Inilah 6 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Setelah Operasi Caesar

Tenggorokan gatal bisa terjadi karena ransangan dari benda asing yang masuk ke daerah tenggorokan. Benda asing di sini bisa berbentuk bakteri, virus, debu, makanan tertentu atau lainnya. Reaksi yang dilakukan tubuh saat tenggorokan gatal adalah batuk. Namun hal tersebut akan berpengaruh untuk ibu yang telah melakukan operasi caesar.

Seperti yang telah diketahui bahwa batuk akan memberikan rasa kontraksi pada bagian perut sehingga dikhawatirkan luka bekas operasi caesar akan terbuka kembali. Untuk itu, cara mengatasi tenggorokan gatal dengan benar adalah sebagai berikut.

1. Madu

Cara pertama yang bisa dilakukan adlaah minum madu. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukan bahwa madu sangat berkhasiat dalam menekan batuk dan juga menenangkan tenggorokan yang terasa gatal. Selain itu, di dalam madu juga terdapat tingkat efektiitas yang hampir mendekati obat-obatan. Madu juga dapat membantu melapisi serta dapat menenangkan bagian membran lendir. Jika Anda tidak bisa tidur karena tenggorokan gatal, maka minumlah madu tersebut sehingga tidak mengganggu waktu tidur.

Untuk cara meminumnya, cukup satu sendok makan saja dalam beberapa jam selama tenggorokan Anda masih gatal. Tidak hanya madu saja, Anda bisa kombinasikan dengan teh hangat dan juga lemon. Minumlah secukupnya maka gatal-gatal ditenggorokan dapat berangsur menghilang.

2. Minum teh akar Licorice

Cara selanjutnya adalah menggunakan teh akar licorice. Teh ini juga berkhasiat dalam memperlancar saluran nafas, meredakan radang tenggorokan, dan juga bisa digunakan untuk mengencerkan dahak. Untuk cara membuatnya, siapkan saja teh akar licorice dan masukanlah sebanyak dua sendol makan ke dalam cangkir atau gelas. Setelah itu, tuangkan air hangat secukupnya. Kemudian, seduh selama 10 sampai 15 menit saja. jika sudah diseduh, minumlah sebanyak dua kali sehari untuk khasiat yang lebih banyak.

3. Minum teh timi

Jika teh akar Licorice terlalu sulit didapatkan, maka Anda bisa menggantinya dengan minum teh Timi. Timi merupakan tanaman yang sering digunakan berbagai negara dalam mengobati gangguan di dalam pernapasan. Contohnya seperti menenangkan  otot tenggorokan, dan juga mengurangi adanya peradangan pada tenggorokan.

Cara membuatnya adalah diidhkan terlebih dahulu airnya. Setelah itu, masukan dua sendok makan timi yang sudah dibubukan ke dalam cangkir atau ke dalam gelas. Tunggulah selama sepuluh menit. Jika sudah, saringlah sebelum Anda meminumnya. Anda bisa tambahkan madu atau pun lemon untuk memberikan rasa pada teh.

4. Gunakan permen penyegar tenggorokan

Cara praktis yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan permen penyegar tenggorokan. Permen ini memang mengandung bahan-bahan yang dapat meredakan tenggorokan gatal, menghentikan batuk dan juga membantu melegekan sakit tenggorokan.

Jenis permen yang digunakan sangat bergantung pada gejala tenggorokan gatal yang Anda rasakan. Misalnya saja jika Anda batuk kering yang cenderung tidak ada dahak, maka semua jenis permen bisa digunakan. Akan tetapi, jika tenggorokan gatal disertai dahak, maka permen lemon jauh lebih pas dipakai.

5. Gunakan kunyit

Cara tradisional yang bisa Anda coba adalah kunyit. Pada dasarnya kunyit merupakan obat batuk yang sangat tradisional. Khasiat kunyit telah terbukti dapat mengatasi batuk yang paling efektif. Untuk penyajiannya sendiri, Anda bisa menambahkannya dengan susu hangat ataupun dengan madu.

Caranya adalah campurkan satu sendok kunyit dengan gelas yang yang sudah terisi susu. Cara lainnya adalah dengan campuran kunyit bubuk dengan satu sendok teh madu. Jika ingin dicampur dengan  teh, maka masukanlah satu sendok makan kunyit yang sudah dijadikan bubuk ke dalam cangkir yang sudah dimasukan teh sebelumnya. setelah itu tunggulah hingga bagian ampasnya mengendap. Jika sudah, campurkanlah dengan lemon dan juga madu agar efeknya dapat mengatasi tenggorokan yang gatal.

6. Menggunakan Jahe

Bahan tradisional lainnya yang bisa dicoba adalah Jahe. Manfaat jahe ini sudah lama digadang-gadang dapat meredakan tenggorokan gatal maupun seseorang yang terkena batuk berdahak maupun piliek. Campuran jahe dengan madu dapat menekan iritasi pada bagian belakang tenggorokan sehingga pemicu batuk bisa ditekan.

Cara membuatnya cukup mudah, pertama masukanlah tiga sendok makan jahe yang sudah dicincang halus sebelumnya. Setelah itu, masukan satu sendok makan madu ke dalam panci yang ukurannya kecil. Sementara itu, siapkan air yang sudah didihkan. Jika airnya sudah mendidih, kecilkanlah apinya. Selanjutnya adalah biarkan sampai terjerang sampai volumnya semakin berkurang. Selanjutnya adalah biarkan mendingin dalam beberapa menit. Setelah agak dingin, masukan ke dalam gelas atau cangkir dan bisa Anda minum. Campuran Antara madu dan jahe ini bisa bertahan sampai sebulan jika disimpan dalam lemari es.

Itulah  6 cara mengatasi tenggorokan gatal setelah operasi caesar. Dari bahan-bahan di atas, kita bisa simpulkan bahwa untuk mengatasi tenggorokan gatal tidak harus menggunakan obat-obatan saja, cara tradisional pun bisa Anda gunakan. Cobalah baca referensi lainnya mengenai batuk saat hamil, ibu hamil sakit tenggorokan obatnya apa, dan masih banyak lainnnya. Semoga bermanfaat.