32 Cara Merangsang Agar Bayi Cepat Lahir dengan Normal dan Lancar

Masa persalinan memang menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang tua. Dan ketika mendekati masa persalinan, maka ada beberapa kasus dimana sang bayi ternyata tidak kunjung menunjukkan tanda tanda akan melahirkan. Hal ini tentu menjadi sangat mendebarkan bagi si ibu. Maka dari itu, tentu perlu dilakukan beberapa hal agar bisa merangsang bayi supaya bisa cepat dilahirkan. Berikut ini ada beberapa tips dan cara merangsang agar bayi cepat lahir di usia kehamilan tua.

  1. Banyak berjalan kaki

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merangsang bayi agar cepat lahir adalah dengan banyak-banyak berjalan kaki. Sebenarnya banyak berjalan kaki ini tidak hanya disarankan untuk ibu hamil tua saja. Namun pada usia kehamilan 9 bulan, ibu yang lebih sering berjalan akan membuat bayi mendapatkan stimulus agar segera keluar.

  1. Stimulus pada payudara

Cara kedua adalah dengan memberikan stimulus pada payudara, yaitu dengan memijat puting payudara. Cara ini akan bisa merangsang hormon oksitosin, yaitu hormon yang bisa mempercepat masa Proses Persalinan. Dengan demikian, bayi agar segera lahir.

  1. Hindari perasaan stress

Ibu yang hamil tua biasanya akan mengalami stress. Apalagi jika kehamilan ini adalah kehamilan pertama. Namun perasaan panik dan stress ini tidak diperlukan, karena justru bisa memperburuk kondisi fisik ibu dan juga janin. Maka dari itu, tetaplah menjalani aktivitas setiap harinya dengan tenang dan santai.

  1. Konsumsi air putih yang cukup

Air putih lagi-lagi menjadi solusi bagi beberapa permasalahan. Tidak heran, karena tubuh manusia memang diisi oleh sebagian besar cairan. Maka dari itu jika ingin metabolisme lancar, air putih perlu dikonsumsi secara teratur dan cukup setiap harinya. Air putih juga bisa membantu melancarkan masa persalinan.

  1. Melakukan olahraga ringan

Di usia kehamilan, ibu memang tidak disarankan untuk melakukan olahraga berat karena dikhawatirkan berbahaya bagi janin. Namun, olahraga ringan masih diperbolehkan. Setidaknya lakukan olahraga ringan setiap harinya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lakukan jalan kaki secara rutin. Atau bisa juga dengan mengerjakan beberapa pekerjaan rumah seperti menyapu, membereskan rumah, dan pekerjaan lainnya yang cukup aman bagi ibu hamil.

  1. Mengonsumsi teh daun frambosen

Daun frambosen merupakan salah satu bahan herbal yang bisa dijadikan minuman teh. Minuman ini memiliki senyawa yang memiliki khasiat untuk memperkuat dinding rahim pada wanita hamil. Konsumsi minuman ini juga bisa mempercepat rangsangan agar cepat melahirkan.

  1. Mengonsumsi kari

Kari adalah makanan yang berisi beberapa bahan makanan yang cukup lengkap. Entah itu kari ayam, atau kari telur, sama-sama bisa membantu menstimulasi perut agar cepat melahirkan.


  1. Mengikuti program senam hamil

Senam hamil adalah salah satu program olahraga yang aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Ibu hamil yang melakukan Senam Hamil juga akan diberikan gerakan-gerakan yang sesuai dengan usia kehamilan. Pada usia kehamilan tua atau mendekati masa persalinan, maka senam kehamilan ini lebih dititikberatkan untuk mendapatkan manfaat persalinan yang lancar. Maka dari itu, senam ibu hamil 9 bulan bisa diikuti untuk mempecepat masa persalinan.

  1. Melakukan hubungan dengan suami

Ketika usia kehamilan sudah mendekati HPL, maka suami dan istri disarankan untuk berhubungan. Hubungan ini akan membantu menstimulasi keluarnya hormon oksitosin. Seperti yang dijelaskan di atas, hormon oksitosin adalah hormon yang bisa membantu mempercepat masa kelahiran.

