16 Cara Mengatasi Insomnia Pada Ibu Hamil Agar Bisa Tidur

Selama hamil tentu saja banyak masalah yang bisa ibu hamil alami. Salah satu masalah yang seringkali ibu hamil alami adalah insomnia atau sulit tidur, masalah insomnia ini adalah masalah yang ibu hamil paling sering alami di dunia ini. Bahkan menurut riset, sekitar 78% ibu hamil mengalami gangguan insmonia karena berbagai penyebab ibu hamil susah tidur. Dan ibu hamil paling sering mengalami insomnia itu ketika kandungan mereka menginjak trimester ketiga. Tentu saja ibu akan merasa terganggu karena tidak memiliki waktu tidur yang cukup, padahal pada faktanya ibu hamil harus memiliki waktu tidur yang cukup. Insomnia ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti misalnya perasaan gelisah menyambut kelahiran bayi, nyeri pinggang saat hamil, dan perut yang besar sehingga bisa membuat kita tidak merasa nyaman. Oleh karena itu kali ini kami akan membahas beberapa cara mengatasi insomnia pada ibu hamil agar bisa tidur. Simak ulasan di bawah ini :

  1. Memberi pijatan lembut pada punggung

Cara mengatasi insomnia pada ibu hamil yang pertama adalah dengan memberi pijatan lembut pada punggung ibu yang sedang hamil. Salah satu penyebab kenapa bunda tidak bisa tidur mungkin adalah karena sakit pinggang, dengan sentuhan lembut dan pijatan maka itu bisa sedikit mengurangi rasa sakitnya. Oleh karena itu, Anda bisa meminta bantuan sang suami untuk memijat punggung Anda yang sakit. Pijatan lembut ini sangat penting sebagai cara mengatasi sakit pinggang saat hamil.

  1. Rendam kaki dengan air yang hangat dan garam 

Salah satu penyebab kenapa bunda mengalami insomnia adalah karena kaki bunda terasa sakit dan pegal. Oleh karena itu maka bunda bisa merendam kaki dengan air hangat ketika merasakan pegal dan kaki pada telapak kaki. Hal sederhana ini ternyata bisa membantu tidur bunda karena dapat meregakan rasa sakit itu. Anda harus mencobanya karena trik ini terbukti ampuh. Cara ini juga sangat baik untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil.

  1. Siapkan makanan sehat untuk berjaga-jaga pada malam hari

Bunda tidak bisa tidur dengan baik bisa saja karena pada malam hari atau tengah malam tepatnya merasa kelaparan. Kelaparan bisa membuat siapa saja tidak bisa tidur dengan tenang, tidak hanya ibu hamil saja. Oleh karena itu sebaiknya bunda siapkan makanan sehat seperti roti gandum atau buah-buah di kulkas sehingga ketika lapar, bunda bisa makan-makanan yang sehat dan bisa terlelap setelahnya karena sudah tidak lapar lagi. Pilih saja berbagai makanan yang sesuai dengan gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan.

  1. Jauhkan hal-hal yang sifatnya mengganggu

Langkah selanjutnya adalah jauhkan hal-hal yang sifatnya menganggu seperti misalnya ponsel. Ketika sudah memegang ponsel maka kita tidak mudah lepas atau sering lupa diri karena kecanduan memainkan ponsel. Oleh karena itu jika ingin tidur, sebaiknya jauhkan atau matikan ponsel Anda. Karena radiasi ponsel sendiri juga tidak baik untuk kesehatan kita.

  1. Tidak usah gelisah

Mungkin ketika menjelang proses persalinan, kita merasa khawatir dan gelisah. Tentu saja Anda merasa akan gelisah karena takut untuk menghadapi proses persalinan atau malah mungkin terlalu antusias. Oleh karena itu jika misalnya Anda gelisah karena takut proses persalinan maka sebaiknya Anda persiapkan mental. Selalu berpikir positif saja,dan percaya jika persalinan Anda akan berjalan dengan normal dan bayi bisa lahir dengan sehat dan normal.

  1. Rajin olahraga untuk ibu hamil

Ibu yang hamil kebanyakan malas bergerak dan hanya tiduran saja di kasur tiap harinya. Hal itu justru membuat punggung menjadi sakit dan malah membuat kita nanti insomnia ketika malam hari. Oleh karena itu jangan pernah malas untuk bergerak! Anda harus berolahraga, tidak berolahraga yang berat tetapi. Anda bisa mencoba untuk jalan-jalan keliling kompleks bersama suami pada pagi atau sore hari.

