7 Bahaya Air Kelapa Bagi Ibu Hamil Muda

Selama ini air kelapa sering dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Banyak ibu yang percaya bahwa air kelapa yang segar ini bisa membuat kulit bayi yang lahir nanti menjadi lebih putih. Selain itu air kelapa mengandung kadar elektrolit yang sangat tinggi sehingga bisa mencegah kekurangan cairan yang bisa menyebabkan bahaya dehidrasi bagi ibu hamil. Namun ternyata air kelapa yang menyehatkan ini juga bisa menyebabkan bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini adalah beberapa bahaya air kelapa bagi ibu hamil muda yang harus Anda ketahui.

  1. Terlalu tinggi kadar kalium

Kalium memang sangat penting untuk ibu hamil. Peran kalium bisa membuat aliran darah pada tubuh ibu hamil menjadi lebih sehat dan bisa mendukung proses pembentukan jaringan jantung pada janin. Namun ketika ibu sering minum air kelapa maka kandungan kalium dalam tubuh ibu menjadi sangat tinggi. Ini bisa membuat detak jantung ibu hamil tidak teratur sehingga juga bisa menjadi penyebab jantung berdebar pada ibu hamil.

  1. Meningkatkan jumlah kalori

Ketika ibu hamil muda mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan maka tubuh bisa mendapatkan asupan kalori yang berlebihan juga. Ini sangat bertentangan dengan kebutuhan tubuh ibu karena kalori dalam tubuh ibu harus didapatkan dari sumber nutrisi seimbang yaitu karbohidrat, lemak dan protein. Jadi kelebihan kalori akibat air kelapa muda  bisa memicu bahaya obesitas bagi ibu hamil.

  1. Meningkatkan reaksi alergi

Kelebihan air kelapa muda juga bisa memicu reaksi alergi pada ibu hamil. Alergi air kelapa sama berbahaya seperti alergi pada kacang tanah. Bentuk reaksi pertama yang sering muncul yaitu gatal-gatal, sesak nafas, tenggorokan sakit, wajah merah dan akhirnya bisa kehilangan kesadaran. Karena itu jika ibu sudah memiliki alergi tertentu maka jangan mengkonsumsi air kelapa.

  1. Bersifat diuretik berlebihan

Konsumsi air kelapa muda ternyata juga bisa membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Hal ini karena air kelapa memiliki sifat diuterik dimana bisa membuat ibu lebih sering buang air kecil. Akhirnya ibu akan lebih sering kencing saat hamil dan membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Jika tubuh ibu tidak bisa mengembalikan keseimbangan cairan maka akan sangat lemah.

  1. Memiliki Sifat Diuretik

Ini adalah kerugian lain ketika Anda mengkonsumsi terlalu banyak air kelapa. Air kelapa memiliki sifat diuretik (4). Ini berarti terlalu banyak konsumsi yang mungkin mengharuskan Anda untuk beristirahat dan mengunjungi toilet beberapa kali. Meskipun sedikit air kelapa memiliki sifat menghidrasi, terlalu banyak konsumsinya dapat menjadi tidak sehat.

  1. Memicu diare

Air kelapa yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan ibu mengalami diare karena air yang bersifat laksatif. Kondisi diare yang terus menerus akan membuat ibu kehilangan banyak cairan. Terkadang ini juga yang memicu penyebab keguguran hamil muda karena kontraksi saat diare. Jadi lebih baik hindari air kelapa muda yang berlebihan.

  1. Meningkatkan kadar gula darah

Air kelapa memang memiliki rasa yang sangat menyegarkan. Namun ternyata air kelapa bisa menyebabkan tubuh memiliki kadar gula yang berlebihan. Semua itu terjadi karena air kelapa juga mengandung kalori yang sangat tinggi. Hal ini sangat berbahaya untuk tubuh ibu dan bisa memicu ibu terkena diabetes saat masih hamil muda.

  1. Merusak kualitas air ketuban

Kepercayaan bahwa air kelapa bisa membuat bayi lebih bersih dan putih ternyata tidak selalu benar. Karena menurut pandangan medis bahwa konsumsi air kelapa yang berlebihan bisa menyebabkan air ketuban berkualitas buruk karena sangat keruh. Semua itu terjadi karena keseimbangan cairan elektrolit bermasalah saat hamil sehingga air ketuban tidak sehat. Ini bisa sangat berbahaya untuk kesehatan janin sehingga ibu mungkin harus melahirkan secara caesar.

Jadi inilah semua bahaya air kelapa bagi ibu hamil muda. Kelebihan air kelapa muda ternyata memang sangat buruk untuk kesehatan ibu dan janin. Jika ibu ingin minum air kelapa sebaiknya dalam jumlah yang sedikit agar tidak terkena bahayanya.