9 Vitamin Anak 10 Bulan untuk Menambah Nafsu Makan

Masa perkembangan bayi sangatlah penting. Asupan bayi sejak lahir dapat memengaruhi tumbuh kembangnya ketika akan memasuki masa anak-anak. Secara umum, bayi yang dari 0-9 bulan masih menggunakan ASI sebagai makanan utamanya. Saat usia bayi sudah mencapai 10 bulan, biasanya sudah mulai ditambahkan dengan makanan pendamping.

Permasalahan lainnya adalah ketika bayi susah diberi makanan pendamping. Biasanya hal tersebut terjadi karena bayi masih “asing” dengan rasa makanan tersebut. Oleh sebab itu, salah satu cara agar bisa menaikan nafsu makan bayi adalah dengan memberinya vitamin khusus. Untuk mengetahui apa saja vitamin yang cocok untuk bayi 10 bulan, berikut ulasannya.

1. Thiamin

Bagian pertama yang harus Anda perhatikan adalah Thiamin atau kita kenal dengan Vitamin B1. Vitamin ini sangat penting untuk bayi agar nafsu makannya bisa bertambah. Selain untuk nafsu makan, Thiamin ini juga bisa digunakan untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Dengan begitu, bayi juga dapat berkembang lebih cepat.

Untuk bisa mendapatkan vitamin B1 ini, cukup berikan sumber makanan yang sering digunakan sehari-hari. Contohnya seperti telur, daging, nasi, kentang, sayur-sayuran seperti kembang kol, buah-buahan seperti jeruk, dan kacan-kacangan. Untuk diberikan pada bayi perlu dihaluskan terlebih dahulu.

2. Asam Folat

Vitamin selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah Asam folat atau dalam istilah medis sering disebut sebagai vitamin B9. Vitamin ini juga berperan untuk pembentukan DNA, RNA serta berbagai sel-sel baru pada tubuh. Selain itu, vitamin B9 ini memiliki manfaat lainnya, yakni untu memecah karbohidrat dan juga lemak di dalam tubuh menjadi energi. Hal tersebut juga dapat berdampak pada peningkatan metabolisme dalam tubuh.

Secara otomatis nafsu makan akan bertambah jika sistem metobilesme tubuh baik. Hal ini juga sebaliknya, jika sistem metabolisme menurun, maka nafsu makan pun akan ikut turun. Beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat adalah susu, telur, makanan laut, hati sapi, sayuran hijau seperti brokoli, batam, selada, berbagai buah-buahan dan juga biji-bijian.

3. Nordic Natural

Jika sebelumnya adalah jenis vitamin dalam berbagai makanan, maka pada poin ini, kita akan beralih ke jenis suplemen vitamin. Jenis vitamin ini dapat membantu bayi dalam meningkatkan kecerdasannya. Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam Nordic Natural ini adalah DHA dan juga Vitamin D3. Untuk bisa mendapatkan suplemen ini, Anda bisa membelinya ditoko obat ataupun membelinya secara online.

4. Vitabumin

Jenis suplemen vitamin selanjutnya adalah Vitabumin. Suplemen ini dapat meningkatkan rasa lapar bayi sehingga dia akan merasa ingin makan terus menerus. Namun, Anda jangan khawatir karena fungsi Vitabumin tidak hanya untuk itu saja. Manfaat lainnya adalah dapat membantu bayi mencapai pertubuhan yang signifikan. Suplemen ini sangat cocok dipakai sebagai cara mengatasi bayi susah makan.

5. Curcuma plus

Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar suplemen satu ini. Suplemen ini merupakan salah satu merk vitamin untuk anak susah makan. Suplemen yang berbentuk sirup ini juga dapat digunakan sebagai vitamin penambah nafsu makan untuk anak. Untuk bisa mendapatkan suplemen ini, Anda bisa pergi ke toko obat atau memesannya secara online.

6. Vitamin C

Salah satu vitamin populer ini juga sangat dibutuhkan oleh bayi. Kandungan Vitamin C dapat membantu Anak agar berat badannya bisa bertambah. Selain untuk meningkatkan berat badan, Vitamin C ini juga berperan dalam menambah daya tahan tubuh bayi sehingga dia akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang. Sumber utama Vitamin C yang kita ketahui adalah jeruk. Akan tetapi, selain jeruk, masih ada sumber lainnya seperti jenis buah berry-berryan.

7. Vitamin E

Mungkin Anda pernah mendengar atau membaca bahwa manfaat vitamin E adalah untuk kecantikan kulit saja. Namun, untuk bayi, vitamin E sangat bermanfaat untuk penambahan berat badannya. Berat badan bayi yang tidak bertambah tentunya sangat mengkhawatirkan karena berpengaruh terhadap perkembangan bayi itu sendiri. Sumber Vitamin E bisa didapatkan di berbagai buah-buahan seperi alpukat atau tomat.

8. Vege Blend 21 Jr

Suplemen makanan yang mengandung sayuran alami bisa Anda dapatkan di produk ini. Manfaat Vege Blend 21 Jr adalah dapat meningkatkan berat badan bayi sehingga bisa mencapai berat badan ideal. Cara memberikan suplemen ini pun cukup unik, yakni Anda dapat memasukannya pada makanan pendamping ASI. Anda tidak perlu khawatir rasanya akan berubah karena suplemen ini tidak akan mempengaruhi rasa makanan. Dengan begitu, bayi pun tidak akan menyadarinya.

9. Gizidat

Suplemen dalam bentuk sirup ini bisa menjadi jenis vitamin terakhir yang bisa Anda berikan pada bayi. Kandungan Gizidat adalah madu dan juga ekstrak ikan zidat yang ditambah dengan prebiotik. Dengan begitu, berat badan bayi bisa bertambah dan kesehatannya bisa lebih terjaga.

Itulah 9 Vitamin anak 10 bulan untuk menambah nafsu makan. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat.