4 Manfaat Jus Wortel untuk Ibu Hamil

Bagi seseorang yang sedang hamil pasti akan memberikan segala sesuatunya yang terbaik bagi calon bayinya. Dari mulai makanan sehat  dan olahraga untuk ibu hamil. Makanan sehat untuk memberikan vitamin untuk tubuh kembang sang bayi dalam rahim, tidak harus mahal dan mewah menambahkan nutrisi bagi calon bayi, misalnya dengan jus wortel, wortel yang kaya akan nutrisi tentu banyak manfaatnya, wortel merupakan salah satu makanan sehat dari makanan sehat untuk ibu hamil.

Berdasarkan kandungannya inilah manfaat wortel untuk ibu hamil antara lain :

Vitamin C

Vitamin C dalam wortel berbentuk antioksidan larut dalam air yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit kanker. Selain itu manfaat dari vitamin C dalam wortel dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Beta-karoten dan Vitamin A

Beta karoten merupakan senyawa atau zat yang dapat memberikan warna pada wortel menjadi warna orange, warna orange pada wortel dipengaruhi oleh pigmen karotenoid. Betakaroten yang berfungsi sebagai antioksidan dandapat membantu tubuh dalam menjaga kekebalan tubuh. menurut penelitian mengonsumsi makanan yang mengandung betakaroten dapat meminimalisir penyakit jantung dan kanker. Walaupun betakaroten memiliki banyak manfaat , namun penggunaan betakaroten secara berlebihan dapat memicu kerusakan hati dan kerapuhan tulang. Provitamin A juga terkandung dalam Betakaroten yang akan diubah menjadi vitamin A sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin A

Vitamin A dalam tubuh berperan penting pada organ penglihatan agar berjalan dengan normal karena vitamin A mengandung senyawa retinol dan rodopsin yang merangsang mata untuk sensitif terhadap cahaya. Selain itu vitamin A juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin A yang terkandung pada wortel tentu banyak manfaatnya namun mengkonsumsi wortel berlebihan sehingga kandungan vitamin A yang kita konsumsi juga berlebihan dapat mengakibatkan perubaham warna kulit menjadi kekuningan. Sehingga mengkonsumsi wortel sebaiknya tidak berlebihan konsumsilah wortel dengan takaran yang tepat.

Wortel juga mengandung berbagai macam mineral seperti :

  • Kalsium yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi
  • Kalium yang mempunyai banyak manfaat mengontrol tekanan darah, membantu oksigen untuk sampai di otak, mencegah penyakit stroke dan penyakit tulang seperti osteoporosis
  • Magnesium yang berguna untuk mengurangi nyeri punggung, mencegah sembelit hal ini bermanfaat bagi ibu hamil yang biasanya mengalami hal tersebut, serta magnesium dapat membantu pembentukkan kolagen untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang,sendi, otot, gigi dan kulit.

Jus wortel bisa dibuat kapan saja, tentu saja dengan harga yang ekonomis, jus wortel juga kaya akan manfaat untuk ibu hamil, antara lain :

1. Menambah nafsu makan ibu hamil

Dengan minum jus sekitar setengah jam sebelum makan dapat memperlancar kegiatan sekresi cairan didalam tubuh sehingga proses pencernaan menjadi lancar.

Jus wortel juga dapat mencegah sembelit yang biasanya dialami oleh ibu hamil karena jus wortel kaya akn serat.

2. Membantu meningkatkan kemampuan penglihatan

Seperti yang kita tahu bahwa wortel mengandung vitamin A yang yang dapat meningkatkan kemampuan penglihatan kita. Jus wortel yang dikonsumsi calon ibu tentu calon bayi juga akan mendapatkan manfaat dari jus wortel juga.

3. Menjaga kesehatan kulit

Antioksidant yang terkandung pada jus wortel dapat menjaga kesehatan kulit, seperti kulit kering ketika hamil dapat anda atasi dengan rajin meminum jus wortel.

4. Memperkaya ASI

Kandungan laktasi pada wortel dipercaya dapat memproduksi asi lebih banyak sehingga bagi calon ibu dalam mempersiapkan segala sesuatunya seperti ASI mengkonsumsi jus wortel akan sangat membantu tak hanya bagi calon ibu, para ibu yang dalam masa menyusui tak perlu khawatir karena kekurangan ASI karena dengan mengkonsumsi jus wortel produksi ASI akan berjalan maksimal.

Sering kita jumpai wortel yang segar, warna yang orange merona serta berukuran besar, namun kandungannya rendah karena banyak mengandung pestisida. Bagaimana membeli wortel yang segar namun juga tinggi vitaminnya. Tips memilih wortel yang baik yaitu dengan melihat permukaan wortel tersebut, wortel yang permukaannya tidak pecah, tidak bergaris/ retak adalah salah satu wortel yang memiliki kualitas yang baik.

