Kenali Manfaat Jalan Kaki Untuk Bayi Sungsang

Moms, kali ini tim hamil.co.id akan coba untuk mengajak anda, mengenali manfaat jalan kaki untuk bayi sungsang. Sering dong denger dokter, temen, atau saudara-saudara kita yang menyarankan bumil buat jalan kaki sering-sering? Katanya sih bisa membantu memperlancar proses kelahiran, termasuk mengatasi bayi sungsang.

Normalnya sih, saat kehamilan memasuki trimester ketiga posisi kepala bayi ini akan berada di posisi terendah, yakni dekat panggul mendekati jalan lahir. Namun acapkali posisi bayi ini tidak sesuai dengan posisi normal atau disebut juga dengan sungsang.

Well, bayi sungsang nampaknya merupakan masalah yang kerap kali dialami ibu hamil ya moms? Sungsang atau posisi sungsang sendiri adalah kondisi dimana bayi dalam rahim ibu berada dalam posisi yang terbalik. Posisi kepala bayi berada di atas, sehingga jika proses kelahiran normal maka kaki dan atau pantat bayi yang akan keluar terlebih dahulu.

Bahaya gak sih moms? Posisi ini tentu cukup berbahaya karena dapat meningkatkan risiko yang dihadapi baik bagi si ibu dan juga bayi moms. Apalagi jika moms sangat menginginkan proses kehamilan dan proses kelahiran berjalan dengan cara normal.

Ada banyak hal sebenarnya yang menyebabkan bayi dalam posisi sungsang :

  • Sempitnya ruang panggul, sehingga janin terdorong untuk mengubah posisi menjadi sungsang
  • Rahim yang terlalu elastis, khususnya pada ibu hamil yang pernah mengandung sebelumnya, sehingga kecenderungan janin berputar hingga minggu ke-37 sd 38 masih mungkin terjadi.
  • Hamil bayi kembar sangat mungkin meningkatkan posisi sungsang, karena kedua janin berebut posisi sehingga salah satu atau keduanya mungkin berputar sehingga tidak berada pada posisi normal

Anda juga perlu mengenali penyebab pertumbuhan janin tidak normal yang mungkin bisa saja terjadi pada anda.

Nah moms, salah satu cara untuk mengatasi posisi sungsang ternyata cukup mudah loh. Meskipun tidak 100% bisa langsung memperbaiki posisi tersebut, namun jalan kaki ternyata dapat membantu janin berada pada posisi normal sebelum kelahiran.

Jalan kaki juga termasuk olahraga yang tidak terlalu melelahkan, cukup lakukan jalan kaki selama kurang lebih 20 menit. Ibu hamil memang selalu disarankan untuk rajin jalan kaki setiap hari. Selain baik bagi janin juga baik bagi jantung dan kesehatan ibu hamil.

Gerakan saat jalan kaki inilah yang kemudian memacu atau mendorong janin untuk memperbaiki posisinya. So, moms jangan malas untuk bergerak ya saat hamil, karena ternyata jalan kaki saja sudah dapat membantu proses kehamilan dan persalinan anda. Ingat juga bahwa kesehatan ibu hamil dapat berpengaruh terhadap perkembangan janin loh.

Selain jalan kaki, anda juga dapat melakukan aktivitas lainnya untuk mencegah bayi sungsang. Contohnya dengan melakukan posisi sujud tertelungkup selama kurang lebih 3 menit setiap harinya. Anda juga dapat mengikuti senam yoga ibu hamil (prenatal yoga) yang memiliki gerakan-gerakan khusus ditujukan untuk membantu ibu hamil lancar ketika persalinan tiba.

Aktivitas olahraga seperti berenang juga bisa digunakan untuk memperbaiki bayi sungsang loh moms. Gerakan berenang ternyata dapat memperkuat rahim serta menahan kepala bayi agar dapat melahirkan secara normal. Lakukan kegiatan berenang 3 kali seminggu, atau sesuai dengan rekomendasi dokter, agar anda dapat menikmati manfaatnya saat hamil. Kenali pula aktivitas berbahaya untuk ibu hamil dan larangan ibu hamil agar kandungan tetap sehat.