11 Persiapan Melahirkan Normal Anak Pertama Sejak Trimester Ketiga

Munculnya berbagai tanda tanda akan melahirkan tentu sudah sangat dinantikan oleh ibu yang akan melahirkan anak pertama. Sepanjang kehamilan ibu sudah merasakan perkembangan janin yang sangat luar biasa. Tentu saja ini akan menjadi pengalaman yang sangat indah untuk ibu dan ayah. Tapi satu tahap terakhir kehamilan memang belum terlewati, yaitu hari persalinan. Bisa melahirkan normal memang akan menjadi dambaan semua orang tua. Tapi apa saja persiapan melahirkan normal anak pertama sejak trimester ketiga? Simak saja ulasan berikut ini.

  1. Bersiap untuk kelahiran yang alami

Sebenarnya jika ibu ingin melahirkan normal maka persiapan memang harus dilakukan sejak awal kehamilan. Ibu bisa menyambut bahwa persalinan adalah hal yang sangat alami dan tidak perlu intervensi atau tekanan dari mana saja. Karena itu ibu harus berusaha merawat diri sejak hamil. Terlebih ketika ibu masuk trimester pertama dimana kemungkinan mengalami periode morning sickness yang berat. Jadi perhatikan semua hambatan selama hamil dan atasi dengan cara yang alami untuk merawat tubuh ibu.

  1. Selalu berpikir positif

Selama hamil maka ibu juga harus selalu berpikiran positif. Kurang semua penyebab stres saat hamil yang bisa membuat ibu merasa tertekan. Kehamilan harus disadari sebagai hubungan orang tua dan anak meskipun belum pernah bertemu. Pikirkan juga bahwa bayi Anda bertahan di dalam rahim demi orang tua. Bayi juga bisa diajak berkomunikasi dan Anda bisa memilih jalan persalinan dengan bekerjasama dengan bayi Anda. Jadi pikiran ini sangat baik untuk melawan gelisah saat hamil.

  1. Persiapkan fisik dengan baik

Hal lain yang harus dipersiapkan adalah fisik yang dibutuhkan untuk melahirkan normal. Salah satu syarat bisa melahirkan normal adalah persiapan fisik yang baik dari ibu. Ibu harus memiliki tubuh yang normal sehingga ketika bayi sudah waktunya lahir maka bisa masuk ke ruang panggul dengan benar. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh ibu seperti mengikuti kelas senam hamil, jalan kaki agar mendapatkan manfaat jalan pagi untuk ibu hamil dan bahkan dengan berenang. Kebiasaan ini sangat penting untuk ibu sehingga ibu bisa memiliki tubuh yang siap melahirkan normal.

  1. Mengikuti kelas persiapan melahirkan

Saat ini memang sudah banyak sekali kelas-kelas khusus yang bisa diikuti oleh ibu hamil agar bisa mempersiapkan kelahiran normal. Biasanya kelas dibantu oleh instruktur yang memang sudah berpengalaman. Kelas akan mengajarkan untuk mengelola cara melahirkan dari dalam dan luar tubuh. Dalam latihan ini juga akan diajarkan cara untuk membentuk ikatan batin yang baik dengan bayi. Dan hal yang sangat penting adalah bahwa ibu bisa menyadari kapan waktu yang tepat untuk melahirkan.

  1. Memilih dokter dan tenaga medis yang tepat

Pada saat melahirkan maka ibu juga membutuhkan dukungan yang tepat, karena itu ibu harus menyiapkan dokter yang benar-benar mendukung ibu. Dokter atau bidan yang membantu proses persalinan yang memang tahu bahwa ibu ingin melahirkan secara normal. Kenyamanan untuk memilih dokter sesuai keinginan ibu juga bisa menyebabkan ibu bisa mengalami persalinan yang menyenangkan dan mengurangi resiko trauma.

  1. Memilih tempat melahirkan

Saat ini tempat melahirkan tidak hanya rumah sakit saja. Sudah banyak rumah sakit khusus ibu dan anak dengan tenaga medis yang lengkap, rumah bersalin milik dokter kandungan dan bahkan melahirkan di rumah dengan bantuan tenaga medis. Inilah hal yang harus dipersiapkan agar ibu bisa melahirkan dengan nyaman. Ini tidak bisa dipersiapkan secara mendadak karena ibu harus tahu lebih awal. Ibu harus benar-benar merasa nyaman dengan tempat bersalin dan tidak membuat ibu ketakutan.

  1. Bekerjsama dengan pasangan

Melahirkan bukan hanya tanggungjawab istri saja tapi juga suami. Artinya bahwa suami Anda benar-benar harus mendukung persalinan anak pertama dengan cara yang normal. Jika ibu mengikuti kelas melahirkan maka suami juga harus mengikuti. Suami harus tahu juga bahwa dukungan rasa cinta dan kasih sayang selama persalinan bisa meningkatkan hormon yang mendukung persalinan. Cara ini bisa membuat ibu benar-benar melahirkan anak pertama secara normal dan menyenangkan.

  1. Melawan ketakutan

Semua ibu hamil tentu akan mengalami rasa ketakutan yang sangat besar ketika akan melahirkan. Terlebih jika ibu memang mengalami ketakutan berlebihan terhadap prosedur medis. Nah untuk mengatasi ini maka ibu harus melawan rasa takut sejak awal. Melahirkan adalah proses yang sangat alami dengan bayi dalam kandungan. Dengan kesadaran ini maka ibu bisa melawan rasa takut. Dan proses relaksasi selama hamil seperti dengan yoga tentu akan sangat menyenangkan untuk ibu hamil.

  1. Jangan mendengarkan kisah yang menakutkan

Bedah episiotomi bisa menjadi kisah yang menakutkan untuk semua ibu hamil, terlebih ibu yang baru akan melahirkan anak pertama. Namun ibu tidak perlu khawatir karena persalinan normal tanpa bedah episiotomi juga bisa terjadi. Jadi ibu tidak perlu mendengarkan cerita-cerita yang menakutkan dan bisa membuat ibu merasa stres. Ibu hamil harus percaya pada tubuh ibu sendiri sehingga ibu bisa mengajak bayi untuk melewati proses persalinan yang indah. 

  1. Menyiapkan mental

Mental menjadi bagian penting ketika akan melahirkan. Lebih baik jika ibu juga menyiapkan mental sehingga bisa mendapatkan persalinan normal. Ada banyak cara untuk menyiapkan mental seperti dengan melakukan kegiatan bersama dengan pasangan untuk mendukung persalinan normal, berbicara dengan pasangan dan keluarga tentang ketakutan Anda dan langkah untuk menyadari jika mungkin saja tidak bisa melahirkan normal.

  1. Merencanakan persalinan Anda

Melahirkan normal memang lebih sering disebut dengan kelahiran spontan. Anda hanya menunggu sampai ciri ciri kontraksi akan melahirkan bisa muncul. Sebenarnya proses ini memang sangat alami namun Anda bisa membuat perencanaan dengan bayi Anda. Semakin lama usia kehamilan Anda maka Anda semakin dekat dengan bayi. Karena itu Anda juga harus menyadari bahwa proses persalinan secara normal memang mendapatkan peran dari bayi yang akan Anda lahirkan.

Inilah semua persiapan melahirkan normal anak pertama yang bisa Anda lakukan. Memang membutuhkan dukungan dari suami, keluarga dan tenaga medis, karena proses persalinan adalah proses yang kompleks. Anda juga bisa melakukan semua tips ini untuk bisa melewati persalinan normal yang indah.