21 Makanan Penghilang Rasa Mual Saat Hamil Muda

Mual yang terjadi pada ibu hamil dinilai sangatlah wajar, apalagi bagi mereka yang sedang hamil muda. Jika ibu hamil sudah tidak tahan dan ingin segera mengatasi rasa mual tersebut biasanya mereka akan mengkonsumsi makanan yang bisa menghilangkan mualnya. Ada berbagai gejala hamil muda dan tanda tanda hamil muda pada perut yang sering terjadi semenjak muncul semua tanda tanda kehamilan. Kemudian ibu hamil juga perlu melakukan cara menjaga kehamilan muda seperti mengkonsumsi sayuran untuk ibu hamil muda untuk mengurangi morning sickness. Berikut adalah makanan penghilang rasa mual saat hamil yang harus Anda ketahui:

  1. Yogurt

Saat Anda sedang merasa mual, cobalah menghilangkannya dengan memakan yogurt. Kandungan probiotik dalam yogurt dinilai bisa menangani masalah tidak seimbangnya bakteri yang ada dalam usus. Saat ibu sedang hamil, bakteri yang ada dalam usus besarnya juga bisa bertambah dan menyebabkan adanya perubahan hormone pada ibu. Kondisi ini bisa menyebabkan ibu merasa mual. Sehingga dengan mengkonsumsi yogurt bisa membuat tenang keadaan perut ibu dan mengurangi perasaa mualnya.(baca: manfaat yoghurt untuk ibu hamil – manfaat yogurt untuk ibu menyusui)

Baca juga:

  1. Biskuit Cracker

Cracker adalah jenis biscuit yang terbuah dari tepung. Tepung yang ada dalam cracker dinilai mampu menyerap asam yang ada di dalam lambung ibu hami, sehingga bisa meringankan rasa mualnya. Namun disarankan jika Anda ingin mengkonsumsi cracker hanya memakan yang mempunyai rasa plain. Jangan mengkonsumsi yang rasanya manis dengan taburan abon atau gula, sebab tidak akan memberikan efek apa-apa.(baca: bahaya kuaci bagi ibu hamil – cara meningkatkan berat badan janin )

Baca juga:

  1. Mentimun

Mentimun merupakan buah yang mempunyai kandungan air cukup banyak. Buah dengan kandungan air banyak dinilai mampu mengatasi rasa mual pada ibu hamil. Anda bisa mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Selain bisa mengatasi rasa mual yang sedang Anda rasakan, ketimun juga mampu mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh yang dibutuhkan oleh ibu hamil. (baca: jus untuk ibu hamil – buah buahan untuk ibu hamil – Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil – Bahaya Semangka Untuk Ibu Hamil))

  1. Daun Mint

Daun mint adalah bahan herbal yang mempunyai aroma segara, dan dinilai sangat efektif untuk mengontrol otak sehingga bisa membantu mengatur emosi. Saat Anda mual, cobalah mengunya 2-3 lembar daun mint di pagi hari atau saat Anda sedang merasakan mual. Jika tidak menemukan daun mint, Anda bisa menggantinya dengan permen yang mempunyai rasa mint. (baca: manfaat infused water untuk ibu hamil – obat mencret untuk ibu hamil)

Informasi tanda kehamilan:

  1. Kacang Hijau

Mengalami kekurangan protein di dalam darah juga bisa menjadi sebab mual terjadi pada ibu yang sedang hami muda. Untuk mengatasinya Anda dianjurkan untuk menambahkan asupan protein ke dalam tubuh. Misalnya saja dengan memakan makanan jenis kacang seperti kacang hijau. Anda bisa menjadikannya cemilian sehat saat masa kehamilan. Protein yang terkadung dalam kacang dinilai cukup sehat untuk membantu perkembangan janin. (baca: manfaat susu kedelai bagi ibu hamil – manfaat air tahu bagi ibu hamil)

Informasi makanan sehat untuk ibu hamil:

  1. Kacang Almond

Selain kacang hijau, Anda cuga bisa mengkonsumsi almond untuk penghilang rasa mual dan menjadikannya cemilan sehat. Konsumsi almond di pagi hari akan sangatlah baik untuk Anda. Sama halnya seperti kacang hijau, almon juga mempunyai kandungan protei nabati cukup tinggi sehingga bisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh ibu saat hami dan kandungannya tetap dalam keadaan sehat. Selain itu almond juga mempunyai kandungan vitamin E yang bisa membentuk sel kulit dan rambut bayi. (baca : manfaat almond bagi ibu hamil – manfaat kacang hijau bagi ibu hamil)

