5 Ciri Ciri Hamil Yang Tak Terduga Pada Awal Kehamilan

Salah satu hal dalam kehidupan wanita yang paling penting dan pastinya menjadi sebuah keinginan untuk terjadi adalah proses kehamilan. Wanita yang hamil menurut masyarakat akan menjadi sosok wanita sempurna karena perannya yang akan berubah sebagai seorang ibu dari janin yang dikandungnya nanti. Bagi sebagian wanita tentu mendapatkan kehamilan tersebut merupakan suatu hal yang harus diupayakan dan diusahakan dengan tenaga yang kuat dan bahkan memerlukan modal atau materi yang tidak sedikit.

Demi memperoleh kehamilan, wanita dan pasangan resminya akan mencari cara yang tepat melalui berbagai macam usaha mulai dari yang sifatnya traditional menggunakan teknik pijatan dan konsumsi jamu tertentu atau yang lebih percaya pada program kehamilan dari rumah sakit ataupun dokter spesialis kandungan dan bahkan menjalani tindakan medis yang lebih kompleks melalui inseminasi buatan ataupun bayi tabung. Keberhasilan dari usaha yang dijalani untuk mendapatkan kehamilan tidak sepenuhnya dapat langsung terwujud tergantung dari kondisi fisik dan genetik baik wanita maupun pria juga tergantung Tuhan yang maha kuasa.

Untuk mengetahui keberhasilan seseorang wanita yang mengalami kehamilan maka dapat dilihat dari beberapa tanda kehamilan yang sudah muncul setelah berhubungan. Beberapa tanda kehamilan tersebut ada yang tampak jelas ada juga yang cukup samar dan terkadang tidak terduga sebagai salah satu perubahan fisik yang menjadi ciri wanita hamil. Berikut ini beberapa ciri ciri hamil yang tak terduga dan sering kali tidak disadari terjadi terutam bagi mereka yang tidak merencanakan kehamilan sebelumnya.

  1. Sering buang air kecil

Kondisi atau ciri hamil pertama yang mungkin sering tidak disadari sebagai salah satu pertanda kehamilan adalah keadaan wanita yang sering buang air kecil. Kondisi sering buang air kecil merupakan salah satu tanda kehamilan yang tidak pasti sehingga sebagian wanita pasti tidak mencurigainya sebagai salah satu keadaan yang menunjukan adanya proses kehamilan di dalam rahim. Keadaan wanita yang sering buang air kecil tersebut merupakan bentuk reaksi dari adanya perubahan di dalam rahim.

  1. Sembelit 

Kondisi sembelit atau konstipasi dapat terjadi pada semua orang dan tentu tidak menjadi sebuah hal yang diduga sebagai tanda atau ciri ciri awal wanita hamil. Kondisi sembelit lebih umum disadari sebagai salah satu pertanda gangguan pencernaan yang menjadikan seseorang kesulitan dalam buang air besar atau kondis feses yang mengeras akibat beberapa hal salah satunya kurangnya serat dalam tubuh. Pada wanita hamil, sembelit tidak terjadi akibat adanya gangguan pada pencernaan secara langsung melainkan karena adanya perubahan hormon progesteron yang meningkat selama proses kehamilan.

  1. Perubahan mood

Salah satu akibat dari perubahan hormonal yang terjadi selama proses kehamilan adalah keadaan dimana seorang wanita hamil akan sangat mudah mengalami perubahan perasaan atau mood swing. Kondisi mood swing ini sering kali tidak menjadi tanda kehamilan yang di duga karena pada saat wanita mengalami masa menstruasi keadaan mood swing ini juga akan terjadi. Selain mood swing wanita hamil juga akan lebih peka terhadap bau yang mungkin tidak terlalu diperhatikan.

  1. Mudah lelah

Mudah lelah menjadi salah satu hal yang dapat dirasakan pada beberapa wanita hamil terutama di masa awal kehamilan akibat proses yang terjadi pada daerah rahim. Mudah lelah mungkin tidak menjadi suatu hal yang disadari sebagai tanda kehamilan dibandingkan kondisi morning sickness yang lebih banyak dirasakan oleh wanita hamil. Kondisi mudah lelah atau sering kelelahan yang terjadi pada wanita hamil disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya perubahan hormonal, penurunan kadar gula darah dan penurunan tekanan darah pada awal awal kehamilan. Kondisi mudah lelah biasanya tidak hanya dirasakan pada awal kehamilan namun juga berlangsung hingga mendekati proses persalinan nantinya.

  1. Permasalahan pada daerah perut

Pada beberapa orang, mengalami masa perut seperti perut kembung, perut bergas, perut yang kram, dan kondisi lainnya sebagai sebuah permasalahan yang umum terjadi akibat berbagai hal seperti konsumsi makanan tertentu. Masalah yang terjadi pada perut tersebut dapat bertindak sebagai salah satu ciri ciri hamil yang tak terduga yang mungkin tidak disadari oleh setiap wanita karena sudah biasa terjadi oleh sebab yang bukan karena proses kehamilan. Permasalahan pada daerah perut selama proses kehamilan tersebut akan banyak terjadi di bulan awal hamil akibat perubahan hormonal dan proses implantasi di dalam rahim.

Itulah beberapa ciri ciri hamil yang tak terduga yang mungkin tidak pernah disadari oleh semua wanita dikarenakan kondisi yang disebutkan diatas bisa dialami pada saat tidak hamil sekalipun. Beberapa ciri yang disebutkan diatas sebagian besar diakibatkan oleh adanya perubahan hormonal yang terjadi secara drastis pada awal awal kehamilan. Ketika kondisi yang terjadi diatas berlangsung cukup lama dan tidak pernah diketahui sebabnya maka setiap wanita perlu melakukan pemeriksaan kehamilan untuk mengetahui apakah memang ciri yang ada menunjukan adanya proses kehamilan di dalam rahim.