  1. Memenuhi kualitas tidur yang cukup

Istirahat secara cukup dan berkualitas juga bisa menjadi salah satu cara merangsang agar bayi cepat lahir. Istirahat yang cukup dan berkualitas akan membantu ibu terhindar dari stress, sehingga tubuh yang tidak stress akan lebih lancar metabolismenya. Hal ini akan memudahkan persalinan dengan cepat.

  1. Gerakan berdiri dengan satu kaki

Satu gerakan yang bisa merangsang bayi agar cepat lahir adalah gerakan berdiri dengan satu kaki. Berdirilah dengan tegak dan angkat 1 kaki naik ke atas kursi. Posisi ini bisa memperlebar ukuran sisi panggul, sehingga akan merangsang bayi agar cepat turun. Hal ini akan mempercepat masa persalinan.

  1. Berdiri dengan kaki terbuka

Posisi lainnya yang bisa membantu merangsang bayi agar cepat lahir adalah berdiri dengan dua kaki yang terbuka. Posisi ini juga bisa menjadi sebuah posisi yang merangsang janin agar lebih turun dan mendekati jalur persalinan.

  1. Duduk di atas toilet

Selain kedua posisi di atas, posisi duduk di atas toilet juga bisa membantu menstimulasi bayi agar lebih cepat turun. Posisi ini akan bisa membuat masa kontraksi lebih cepat sehingga bisa menjadi salah satu cara merangsang agar bayi cepat lahir yang mudah dilakukan.

  1. Birthing balls

Birthing balls merupakan sebuah Olahraga untuk Ibu Hamil yang banyak dilakukan oleh wanita di Eropa ketika massa persalinan sudah dekat. Ibu bisa duduk di atas bola beasar yang lentur dan mengikuti gerakan dari bola tersebut. Posisi ini juga baik untuk mencegah bayi lahir sungsang.

  1. Melakukan pijat refleksi

Pijat refleksi bisa dilakukan oleh ahli pijat atau dokter. Pijat refleksi juga merupakan salah satu langkah atau cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat persalinan dan juga memberikan kesan rileks pada ibu.

  1. Posisi ruku

Posisi ruku adalah posisi seperti ketika sholat, yaitu membungkuk dengan kaki lurus (vertikal) dan punggung lurus (horizontal). Posisi ini juga bisa menjadi salah satu posisi yang bisa membantu mempercepat kelahiran bayi.

  1. Posisi sujud

Sama seperti posisi ruku, posisi sujud juga bisa membantu merangsang kelahiran bayi. Pada posisi ini, bayi diberikan ruang untuk memperbaiki posisinya dan merupakan salah satu posisi terbaik untuk memperbaiki bayi sungsang.

  1. Posisi setengah duduk

Posisi setengah duduk juga bisa dilakukan agar bayi bisa dirangsang untuk lebih cepat lahir. Posisi ini juga kebanyakan dilakukan pada senam hamil, maupun posisi saat dokter sedang melakukan pemeriksaan.

  1. Duduk dengan sandaran kursi di depan

Posisi lainnya yang bisa membantu mempercepat rangsangan persalinan adalah ibu disarankan agar duduk dengan sandaran kursi di depan. Cara ini bisa memperlebar area panggul ibu, sehingga nyeri pinggang bisa berkurang. Selain itu bayi juga bisa lebih cepat lahir.

  1. Posisi merangkak

Ibu juga bisa memposisikan tubuhnya seperti bayi yang sedang merangkak. Posisi ini juga bisa menjadi posisi terbaik untuk meredakan sakit pinggang pada kehamilan tua. Selain itu, posisi ini juga bisa mengurangi tekanan pada ibu menjelang masa persalinan.

  1. Gerakan menari (dansa)

Dansa yang pelan dan lembut juga bisa menjadi salah satu kegiatan atau gerakan yang bermanfaat bagi ibu menjelang masa persalinan. Pada gerakan ini, posisi kaki akan lebih aktif. Selain itu, sendi panggul juga bisa mendorong bayi agar lebih mudah turun.