  1. Labu

Labu adalah jenis buah yang tidak banyak orang yang menyukainya sebab rasanya sangat tawar. Namun bagi ibu hami yang sedang merasakan mual, mengkonsumsi buah ini bisa meringankan rasa mual dan bisa menjadi pengganti karbonhidrat dalam tubuhnya. Magenisum dalam labu dinilai sangat penting untuk bisa mengatasi rasa mual ibu hamil. Dalam buah labuh juga terdapat kandungan seng yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan keadaan emosional ibu. (baca juga: manfaat labu untuk ibu hamil)

  1. Tomat

Makanan penghilang rasa mual saat hamil selanjutnya adalah tomat. Tomat merupakan makanan yang sangat sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hami. Buah ini mempunyai kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi. Buah tomat memiliki kandungan rasa yang asam yang diperoleh dari vitamin C, rasa asam ini dapat menjadikan air liur ibu menjadi normal kembali sehingga tidak merasakan rasa mual yang berlebiha. Kandungan asam folat yang ada dalam tomat juga dinilai sangat penting agar dapat mencegah terjadinya cacat tabung syaraf. (baca: manfaat tomat untuk ibu hamil)

  1. Wortel

Wortel merupakan jenis sayuran yang memiliki sifat detoksifikasi alami. Wortel bisa mencegah terjadinya infeksi pada ibu hami. Kandungan mineral pada wortel bisa membantu menyeimbangkan keadaan hormone saat ibu hamil. Untuk menghilangkan rasa mual, ibu hamil dapat mengkonsumsinya dengan cara dijadikan sup ataupun jus. Jika memakannya dipagi hari akan cukup membantu untuk menghilangkan rasa mual. (baca: manfaat wortel untuk ibu hamil)

Informasi makanan sehat sumber karbohidrat:

  1. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang bisa melancarkan sirkulasi darah menjadi normal kembali. Jahe juga diniali sangat membantu bagi ibu hamil yang sering merasakan mual saat pagi hari. Kuatnya aroma pada jaher berasal dari minyak atsiri. Kandungan senyawa gingerol dalam jahe juga dinilai bisa menjadikan kondisi hati ibu yang sedang hamil menjadi baik. Mengkonsumsi jahe juga bisa mengatasi terjadinya masuk angin. Untuk mengkonsumsinya Anda bisa merebus jahe, dan meminum rebusannya. (baca: bahaya jahe untuk ibu hamil – amankah ginseng untuk ibu hamil )

  1. Buah Apel

Apel adalah buah dinilai bisa menjadi pembersih racun pada ibu hami. Manfaat buah ini sangat baik untuk bisa membantu perkembangan bayi dalam kandungan dan juga mencegah terjadinya radikal bebas dalam tubuh. Umumnya kandungan apel adalah serat yang tidak laru dan sangat baik untuk menyehatkan pencernaan. Kandungan karbonhidrat dalam apel mampu meringankan rasa mual dan rasa pusing pada ibu hamil. Anda bsia mengkonsumsi apel secara langsung atau diolah menjadi jus. (baca : manfaat apel untuk ibu hamil)

Informasi buah sehat ibu hamil: 

  1. Buah Kiwi

Kiwi adalah buah asam yang bisa membantu mencegah terjadinya rasa mual pada ibu hamil. Buah kiwi mempunyai kandungan asam folat yang bisa bermanfaat untuk pembentukan sel bayi dan mencegah terjadinya keguguran pada ibu. Dalam kiwi juga terdapat kandungan vitamin C sehingga biasa mencegah terjadinya mual, nyeri stress, muntah dan rasa lelah berlebihan saat sedang hamil.  Untuk mengkonsumsi kiwi ada baiknya dikonsumsi saat pagi hari. (Baca : Manfaat buah kiwi bagi Ibu hamil)

  1. Buah Jeruk

Jeruk adalah buah yang cukup disukai banyak orang, buah ini juga dinilai bisa menjadi obat untuk mengatasi rasa mual pada ibu hamil. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah jeruk sangatlah baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh pada ibu hamil. Jeruk juga mempunyai kandungan senyawa asam yang bisa bermanfaat untuk mengatasi adanya radang dan masalah pencernaan pada ibu hamil. Anda bisa menjadikan jeruk sebagai makanan cemilan di pagi hari.(baca: manfaat jeruk untuk ibu hamil)

Informasi gangguan kehamilan:

14. Buah Melon

Buah lainnya yang bisa meringankan rasa mal pada ibu hamil adalah melon. Selain bisa mengatasi mual, melon juga bisa menangani adanya mulas pada saat trimester yang pertama. Melon juga mempunyai banyak cairan yang dinilai sangat penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi karena kekurangan minum air putih. Selain menangani rasa mual, mengkonsumsi melon juga bisa mecegah adanya hipertensi saa masa kehamilan. Anda bisa mengkonsumsi buah ini sebelum makan pagi.(baca: manfaat blewah bagi ibu hamil – manfaat melon untuk ibu hamil)

