7 Cara Tes Kesuburan Pria Secara Alami Paling Akurat

Adanya beberapa ciri-ciri pria mandul pasti akan menyebabkan masalah dalam rumah tangga. Terkadang banyak pria yang tidak mau melakukan pemeriksaan karena perasaan malu dan sungkan. Sementara itu wanita memiliki prioritas yang lebih besar untuk melakukan tes kesuburan. Padahal tes untuk wanita jauh lebih tidak nyaman dibandingkan pada pria. Lalu jika tidak ingin melakukan tes secara medis maka bisa memilih cara yang lebih alami. Berikut ini adalah berbagai cara tes kesuburan pria secara alami paling akurat.

  1. Cek penis setiap pagi

Pengaruh hormon pada pria memang sangat penting. Hormon reproduksi seperti Luteinizing Hormone (LH), Follicle Stimulating Hormone (FSH), testosteron dan estrogen memang memiliki peran yang berbeda-beda. Produksi hormon kesuburan yang baik akan membuat penis pria bisa mengalami ereksi secara alami setiap pagi. Kemampuan ereksi alami inilah yang bisa menentukan subur atau tidak. Adanya masa subur pria yang tidak terbatas waktu akan membuat pria memiliki ereksi pria yang sehat.

  1. Cek pembuluh darah pada penis

Setiap pria bisa melakukan pemeriksaan penis mandisi. Pemeriksaan dilakukan dengan melihat adanya pembuluh darah yang terlalu besar dan sakit jika ditekan atau disentuh. Salah satu hal yang membuat penyebab sulit hamil dari pria adalah ketika pria menderita varikokel. Kelainan pada sistem syaraf dan pembuluh darah pada area ini bisa menyebabkan tidak subur.

  1. Kondisi air mani

Kualitas air mani juga bisa menentukan apakah seorang pria subur atau tidak. Pria bisa melakukan cara tes ini sendiri. Jika air mani berwarna putih, keabuan dan abu cerah maka itu tanda subur. Tapi jika air mani sangat cerah dan kekuningan maka itu adanya tanda tidak subur. Jika sudah mengalami masalah ini maka bisa mencoba mengkonsumsi makanan untuk kesuburan pria agar masalah kesuburan teratasi.

  1. Bentuk perut yang sehat

Pria yang subur dan sehat juga bisa terdeteksi dengan kondisi perut. Jika bagian perut dan pinggang tidak memiliki banyak lemak maka bisa dikatakan kondisi subur. Ini karena bagian reproduksi mendapatkan aliran darah yang cukup sehingga sperma juga lebih sehat. Tapi jika perut sangat besar dan pinggang memiliki banyak lemak maka bisa jadi itu tanda tidak subur. Jika sudah menikah maka akan sulit hamil meskipun berhubungan saat sudah ada tanda tanda ovulasi.

  1. Lihat wajahnya

Pria yang subur sangat identik dengan wajah yang bersih, tidak terlalu berotot dan memiliki rambut yang cukup lebat di wajah. Sementara itu pria yang kurang subur biasanya memiliki bentuk wajah yang sangat kekar dan banyak otot. Akhirnya semua bagian energi dan otot di bagian tubuh bisa lebih bekerja keras dibandingkan pada organ reproduksi.

  1. Lihat dari suaranya

Saat pria memiliki hormon testosteron yang cukup maka suara akan terlihat sedang-sedang saja. Sementara pria yang memiliki suara terlalu tinggi biasanya memiliki kadar hormon kesuburan yang rendah. Namun semua perkembangan suara ini bisa dilihat dari tanda ketika bersuara.

  1. Kondisi air mani

Pria yang mengeluarkan air mani terlalu encer sangat berhubungan dengan kondisi tidak subur. Kondisi ini sangat berhubungan dengan jumlah sperma, kualitas sperma dan gerakan sperma dalam air mani. Sementara jika air mani menggumpal saat dibiarkan di suhu udara maka artinya banyak sperma dalam air mani tersebut dan rata-rata berkualitas.

Jadi begitu cara tes kesuburan pria secara alami paling akurat. Setiap pria bisa memiliki kondisi yang berbeda. Karena itu pemeriksaan medis tetap diperlukan setelah melakukan tes alami ini.