam. Tomat dapat dijadikan cara mengatasi mual saat hamil muda tanpa obat. Selain itu, pada tomat juga terdapat asam folat yang penting untuk Ibu hamil dan janin dalam kandungan.

4. Apel

Apel merupakan buah yang banyak terdapat di pasaran. Apel memiliki banyak manfaat seperti menjaga kesehatan dan menangkal racun tubuh. Pada apel juga terdapat banyak kandungan vitamin. Apel dapat mencegah radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, apel mampu meringankan perasaan mual dan pusing yang dialami. Apel juga memiliki serat yang baik untuk melancarkan pencernaan.

5. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang juga memiliki rasa yang sedikit asam. Rasa asam ini biasanya mampu menyegarkan keadaan mual akibat ngidam atau morning sickness. Sehingga kiwi sering dijadikan makanan penghilang rasanmual saat hamil. Kiwi juga memiliki kandungan asam folat yang baik untuk Ibu yang sedang hamil dan juga untuk janinnya. Selain itu, dalam kiwi juga terdapat kandungan vitamin C yang baik untuk menjaga kondisi kesehatan Ibu saat hamil.

6. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang hampir selalu dikonsumsi secara langsung atau dijadikan minuman. Dengan rasa yang manis dan asam membuat jeruk menjadi incaran para Ibu hamil untuk mengurangi mual saat hamil. Di sisi lain, seperti yang diketahui bahwa jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan cocok untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Jeruk juga memiliki aroma yang khas yang cocok sebagai salah satu aroma terapi terutama saat mual.

7. Melon

Buah melon juga cocok dikunsumsi untuk yang sedang mengalami mual. Oleh karenanya, mengkonsumsi melon juga merupakan cara mengatasi mual berlebihan saat hamil muda. Selain itu kandungan air dalam melon juga cukup tinggi, sehingga sangat bermanfaat dalam mencegah dehidrasi apabila mual menjadi muntah. Untuk Ibu hamil, buah melon sangat baik untuk mencegah hipertensi dan rasa mulas atau kram perut.

8. Pepaya

Pepaya yang matang sangat baik untuk mengatasi rasa mual. Selain itu, rasanya yang segar dan manis mampu mengalihkan perasaan mual. Terlebih lagi pepaya masak sangat baik mudah untuk dikonsumsi dan tidak di cerna karena sifatnya yang juga lunak. Selain itu, pepaya juga sering dimanfaatkan untuk melancarkan BAB pada orabg yang mengalami sembelit.

9. Alpukat

Buah alpukat atau anak dikenal dengan avocado juga buah yang baik dan cocok untuk dikonsumsi saat mual. Alpukat mampu mengurangi rasa mual dan juga mudah untuk di konsumsi dan di cerna karena sifatnya yang lunak. Alpukat juga sering dijadikan jus di dingin yang menyegarkan. Pada alpukat juga terdapat kandungan asam folat dan juga alpukat baik untuk kesehatan jantung.

10. Strawberry

Strawberry merupakan buah dengan rasa yang manis dan kadang sedikit asam.  Strawberry dapat melegakan perasaan mual sehingga perasaan dapat lebih baik. Strawberry dapat dimakan langsung atau dijadikan jus yang menyegarkan. Selain itu, strawberry juga memiliki kandungan vitamin yang juga baik untuk kesehatan. 

11. Pisang

Pisang merupakan buah yang paling sering di temui sehari-hari. Pisang sering dijadikan pencuci mulut, jus, dan juga bahan untuk gorengan. Pisang yang matang dan lunak sangat cocok untuk meredakan resa mual dan enak untuk dimakan. Pada pisang juga terdapat kandungan yang tinggi kalium. Oleh karenanya, bagi penderita mual dan muntah yang mungkin merasa lemas, mungkin saja mengalami kekurangan kalium, sehingga pisang sangat cocok dikonsumsi.

12. Jagung

Buah penghilang rasa mual selanjutnya adalah jagung. Jagung merupakan sumber pangan yang juga sangat sering dikonsumsi. Jagung sering dimakan langsung setelah diolah seperti dibakar dan direbus. Selain itu, jagung juga dimanfaatkan untuk bahan makanan dan sayuran. Jagung juga baik untuk mengurangi rasa mual yang dirasakan. Selain itu, pada jagung juga terdapat kandungan tiamin yang menyehatkan bagi tubuh.

13. Semangka

Buah semangka sangat baik untuk kesehatan. Semangka memiliki sifat alkali, sehingga cocok dikonsumsi untuk penderita mual akibat peningkatan asam lambung. Selain itu, kandungan air dan serat dari semangka sangat baik untuk pencernaan.