Informasi bayi prematur dan sungsang:

  1. Kentang

Kentang merupakan jenis makanan yang bisa menjadi salah satu pengganti karbonhidrat. Manfaat kentang lainnya adala bisa mengatasi diabetes pada ibu yang sedang hamil. Mengkonsumsi kentang di pagi hari juga diniali bisa membantu untuk tetap menjaga keadaa gula darah agar tetap stabil. Kandungan folat kentang dinilai sangat penting untuk perkembangan janin dalam rahim. (baca: makanan yang bisa menyebabkan perut kembung saat hamilmanfaat kentang bagi bayi )

Informasi sayuran sehat ibu hamil:

  1. Buah Pepaya

Buah papaya adalah buah yang biasanya dipercaya dapat mengatasi sembelit. Namun siapa yang mengira bahwa ternyata buah ini juga bisa mengatasi rasa mual dan ingin muntah yang dialami oleh ibu hamil. Getah lateks pada buah papaya yang matang cukup baik untuk mengatasi rasa mual tersebut. Buah ini juga mempunyai kandungan senyawa yang aktif, termasuk kandungan vitamin C dan A nya yang sangat baik untuk sistem imun tubuh. (Baca juga: Manfaat buah pepaya untuk ibu hamilManfaat pepaya untuk bayi)

  1. Buah Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang sudah jelas diyakini sebagai buah yang bisa menghilangkan rasa mual pada ibu hamil. Asam folat yang terdapat pada buah papaya mampu mencega adanya cacar tabung syaraf janin. Kandungan lemak alami pada alpukat juga sangatlah baik jika dikonsumsi ibu hami. Alpukat juga bisa mengatasi sembelit saat ibu sedang hamil. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa memakan langsung atau mengolahnya menjadi jus. (baca: manfaat alpukat untuk ibu hamil )

Informasi morning sickness:

  1. Strawberry

Strawberry adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin C yang bisa membantu ibu hamil untuk tetap kuat dan mengurangi rasa mual. Vitamin C nya juga diyakini bisa mencegah terjadinya radikal bebas yang bisa merusak sel sehat tubuh. Memang strawberry dipercaya bisa meringankan rasa mual, namunada baiknya tidak dikonsumsi dengan berlebihan sebab rasa asamnya bisa menyerang pada maag. (baca: manfaat strawberry bagi ibu hamil)

  1. Buah Pisang

Buah pisang merupakan buah yang dinilai baik dikonsumsi bagi mereka yang mengalami anemia. Namun tentunya buah ini juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan perasaan mual yang dirasakan ibu hamil. Untuk mengatasi perasaan mual yang sangat berlebihan, Anda bisa mengkonsumsi pisang pada pagi hari setelah sarapan. Pastikan juga makanan yang dimakan diawal tidak terlalu banyak, sebab pisang bisa membuat perut lebih kenyang. (baca: manfaat konsumsi pisang ambon untuk ibu hamil)

  1. Jagung

Jagung adalah buah yang bisa dikonsumsi langsung dengan cara direbus atau dikonsumsi bersama dengan wortel dan kenta. Jagung bisa mencegah terjadinya mual yang berkelanjutan pada ibu hamil. Jagung merupakan buah yang kaya akan kandungan seratnya dan dipercaya bisa mengatasi terjadinya penyakit wasir saat ibu hamil. Kandungan thiamin dalam jagung juga sangat membantu agar sel syraf otak bayi berkembang dengan baik. (baca: manfaat jagung untuk ibu hamil – makanan yang mengandung asid folik))

  1. Bayam

Bayam adalah jenis sayura yang banyak memiliki kandungan zat besinya, sehingga dipercaya dapat mencegah anemia saat masa kehamilan ibu. Bayam juga bisa mencegah terjadinya kelahiran premature pada bayi. Bayam dapat dikombinasikan dengan wortel atau kentang untuk dikonsumsi ibu hami agar rasa mual menghilang. Namun ada baiknya Anda mengkonsumsi bayam dengan cara dijus sebab bisa saja bayam menjadi berbahaya karena kandungan salmonellanya. (baca: manfaat bayam bagi ibu hamil )

Itulah 21 makanan penghilang rasa mual saat hamil yang bisa Anda konsumsi saat sedang merasa mual atau ingin mencegah terjadinya mual. Tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi berlebihan, seperti stawaberry yang bisa menghilangkan mual namun jika berlebihan akan menyebabkan maag. Sehingga saat mengkonsumsi makanan di atas ada baiknya Anda tetap memperhatikan kandungannya.