6 Cara Agar Melahirkan Anak Kembar Secara Normal Dengan Lancar

Setelah berhasil melakukan cara hamil anak kembar secara alami dan medis maka ibu akan melewati proses kehamilan kembar yang mendebarkan. Proses kehamilan kembar memang dianggap lebih berisiko karena tubuh ibu membawa dua janin atau lebih. Kemudian saat sudah hamil tua maka biasanya kondisi tubuh ibu menurun sehingga terkadang juga harus melahirkan secara darurat dengan caesar. Tapi ternyata proses persalinan kembar tidak harus selalu dilakukan dengan caesar, karena bisa juga terjadi dengan normal. Berikut ini adalah beberapa cara agar melahirkan anak kembar secara normal dengan lancar.

  1. Memenuhi syarat

Untuk bisa melewati cara agar melahirkan normal tidak sakit maka kondisi ibu dan bayi kembar memang harus memenuhi syarat. Hal ini karena kehamilan kembar sangat rentan dengan masalah bayi prematur. Masalah lain yang bisa menghambat proses persalinan normal seperti ibu menderita preeklampsia, pecah ketuban dini, kontraksi hebat sebelum waktunya, kelainan plasenta seperti plasenta previa dan juga abruptio plasenta dan masalah darurat lain. Jadi jika ibu ingin melewati persalinan normal sebaiknya kondisi ibu dan bayi benar-benar sehat sehingga tidak berisiko.

  1. Rencanakan dengan tenaga medis

Jika ibu ingin melakukan persalinan normal dengan bayi kembar maka buat rencana dengan dokter kandungan Anda. Pilihlah dokter dan rumah sakit yang bisa memberikan fasilitas untuk keinginan Anda. Lakukan beberapa persiapan melahirkan normal anak pertama ini dengan baik. Karena persalinan kembar memang memiliki beberapa risiko komplikasi maka ibu harus mengambil keputusan dengan tepat. Biasanya dokter tetap menyiapkan rencana persalinan lain termasuk dengan caesar dan ibu harus rela untuk menjalani ini demi kebaikan ibu dan bayi.

  1. Mengikuti kelas persalinan

Salah satu cara mengejan saat melahirkan normal memang harus dilakukan dengan baik dan mengikuti perintah dokter. Ibu bisa mempelajari persiapan ini dengan mengikuti kelas persalinan. Dalam kelas persalinan maka ibu akan dikenalkan dengan berbagai peristiwa sebelum melahirkan termasuk kontraksi dan mengatur nafas. Dengan persiapan ini maka ibu tidak kaget dan siap untuk melewati proses persalinan yang normal.

  1. Tetap aktif

Selama hamil maka ibu harus sudah menyiapkan proses persalinan normal. Cara ini bisa dilakukan dengan membuat tubuh tetap aktif. Ada banyak cara yang bisa membuat ibu bisa melakukan persalinan normal misalnya dengan senam hamil atau yoga. Dalam gerakan senam maupun yoga maka ibu akan belajar menghadapi tubuh saat akan persalinan. Jika memungkinkan maka ibu bisa melakukan gerakan lain seperti dengan berenang atau jalan kaki secara rutin. Hal yang paling penting adalah tidak melakukan gerakan ini secara berlebihan.

  1. Posisi bayi sudah turun

Selama akan melahirkan normal baik itu bayi kembar atau tunggal maka posisi bayi harus tepat ke bawah. Kepala bayi sudah masuk ke dalam rongga panggul sehingga kepala mengarah ke jalan lahir ibu. Karena itu penting untuk tetap aktif selama hamil agar posisi bayi benar-benar siap untuk dilahirkan secara normal. Jika posisi bayi sungsang maka memang sangat berbahaya untuk melahirkan bayi kembar secara normal.

  1. Menjaga kesehatan selama hamil

Langkah yang memang harus dilakukan ibu selama hamil adalah dengan menjaga kesehatan dengan baik. Ibu harus mengonsumsi makanan yang menyehatkan dan bisa membantu mengelola berat badan selama hamil. Hindari makanan yang terlalu manis karena bisa menyebabkan diabetes dan sangat berbahaya untuk ibu. Juga hindari makanan yang mengandung lemak berlebihan yang tidak baik untuk kesehatan ibu sendiri.

Itulah informasi mengenai cara agar melahirkan anak kembar secara normal dengan lancar. Setiap ibu yang hamil kembar bisa mencoba tips ini agar bisa melahirkan bayi secara normal dan tidak mengalami masalah kesehatan untuk ibu dan bayi.