Perlengkapan Ibu Melahirkan Caesar Agar Proses Persalinan Berlangsung Dengan Lancar

Setelah menjalani masa kehamilan yang berlangsung kurang lebih selama 40 minggu, proses persalinan yang sudah ditunggu datangnya akan dapat berlangsung pada ibu hamil sehingga bayi di dalam kandungan siap bertemu secara langsung dengan orang tuanya. Demi berlangsungnya proses persalinan yang baik tentu ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan oleh setiap ibu hamil serta dipersiapkan sejak awal kehamilan terutama juga ketika sudah mendekati masa kehamilan pada trimester ke tiga.

Dalam prosesnya, ada dua jenis persalinan yang dapat dilakukan dan diilih oleh ibu hamil yakni melahirkan normal dan persalinan melalui jalan caesar. Persalinan normal sampai saat ini masih menjadi proses yang banyak dipilih oleh masyarakat karena dasar utamanya adalah biaya yang murah dan dengan resiko yang lebih ringan, penyembuhan yang lebih cepat, serta tidak adanya bekas jahitan pada perut. Persalinan caesar dilakukan karena beberapa faktor tertentu.

Persalinan caesar dapat lebih dipersiapkan dengan matang karena tanggal operasinya sudah ditetapkan jauh hari oleh ibu hamil dengan dokter kandungan. Untuk memastikan agar proses persalinan caesar dapat berjalan sesuai kondisi yang diinginkan yakni bayi dapat terlahir dengan sehat, dan ibu sehat serta selamat. Beberapa hal yang dapat dipersiapkan ketika akan menghadapi operasi caesar yang salah satunya dalam bentuk perlengkapan. Berikut beberapa perlengkapan ibu melahirkan caesar dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Baju ganti

Menjalani proses melahirkan secara caesar tentunya lebih banyak direncanakan sejak awal dibandingkan berlangsung pada saat itu juga. Oleh karena itu, ibu hamil yang akan melakukan proses operasi caesar dapat menyiapkan segala bentuk perlengkapan ibu melahirkan caesar agar membantu baik sebelum maupun pasca proses persalinan tersebut dibutuhkan. Salah satu perlengkapan yang termasuk dalam persiapan melahirkan caesar yang sebaiknya disiapkan adalah baju ganti bagi ibu yang mudah dilepas maupun digunakan. Rumah sakit tempat bersalin hanya akan menyediakan jubah tidur saja sehingga ketika ibu merasa tidak nyaman maka dapat menggantinya dengan baju ganti yang sudah dipersiapkan.

  1. Pembalut khusus nifas

Nifas merupakan proses pasca persalinan dimana ibu akan mengeluarkan cukup banyak darah sebagai bagian dari sisa sisa kehamilan. Darah yang cukup banyak tersebut biasanya akan keluar dengan sendirinya tanpa ibu dapat menahannya. Untuk menghindari darah yang tercecer atau mengotori pakaian ibu maka perlengkapan selanjutnya yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan adalah pembalut khusus nifas yang dapat menampung lebih banyak darah dibandingkan pembalut pada umumnya sebagai persiapan memasuki masa nifas setelah melahirkan. 

  1. Perlengkapan mandi

Rumah sakit tempat ibu bersalin bisa jadi menyediakan peralatan mandi dan bisa jadi tidak sehingga ibu perlu mempersiapkan perlengkapan mandi pasca melahirkan caesar tersebut. Meskipun di kamar rumah sakit sudah disediakan perlengkapan dan peralatan mandi namun biasanya ibu akan lebih percaya diri dan nyaman dengan peralatan mand yang sudah pernah dan biasanya digunakan.

  1. Baju bayi

Setelah terlahir dan bayi dibersihkan maka bayi akan diganti dengan pakaian bayi yang layak. Pada beberapa tempat persalinan pasti menyediakan pakaian bayi untuk bayi yang baru lahir. Namun biasanya kualitas dan kondisi pakaian bayi yang ada disesuaikan dengan yang dimiliki dan telah dipakai oleh banyak bayi lain sebelumnya. Demi memberikan efek ketenangan pada ibu maka sebaiknya baju untuk bayi yang sudah dibeli dan dipersiapakan juga dibawa agar bayi mendapatkan perlakuan terbaik dari orang tuanya.

  1. Baju bayi dan selimut untuk pulang

Selain merencanakan setiap perlengkapan ibu melahirkan caesar selama dirawat di Rumah Sakit, beberapa barang lain yang dibutuhkan adalah pakaian bayi untuk dia pulang ke rumah. Pakaian bayi yang memang sudah disiapkan sejak sebelum proses melahirkan caesar agar tidak ada yang tertinggal. Baju bayi dan selimut yang sudah dipersipkan dapat dipakai untuk memberikan kesan yang positif dan penilaian baik dari orang lain yang akan bertemu dengan bayi baru lahir tersebut.

  1. Perlengkapan menyusui

Barang selanjutnya yang juga perlu diperhatikan pasca melahirkan caesar agar selalu tersedia adalah beberapa benda yang secara tidak langsung dapat membantu dalam pasca melahirkan dan persiapan ibu menghadapi masa menyusui. Beberapa perlengkapan yang perlu diperhatikan diantaranya seperti bra dan celana dalam yang lebih longgar, bantal menyusui, dan bra menyusui yang dapat membantu memberikan kenyamanan untuk tinggal di stasiun dalam waktu secepatnya, serta breast pad.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perlengkapan ibu melahirkan caesar yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap ibu hamil dan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Kesemua daftar barang yang disebutkan diatas sebaiknya disatukan dalam satu tempat yang mudah untuk dibawa maupun agar segala bentuk perlengkapan yang memang dibutuhkan tidak tertinggal dan menjadikan perasaan ibu malah lebih tenang dalam menghadapi proses persalinan melalui jalan operasi caesar. Persiapan yang disebutkan diatas merupakan cara agar proses perawatan setelah melahirkan dapat berlangsung lebih baik.