Selain itu pilihlah wortel yang berwarna orange cerah dan apabila memungkinkan pilihlah wortel yang masih memiliki daunnya, wortel yang bagus menandakan bahwa wortel masih baru.Wortel yang manis biasanya wortel yang masih muda, wortel yang memiliki ukuran sedang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecill.

Cara Membersihkan Wortel

Untuk mendapatkan manfaat wortel dengan maksimal berikut adalah tips untuk membersihkan wortel sebelum diolah. Membersihkan wortel memiliki berbagai macam cara antara lain :

  • Mencuci dan menyikat wortel dengan alat khusus untuk sayuran, Bagi anda yang ingin menaruh wortel dalam kulkas agar tetap segar anda dapat memotong ujung wortel yang terdapat sisa daun pada wortel, karena daun pada ujung wortel yang masih menempel menyebabkan wortel cepat membusuk.
  • Membersihkan wortel juga dapat menggunakan dengan air biasa kemudian ditambahkan dengan cuka sekitar 10 persen, peran cuka dalam membersihkan wortel dapat menghilangkan bakteri yang menempel pada wortel.
  • Tips membersihkan wortel selanjutnya menggunakan air matang. Menurut penelitian mencuci wortel dengan air matang sama halnya dengan mencuci wortel dengan sabun khusus sayuran yang tersedia di supermarket.
  • Tips yang lain yaitu dengan blansir atau disebut dengan pencucian dengan air panas. Rendam wortel didalam air panas sekitar 5 menit kemudian siram dengan air matang yang bersuhu dingin, agar suhu air panas tidak terus menerus berproses. Cara ini dapat menghilangkan zat kimia pada permukaan wortel dan kotoran-kotoran yang menempel.

Jus wortel dapat dikombinasikan dengan berbaga macam buah seperti buah jeruk, apel, tomat, jahe dan juga dapat ditambahkan seprti yogurt, susu kental atau sirup.

Cara membuat Jus Wortel Sehat dan Segar Di Rumah

Siapkan : 1 buah wortel berukuran sedang, 8 lembar daun seledri , jeruk nipis , sirup gula, es batu, air secukunya.

Cara membuat :

Kupas wortel kemudian potong kotak-kotak, masukkan kedalam blender bersamaan dengan daun seledri, gula secukupnya, es batu. Blender hingga halus. Setelah itu masukan air perasan jeruk nipis lalu aduk hingga rata, jus wortel siap dihidangkan. Wortel yang kaya akan serat ditambah jeruk nipis yang mengandung vitamin C berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh selain itu manfaat daun seledri untuk mengurangi ketegangan saraf yang dapat meningkatkan kesehatan janin dan calon ibu.

Beberapa tips membuat jus agar semakin menggugah selera.

  • Pilihlah buah yang segar dan baru agar rasa dan vitamin yang terkandung tidak berkurang. Sebaiknya pilihlah buah yang keduanya tidak terlalu berbau menyengat
  • Jangan ragu menggunakan jeruk lemon/ nipis pada jus buatan anda, perasan jeruk lemon/ nipis dapat menambah cita rasa ataupun menghilangkan bau yang menyengat pada salah satu bahan.
  • Menambah buah yang anda sukai juga dapat menambah selera dan salah satu cara agar tidak cepat bosan dalam mengonsumsinya.
  • Tidak disarankan membuat jus dengan menggunakan gula, lebih baik anda dapat menambahkan yogurt, sirup, susu kental. Apabila tidak memungkinkan menambahkan bahan tersebut anda dapat menggantikannya dengan sirup gula. (cara membuat sirup gula : masukan gula 250 gram pada air sekitar 250 ml atau dengan perbandingan 1 : 1 kemudian aduk hingga gula mencair dalam air ) karena menggunakan gula sirup dapat segera bercampur dengan bahan yang lain.
  • Setelah anda membuat jus, sebaiknya anda dapat meminumnya dengan segera karena vitamin dalam kandungan jus akan berkurang akibat oksigen selain itu rasanya juga cenderung tidak enak seperti anda meminum jus ketika masih baru dibuat.
  • Untuk mengonsumsi jus sebaiknya diminum sebelum makan agar kandungan yang terkandung dalam jus dapat diserap oleh tubuh dengan optimal dan juga sebagai catatan untuk anak dibawah umur 6 bulan berikan jus sekitar ½ gelas atau kurang dari 1 gelas pada umumnya.

Sekilas info wortel, apel dan tomat dapat dijadikan jus yang bermanfaat bagi salah satu usaha untuk cepat hamil jus ini biasa disebut dengan jus 3 diva.