5 Cara Mengurangi Sakit Saat Kontraksi Akan Melahirkan Paling Alami

Ketika ibu sudah mengalami beberapa ciri ciri kontraksi akan melahirkan maka sekarang waktu yang tepat untuk berangkat ke rumah sakit. Sampai di rumah sakit maka tenaga medis akan memeriksa kondisi ibu dan bayi secara keseluruhan. Kemudian ibu akan diminta untuk tinggal di rumah sakit sampai melahirkan agar semua tanda melahirkan ibu bisa dievaluasi. Hal yang sangat mengerikan adalah bahwa semakin kontraksi sering terjadi maka rasa sakit akan meningkat dan terkadang ada ibu yang tidak bisa menahannya. Namun jangan takut karena sebenarnya ada cara mengurangi sakit saat kontraksi akan melahirkan paling alami. Berikut ini langkahnya:

  1. Metode hypnobirth

Banyak ibu yang memang merasa takut saat akan melahirkan normal. Bayang bayang akan mengalami indikasi episiotomi akan terasa sangat menyakitkan. Kemudian inilah yang membuat ibu mengalami stres sehingga hormon oksitosin yang mendorong kontraksi akan terhambat. Akibatnya proses kontraksi menjadi lebih lama. Untuk mengatasi rasa takut dan sakit maka bisa mengambil langkah hipnobirth. Ibu bisa mencoba dengan melibatkan ahli yang sudah tersedia di rumah sakit. Prosesnya akan lebih mudah lagi jika sebelum melahirkan ibu sudah mengambil kelas hipnobirth.

  1. Relaksasi dengan tehnik lamaze

Kemudian cara yang bisa membuat ibu menjadi lebih santai dan tidak terlalu sakit adalah dengan melakukan relaksasi. Relaksasi dengan tehnik lamaze tidak hanya membuat ibu santai tapi juga bisa membuat proses pembukaan saat melahirkan menjadi lebih lancar. Cara ini biasanya dilakukan dengan membuat ibu mengontrol nafas selama proses pembukaan, melakukan pernafasan dengan mengikuti instruktur persalinan dan mengatasi rasa sakit secara alami. Kesadaran ibu bahwa proses persalinan adalah hal yang sangat alami juga sangat diperlukan.

  1. Tehnik akupuntur

Akunpuntur menjelang persalinan juga sangat sering dilakukan untuk mengatasi rasa sakit dan persalinan yang sulit. Efek akupuntur sendiri bisa meringankan beratnya proses persalinan terutama jika ibu baru menghadapi persalinan pertama kali. Tehnik ini biasanya dilakukan dengan menusuk jarum pada titik syaraf tertentu dimana bisa mengatasi kontraksi yang sulit, mengatasi sakit pinggang, punggung dan area panggul. Kemudian tehnik ini juga sangat baik untuk mengatasi pendarahan selama proses persalinan. Namun cara ini harus dilakukan oleh ahli sehingga tidak memicu komplikasi.

  1. Menggunakan tehnik bradley

Kemudian ibu juga bisa mencoba melakukan tehnik bradley dimana suami menjadi pendamping persalinan untuk ibu. Langkah ini dianggap yang sangat baik karena bisa membuat ibu merasa lebih nyaman. Namun cara ini sebaiknya dilakukan selama masih hamil sehingga suami dan istri bisa mendapatkan bimbingan khusus dari ahli. Kemudian saat proses persalinan maka suami menjadi tumpuan ibu untuk mengatasi rasa sakit. Suami bisa memberi pijatan dan membuat ibu tenang. Dengan pendampingan suami maka diharapkan ibu bisa melakukan cara mengejan saat melahirkan yang bisa membuat ibu melahirkan cepat.

  1. Posisi melahirkan

Kemudian langkah lain adalah dengan merubah posisi melahirkan. kebanyakan ibu melahirkan dengan tidur telentang dan kaki menghadap ke atas untuk membuat jalan lahir lebih lancar. Namun posisi ini ternyata bisa memberi efek buruk untuk perienum dan sekitarnya. Sementara ibu yang melahirkan harus mengejan seperti ketika buang air besar. Karena itu ibu bisa mencoba dengan tehnik mengejan dengan posisi jongkok. Perubahan arah tubuh ibu juga bisa menarik bayi ke bawah karena ada gaya gravitasi. Namun proses persalinan ini harus mengikuti intruksi dokter dan bidan sehingga prosesnya lebih lancar.

Nah begitu cara mengurangi sakit saat kontraksi akan melahirkan paling alami. Ibu hamil yang akan segera melahirkan bisa mempertimbangkan cara tersebut dan berkonsultasi dengan dokter kandungan yang menangani kehamilan ibu.