  1. Duduk di kursi goyang

Duduk di kursi goyang juga bisa menjadi salah satu cara merangsang agar bayi cepat lahir dengan gerakan sedehana. Duduk di kursi goyang manfaatnya mirip dengan birthing balls, dimana ibu akan menyesuaikan dengan gerakan kursi goyang sehingga bayi bisa lebih cepat lahir.


  1. Tidur dengan posisi miring

Ketika tidur, ibu disarankan untuk melakukan posisi miring. Posisi miring bisa bermanfaat bagi ibu karena bisa menurunkan stress dan nyeri pada pinggang. Posisi ini juga bisa menjadi salah satu posisi untuk merangsang persalinan.

  1. Mengonsumsi nanas

Buah nanas adalah buah yang sebaiknya dihindari saat kehamilan muda karena bisa memperbesar risiko keguguran. Walau demikian, buah nanas bisa dikonsumsi saat usia kehamilan sudah mendekati persalinan. Nanas akan merangsang otot pada dinding rahim untuk segera kontraksi, sehingga bayi bisa lebih cepat dilahirkan.

  1. Tetap mengonsumsi makanan sehat

Ibu hamil yang mendekati masa persalinan, tetap disarankan untuk mengonsumsi Makanan untuk Ibu Hamil 9 Bulan yang sehat dan bernutrisi. Selain untuk memperlancar masa persalinan, nutrisi tersebut juga bisa memicu ASI agar bisa keluar dengan lancar setelah masa persalinan.

  1. Mandi dengan air hangat

Ibu hamil 9 bulan juga disarankan untuk mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat bisa membantu mempercepat kontraksi sehingga bayi pun bisa dilahirkan dengan cepat. Air hangat juga bisa mencegah sakit pinggang pada ibu hamil.

  1. Berkonsultasi dengan dokter

Selama masa kehamilan, apalagi masa kehamilan yang mendekati masa persalinan, ibu hamil direkomendasikan untuk rutin melakukan Pemeriksaan Kehamilan Trimester 3 dan konsultasi dengan dokter. Hal ini perlu dilakukan untuk persiapan persalinan dan mengetahui tips-tips dari dokter agar bayi bisa lebih cepat lahir.

  1. Pijatan di titik akupresur

Pemijatan pada titik-titik akupresur tertentu juga bisa membuat bayi mendapat rangsangan untuk segera lahir. Titik akupresur yang dimaksud adlaah titik pada tangan dan kaki. Untuk lebih jelasnya, silakan berkonsultasi pada ahli akupresur.

  1. Mengonsumsi makanan berserat

Makanan berserat selalu dibutuhkan untuk ibu hamil 9 bulan, untuk memperlancar buang air besar. Buang air besar ini penting dan harus lancar bagi ibu hamil tua, karena BAB yang lancar berarti bisa memberikan ruang yang lebih lapang bagi rahim. Dengan demikian, bayi pun memiliki peluang untuk mendekati jalur persalinan.

  1. Mengonsumsi teh jintan

Teh jintan adalah makanan herbal yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan bagi ibu hamil. Khasiatnya akan bisa memperlancar masa persalinan nantinya. Bisa juga teh jintan ini ditambah madu agar menetralisir rasa pahit dari teh ini.

  1. Memanfaatkan minyak jarak

Minyak jarak merupakan salah satu bahan alami yang bisa merangsang kontraksi pada rahim. Namun, minyak jarak ini juga bisa memicu diare bagi ibu hamil, sehingga perlu dikonsultasikan dulu dengan dokter yang bersangkutan.

  1. Naik turun tangga

Naik turun tangga juga bisa menjadi salah satu alternatif olahraga ringan yang bisa memicu masa persalinan. Namun, ingatlah untuk selalu melakukan kegiatan ini dengan aman dan waspada.

Demikianlah beberapa cara merangsang agar bayi cepat lahir yang bisa dilakukan. Hindari cara-cara yang berbahaya seperti mengonsumsi obat stimulus atau suplemen yang belum jelas keamanannya. Lebih baik melakukan gerakan dan pola hidup sehat untuk mempercepat masa persalinan. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Saturday 07th, October 2017 / 07:08 Oleh :
Kategori : Persalinan
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular