5 Penyebab Anak Bicara Gagap Yang Perlu Diperhatikan Oleh Orang Tua

Anak merupakan sebuah harga yang paling berharga di dunia ini menurut seorang ibu. Memiliki anak juga merupakan sebuah tujuan mendasar untuk melanjutkan keturunan melalui pernikahan resmi. Dalam prosesnya, mendapatkan anak melalui proses kehamilan bukan perkara yang mudah dan terkadang membutuhkan usaha yang berat baik secara fisik maupun mental. Perjuangan dalam proses mendapatkan keturunan akan terus berlanjut mulai dari seorang ibu hamil menunjukkan tanda tanda kehamilan hingga proses persalinan yang akan dihadapinya dengan mempertaruhkan nyawa.

Tanggung jawab dan tugas orang tua terutama ibu tidak akan berhenti selepas proses persalinan bayinya namun akan berlanjut untuk membesarkannya hingga dewasa dan mandiri kelak. Setiap ibu selalu menginginkan yang terbaik dari anaknya dalam hal pertumbuhan dan perkembangan serta sangat tidak mengharapkan munculnya gangguan tumbuh kembang anak yang dapat berpengaruh hingga dewasa. Karena hal tersebut itulah, setiap orang tua memiliki peran penting dalam perkembangan bayi ataupun anaknya mulai dari perkembangan fisik maupun perkembangan mental.

Dalam artikel ini, hamil.co.id akan membahas mengenai salah satu permasalahan atau salah satu diantara macam macam kelainan pada anak yang dapat muncul dalam proses tumbuh kembang anak yakni kondisi anak yang berbicara gagap. Gagap merupakan gangguan bicara yang dapat dilihat melalui tanda adanya permasalahan pada kelancaran bicara sesorang. Kondisi gagap yang terjadi pada anak sebenarnya merupakan fase normal dari proses belajar bicara pada anak. Namun keadaan tersebut menjadi masalah jika gagap terjadi hingga anak menjadi dewasa.

Anak yang menderita gagap akan mengalami gangguan dalam proses komunikasinya dengan orang lain. Penderita gagap akan mengalami kesulitan dalam mengungkapkan apa yang mereka ingin sampaikan. Kondisi gagap ditandai dengan seorang anak yang akan memanjangkan atau mengulang suatu kata ketika berbicara dan terkadang sulit mengeluarkan suku kata tertentu. Berikut ini beberapa penyebab anak bicara gagap dan penjelasannya yang harus diketahui oleh para orang tua terutama ibu.

  1. Gangguan kendali motorik 

Penyebab anak bicara gagap yang pertama adalah karena adanya gangguan kendali motorik. Kendali motorik dalam tubuh salah satunya berfungsi sebagai pengendali gerak mulut dan gerak lidah dalam proses bicara sehingga dapat menghasilkan suara dengan susunan kata kata tertentu. Gangguan kendali motorik bicara yang membuat anak menjadi gagap dalam berbicara adalah karena gangguan pada koordinasi motorik dan sensorik organ bicara, serta pengaruran tempo ketika berbicara. Kondisi gagap yang terjadi pada anak akibat gangguan motorik ini bisa beresiko terjadi secara permanen sehingga membutuhkan upaya terapi bicara dalam pengatasannya.

  1. Pengaruh teman atau kerabat yang gagap

Kondisi lainnya yang juga dapat menyebabkan anak bicara gagap adalah karena adanya pengaruh dari anak lain disekitar lingkungan hidupnya. Seorang anak secara alamiah akan belajar terhadap sesuatu dengan cara menirunya. karena hal tersebut, jika ada orang lain yang berbica gagap maka ada resiko seorang anak mengikutinya sehingga ikut berbicara secara gagap. Untuk mencegah penyebab tersebut maka sebaiknya orang tua memberikan perhatian khusus dengan cara mengajarkan cara berbicara secara benar dan berinteraksi lebih lama tanpa harus menghindarkan anak untuk bermain bersama dengan anak lain yang bertindak sebagai penderita gagap bicara.

  1. Pengaruh kondisi trauma fisik maupun mental

Penyebab anak bicara gagap selanjutnya adalah karena adanya pengaruh dari kondisi trauma yang pernah dirasakan oleh anak baik berupa fisik maupun mental. Secara medis, ada sedikit bukti bahwa gagap pada anak dipicu adannya trauma secara fisik maupun mental. Kondisi trauma tersebut dapat muncul karena anak dipaksa untuk cepat belajar berbicara sehingga memicu kesulitan dalam merangkai kata akibat ketahutan akan kesalahan. Kondisi trauma emosional yang paling berpengaruh terhadap terjadinya keadaan dimana anak menjadi berbicara secara gagap.

  1. Kondisi kesehatan tertentu

Penyebab lainnya yang juga merupakan salah satu pemicu terjadinya keadaan dimana anak menjadi berbicara secara gagap yakni adanya kondisi gangguan kesehatan tertentu. Beberapa kondisi gangguan kesehatan yang dapat memicu terjadinya keadaan dimana anak berbicara secara gagap seperti stroke, trauma atau cedera pada otak, serta beberapa gangguan lainnya.

  1. Adanya faktor pemicu gagap pada anak

Selain beberapa penyebab yang sudah dijelaskan diatas, ada faktor resiko yang juga dapat mempengaruhi terjadinya gagap pada anak. Beberapa faktor pemicu tersebut diantaranya seperti berjenis kelamin laki laki, anak yang memiliki kondisi gangguan tumbuh kembang anak, faktor genetika, dan adanya harapan terlalu tinggi pada anak terhadap perilaku dan keadaan pada anak.

Beberapa penyebab anak bicara gagap diatas ada yang bisa dihindari secara langsung namun ada juga yang tidak dapat dihindari sehingga memburuhkan upaya pengatasan. Jika kondisi gagap terjadi cukup parah pada anak maka ia membutuhkan terapi bicara yang disesuaikan dengan kondisi maupun kebutuhan penderita gagap dan akan dilakukan oleh seorang ahli terapi wicara. Gagap yang terjadi pada seorang anak merupakan salah satu pertanda dari syndrom fragile X yang sebaiknya dipahami oleh orang tua.