Penyebab Jahitan Operasi Caesar Terasa Sakit Dan Cara Mengatasinya

Setelah kurang lebih 40 minggu seorang ibu menjalani masa kehamilan maka tiba saatnya untuk bayi di dalam kandungannya terlahir melalui proses persalinan. Proses persalinan yang akan dihadapi oelh setiap ibu hamil dapat berlangsung dengan dua cara yakni melalui operasi sectio caesar ataupun melahirkan normal sebagai satu proses persalinan alami. Setiap bentuk persalinan yang dihadapi ibu tentu tetap mengharuskannya siap dan membutuhkan usaha yang bahkan perlu untuk mempertaruhkan nyawanya.

Persalinan caesar menjadi salah satu proses kelahiran yang terkadang dihindari dibandingkan dengan melahirkan secara normal dikarenakan proses perawatan selama penyembuhan pasca persalinan yang lebih rumit dan lambat meskipun jalannya operasi dapat berlangsung lebih cepat dan rasa sakit yang sedikit lebih ringan serta adanya efek samping melahirkan caesar. Ibu yang menjalani operasi caesar perlu memperhatikan kondisi jahitan bekas luka agar penyembuhan dapat berjalan dengan baik dan terhindari dari berbagai macam permasalahan.

Ditengah tengah tanggung jawab ibu dalam merawat dan membesarkan bayinya, pemulihan pasca operasi caesar serta memperhatikan berbagai macam gejala yang muncul juga perlu mendapatkan perhatian khusus agar tidak muncul dampak yang berbahaya bagi kesehatan ibu. Salah satu kondisi yang sering kali menjadikan ibu khawatir tentang keadaan dari jahitan bekas luka operasi caesar tersebut adalah munculnya rasa nyeri. Dalam artikel ini, hamil.co.id akan mengulas mengenai keadaan jahitan operasi caesar terasa sakit tersebut.

Penyebab Jahitan Operasi Caesar Terasa Sakit

Kondisi jahitan operasi caesar yang terasa sakit perlu mendapatkan perhatian bagi setiap ibu dikarenakan adanya kemungkinan terjadi masalah pada bekas luka operasi tersebut. Berikut ini beberapa penyebab jahitan operasi caesar terasa sakit dari yang ringan hingga berat.

  • Terkena benda tumpul, Hal pertama yang dapat menjadi penyebab jahitan caesar terasa sakit adalah karena trauma fisik yang terjadi akibat hantaman benda disekitar ibu ketika beraktivitas. Kondisi jahitan yang masih dalam masa penyembuhan pasti akan menimbulkan rasa sakit ketika terkena trauma fisik tersebut.
  • Nyeri pasca operasi, setiap orang yang menjalani operasi tentu akan mengalami nyeri beberapa saat setelahnya hingga jahitan benar benar sembuh. Nyeri bekas operasi caesar dapat terjadi hingga 6 minggu bahkan lebih pada beberapa ibu.
  • Terbentuk adhesi, adhesi merupakan jaringan ikat yang muncul di dalam rongga perut luka sayatan di dinding perut atau yang disebut juga sebagai keloid.
  • Infeksi, adanya rasa nyeri atau sakit pada bekas jahitan operasi caesar dapat juga menjadi pertanda bahwa ada infeksi yang terjadi di daerah sekitar luka operasi maupun pada dinding rahim dan saluran kemih. Selain infeksi adanya resiko pendarahan pada daerah sekitar jahitan maupun perut bagian dalam juga dapa menyebabkan munculnya rasa sakit tersebut.
  • Jahitan yang terbuka, keadaan lain yang juga dapat menyebabkan munculnya rasa sakit pada jahitan pasca proses persalinan caesar adalah resiko terjadinya jahitan yang terbuka.

Cara Mengatasi Jahitan Operasi Caesar Yang Terasa Sakit

Beberapa penyebab yang disebutkan dan dijelaskan diatas harus menjadi perhatian bagi setiap ibu terkait kondisi luka bekas jahitannya. Agar tidak menimbulkan kondisi yang berbahaya maka ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi jahitan operasi caesar yang terasa sakit tersebut yang dapat dilakukan selama proses perawatan pasca operasi caesar diantaranya seperti dibawah ini :

  • Hindari hubungan seksual, menghindari hubungan seksual pasca operasi caesar memang wajib dilakukan oleh ibu untuk menghindari dampak berbahaya termasuk rasa sakit atau nyeri di daerah jahitan. Hubungan seksual dapat dilakukan setelah masa nifas dan ketika daerah jahitan sudah tidak sakit.
  • Konsumsi makanan sehat, menjaga nutrisi pasca persalinan caesar dapat membantu mempercepat penyembuhan dan juga mendukung aktivitas menyusui atau pemberian air susu ibu pada bayi. Ibu juga perlu menghindari beberapa makanan yang tidak sehat selama masa penyembuhan. Selain makanan sehat, makanan dengan kandungan serat tinggi juga dapat dikonsumsi ibu selama masa penyembuhan bekas operasi caesar.
  • Konsumsi obat pereda nyeri, jika kondisi sakit atau nyeri yang dirasakan sangat menganggu maka ibu dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri yang diberikan oleh dokter atau membelinya kembali jika memang sudah habis. Obat pereda nyeri hanya akan menghilangkan gejala sakit yang muncul dan tentu tidak menyembuhkan penyebabnya.
  • Istirahat yang cukup, langkah selanjutnya yang harus segera dilakukan ketika muncul rasa nyeri di daerah jahitan ibu adalah melakukan istirahat yang cukup dan menhindari aktivitas berat. Beberapa cara mengatasi rasa nyeri yang lain seperti menahan luka operasi caesar saat batuk atau ketika menarik nafas panjang. Jangan mengendong bayi terlebih dahulu hingga nyeri yang dirasakan hilang.

Jika beberapa cara mengatasi jahitan operasi caesar terasa sakit tersebut sudah dilakukan dan tidak menunjukan tanda tanda mengarah pada kondisi yang membaik tentu ibu perlu untuk segera mengkonsultasikan kondisinya dengan dokter kandungan. Dengan melakukan konsultasi tersebut maka kondisi berbahaya lain dapat dicegah secepatnya.