12 Perawatan Pasca Operasi Caesar Agar Lekas Sembuh

Ibu yang melahirkan ada yang melalui normal maupun caesar, jika Anda mungkin masih hamil maka sebaiknya Anda mengetahui apa saja perbedaan jika melakukan persalinan normal atau melalui operasi caesar. Ketahui juga mengenai resiko operasi caesar sehingga Anda bisa tahu akan memilih akan menajalani operasi caesar atau mungkin normal. Karena caesar merupakan persalinan yang memerlukan pembedahan maka kita tentu saja juga harus merawatnya pasca menjalani operasi mengingat pemulihan dari pasien caesar ini membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama daripada yang normal. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan informasi penting mengenai perawatan pasca operasi caesar. Berikut adalah infromasi pentingnya untuk Anda :

  1. Lakukan perawatan untuk sayatan operasi

Karena kita melakukan operasi caesar tentu saja akan ada bekas sayatan dan jahitan di perut kita. Mungkin memang sayatan dan jahitan bekas operasi itu nantinya bisa sembuh dengan sendirinya, namun kita tentu saja juga harus merawatnya dengan  baik supaya tidak sampai terinfeksi. Pastikan jika bekas jahitan itu kering terus, jika Anda merasakan seperti jahitan terasa panas, gatal, basah, dan nyeri maka Anda bisa menghubungi dokter karena bisa saja terjadi infeksi pada sayatannya. Jangan sampai menganggaruk bagian jahitan yang gatal jika belum kering dan belum pulih.

  1. Mulai berjalan

Operasi caesar mungkin akan sedikit menghambat Anda karena pemulihannya membutuhkan waktu yang agak lama dibandingkan dengan proses normal. Ketika dokter sudah memberikan izin untuk Anda beraktifitas maka terlebih dahulu Anda bisa memulainya dengan berjalan selama 30 menit per harinya, Anda bisa berjalan-jalan pagi dan ketahuilah pemulihan rahim pasca caesar. Dengan sering berjalan-jalan maka Anda akan mendapatkan beragam manfaat seperti lancarnya peredaran darah dan Anda juga akan cepat pulih sehingga bisa beraktifitas lagi.

  1. Konsumsi probiotik

Langkah yang ketiga supaya cepat pulih adalah dengan konsumi probiotik, apakah Anda semua sudah tahu jika kita melakukan persalinan melewati operasi caesar maka antibiotik yang digunakan selama operasi itu ternyata bisa membunuh bakteri sehat yang ada di dalam tubuh kita. Oleh karna itu pasca menjalani operasi caesar maka sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik sehingga saluran penceraan akan tetap sehat. Probiotik bisa Anda dapatkan pada makanan seperti keju cottage, buttermilk, kim chi korea, natto jepang, yogurht, dan juga bisa konsumsi suplemen yang mengandung probiotik yang pastinya sudah disetujui oleh dokter kandungan.

  1. Konsumsi obat pereda nyeri

Mungkin nyeri akan kita alami beberapa hari pasca kita menjalani operasi caesar. Rasa nyeri itu biasanya masih muncul setelah satu sampai dua minggu setelah menjalani operasi caesar. Anda tidak perlu merasa khawatir karena rasa nyeri itu nantinya akan berangsur-angsur menghilang dengan sendirinya. Namun jika dokter memberikan obat untuk meredakan nyeri maka kita juga harus tetap mengkonsumsinya.

  1. Perhatikan makanan

Setelah menjalani operasi caesar tentu saja Anda perlu untuk memperhatikan makanan  yang masuk ke dalam tubuh. Butuh makanan yang mengadung vitamin C dan yang mengandung zat anti inflamasi sehingga bisa segera membantu kita pulih pasca operasi caesar. Kandungan sat itu bisa kita dapatkan dari buah beri, sayuran hijau, dan juga kacang-kacangan. Supaya ASI keluar dengan banyak perhatikan juga  makanan untuk memperbanyak ASI

  1. Jangan gunakan korset

Perawatan pasca operasi caesar yang keenam adalah sebisa mungkin untuk menghindari mengenakan korset. Anda harus mengingat jika jahitan dan sayatan mungkin masih belum kering. Oleh karena itu hindari menggunakan korset karena dengan menggunakan korset bisa menyebabkan kita mengalami resiko melemahnya otot perut sampai menyebabkan prolaps pada panggul.

  1. Hindari sit-up

Ketika bunda baru saja melewati prosesi persalinan dan jaraknya tidak terlalu lama dari waktu persalinan maka kami menyarankan supaya bunda jangan berolahraga dahulu. Berolahraga memang baik untuk kesehatan, namun bagi ibu tertuama yang melewati proses caesar jangan sampai berolahraga terlebih dahulu terutama melakukan sit-up. Karena jika bunda melakukan sit-up maka bisa membuat bunda mengalami hernia.

  1. Jangan angkat beban berat

Tips yang kedelapan adalah jangan sampai mengangakat beban yang terlalu berat ya bunda. Kondisi tubuh belum pulih dengan baik sehingga jangan sampai membuat bunda melakukan angkat beban yang berat karena mungkin bisa berakibat merusak jahitan. Jika bunda ingin mengangkat benda maka sebaiknya minta tolong kepada orang lain.

  1. Istirahat yang cukup

Tidur merupakan salah satu solusi supaya kondisi tubuh tetap sehat, ketika bunda baru saja pulang dari rumah sakit sehabis menajalani operasi caesar maka jangan sampai bunda langsung pergi bekerja atau melakukan aktiftias terlebih dahulu. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan cepat pulih maka sediakan waktu istirahat yang cukup, jika tidak bisa tidur dengan baik maka Anda bisa mencoba untuk memahami cara mengatasi insomnia pada ibu hamil agar bisa tidur.

  1. Jangan stress

Ketika bunda mengalami stress atau mungkin depresi maka kesempatan pulih dalam waktu yang cepat juga akan sirna. Salah satu faktor mengapa ibu yang melewati caesar bisa cepat pulih adalah karena mereka berpikir positif jika akan segera pulih dan tidak stress selama menjalani perawatan. Oleh karena itu jika kita ingin supaya perawatan setelah caesar berhasil maka jangan sampai merasa stress berlebihan.

  1. Perbaiki posisi menyusui

Sebelumnya Anda harus mengatahui terlebih dahulu cara agar ASI keluar banyak setelah melahirkan sehingga bayi bisa mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Ketika ingin menyusui si buah hati maka usahakan supaya bayi dekat dengan Anda, jika bisa Anda menyusui sang buah hati duduk sambil meluruskan kaki. Kami mneyarankan supaya tubuh agak membungkuk atau condong ke depan ketika sedang menyusui si bayi karena bisa membatasi kadar oksigen.

  1. Minta bantuan

Tips yang terakhir adalah selalu meminta bantuan kepada orang lain ketika mungkin tidak bisa melakukannya. Pada minggu-minggu pertama mungkin saja kita akan merasa masih nyeri dan belum memiliki tenaga untuk melakukan aktifitas maupun pekerjaan rumahan, Anda bisa meminta bantuan suami dan orang-orang yang ada di rumah untuk membantu Anda. Selain itu kami juga menyarankan supaya tidak usah terlalu capek-capek karena masih dalam masa pemulihan.

Itu dia beberapa infromasi penting mengenai perawatan pasca operasi caesar yang bisa bunda lakukan di rumah. Sebisa mungkin untuk meminta dukungan orang rumah sehingga perawatan pasca melahirkan ini bisa berjalan dengan baik dan tidak sia-sia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!