  1. Hindari kafein

Kafein tidak baik untuk dikonsumsi ibu ketika hamil karena kandungan di dalamnua bisa berbahaya bagi bayi, mulai dari menyebabkan kecacatan hingga keguguran. Selain itu kafein juga bisa menyebabkan Anda menjadi insomnia, oleh karena itu sebaiknya hindari kafein. Bahaya kopi bagi ibu hamil juga bisa membuat masalah tekanan darah pada ibu hamil, meningkatkan detak jantung dan membuat hormon bermasalah.

  1. Ketika ingin tidur jangan minum terlalu banyak

Salah satu penyebab kenapa ibu sulit untuk tidur adalah karena ibu sering bolak-balik kamar mandi karena sering kencing saat hamil. Oleh karena itu kami sarankan sebelum tidur sebaiknya jangan minum air terlalu banyak, dengan catatan disini kami tidak melarang Anda untuk minum ya bunda! Minum itu sangat baik untuk ibu hamil, namun jangan sampai ketika ingin tidur minum berlebihan.

  1. Membuat kamar menjadi senyaman mungkin

Mungkin bunda menjadi insomnia karena kamar atau tempat tidurnya tidak nyaman. Oleh karena itu mulai sekarang sebaiknya perhatikan kamar Anda, buat kamar Anda menjadi senyaman mungkin supaya bunda bisa tidur dengan nyaman dan pulas. Jauhkan apa yang sekiranya menganggu tidur bunda.

  1. Mandi air hangat pada sore hari

Tips yang selanjutnya adalah supaya bunda mandi air hangat pada sore hari. Karena dengan mandi air hangat maka itu bisa membuat bunda lebih rileks sehingga pada malam hari bunda tidak akan kesulitan untuk tidur. Oleh karena itu jika pada malam hari sering insomnia, maka bisa sesekali untuk mandi air hangat pada sore hari.

  1. Perbaiki posisi tidur ibu hamil berdasarkan trimester

Ketika sedang hamil maka posisi tidur bunda adalah salah satu penentu kenyamanan tidur bunda juga. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan posisi tidur maka bunda akan kesulitan untuk tidur dan akhirnya jadi insomnia. Oleh karena itu sebaiknya mulai sekarang perhatikan dan perbaiki posisi tidur bunda ya. Tidurlah dengan posisi senyaman mungkin namun tetap memperhatikan keamanan si bayi.

  1. Jangan menyalakan kipas angin atau AC terlalu dingin

Kedinginan bisa membuat bunda yang sedang mengandung menjadi gelisah dan akhirnya menjadi insomnia. Oleh karena itu ketika tidur bunda juga terlebih dahulu harus mencocokkan suhu yang ada di dalam kamar bunda. Jangan sampai bunda merasa kedinginan sehingga akhirnya tidak bisa tidur, oleh karena itu sebelum tidur kecilkan dahulu kipas angin atau AC di kamar Anda.

  1. Konsumsi jus cherry

Jika bunda masih merasa sulit untuk tidur setiap malamnya maka bunda bisa mencoba untuk mengkonsumsi jus cherry, menurut beberapa penelitian dan riset. Jus cherry ini baik untuk ibu hamil karena bisa mengatasi insomia dan membuat tidur menjadi pulas. Hal ini karena buah cherry mengandung zat melatonin paling tinggi, dimana akan memacu hormon untuk membantu kita tidur.

  1. Ganti jam tidur Anda

Untuk ibu yang sedang hamil maka sebaiknya untuk menghindari tidur larut malam karena tidak baik bagi kesehatan dan bisa menyebabkan insomnia. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk tidur lebih awal, dengan kata lain gantilah jam tidur Anda. Hal itu akan membuat kita menjadi cepat tidur karena tidak terlalu kelelahan.

  1. Gunakan pakaian yang nyaman

Tips supaya ibu tidak mengalami insomnia adalah gunakan pakaian yang sekiranya membuat kita menjadi nyaman ketika tidur. Gunakan pakaian yang memiliki kain dingin sehingga akan membuat kita tidur dengan lelap, jangan gunakan pakaian dengan bahan kain yang membuat kita gampang gerah.

  1. Minum segelas susu panas sebelum tidur

Hal yang akan memudahkan kita untuk tidur dan tidak mengalami insomnia adalah dengan minum segelas susu panas atau hangat sebelum kita tidur. Manfaat susu bagi ibu hamil selain baik untuk kesehatan, maka itu akan membuat perut jadi kenyang dan rileks sehingga tidur malam kita tidak akan terganggu lagi. Jangan sampai terkena dampak akibat ibu hamil jarang minum susu hamil yang bisa berpengaruh pada ibu dan janin dalam kandungan.

Itu dia beberapa cara mengatasi insomnia pada ibu hamil yang bisa bunda terapkan ketika sering mengalami insomnia. Semoga bermanfaat!