6 Cara Membiasakan Bayi Tidur Tanpa Digendong Dan Tidak Menangis

Bayi yang baru lahir memang terlihat sangat menggemaskan. Dan karena itulah banyak orang tua yang memanjakan bayi mereka. Salah satu caranya adalah dengan terus menerus menggendong bayi, terutama ketika bayi akan tidur. Memang ada banyak manfaat menggendong bayi namun kebiasaan ini juga tidak cukup baik. Ketika bayi sudah terbiasa digendong saat akan tidur maka sulit bagi bayi untuk tidur sendiri. Akhirnya bayi tidak mau diletakkan sama sekali. Ini akan sangat merepotkan orang tua. Lalu bagaimana cara membiasakan bayi tidur tanpa digendong dan tidak menangis.

  1. Cobalah lebih awal

Membiasakan bayi untuk mandiri sejak kecil memang sangat baik. Anda perlu menerapkan aturan ini dari sejak bayi masih kecil atau sejak lahir. Caranya adalah dengan cara membedong bayi yang benar kemudian letakkan bayi di atas tempat tidur. Berikan tepukan ringan agar bayi merasa nyaman. Kurangi intensitas tepukan sehingga itu menjadi tanda bagi bayi sebagai waktu untuk tidur sendiri. Dengan cara ini maka bayi terbiasa tidak digendong.

  1. Beri ASI yang cukup

ASI menjadi minuman dan makanan utama untuk bayi. Anda harus mencoba untuk memberikan ASI sehingga bayi Anda merasa puas. Ada banyak manfaat ASI untuk bayi dan salah satunya adalah bisa menenangkan perut bayi. Ketika bayi sudah menerima ASI yang cukup maka perut mereka menjadi lebih nyaman. Biarkan bayi tidur setelah berdahak sehingga perut bayi sangat nyaman. Saat itu biasanya bayi akan mengantuk dan akhirnya tidur sendiri.

  1. Kenali waktu bayi tidur

Saat bayi sudah sangat mengantuk maka ini bisa menjadi  penyebab bayi rewel. Ketika bayi sudah menunjukkan tanda ini maka sebenarnya bayi Anda sudah tidak bisa diajak bercanda atau bermain lagi. Segera bawa bayi ke tempat tidurnya. Kemudian berikan tepukan atau usapan lembut pada tubuh bayi. Bayi Anda secara alami akan tahu bahwa tangan Anda yang paling nyaman. Dengan begitu biasanya bayi akan mulai tidur. Jangan meninggalkan bayi sampai bayi benar-benar nyaman dan tidur nyenyak.

  1. Biasakan dengan box bayi

Salah satu keuntungan penggunaan box bayi adalah untuk membantu bayi bisa tidur dengan baik dan nyaman. Anda bisa mencoba untuk membuat box bayi menjadi lebih nyaman. Hindari meletakkan bantal dan selimut yang banyak karena itu bisa berbahaya untuk bayi. Segera tidurkan bayi ketika bayi sudah sangat mengantuk dan tidak nyaman lagi. Letakkan dalam box bayi dan usap kepala bayi dengan lembut.

  1. Tidak terbiasa digendong terus

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang tua adalah ketika mereka terus menerus menggendong bayi. Bahkan hanya untuk membuat bayi lebih tenang saja. Namun ternyata ini kebiasaan yang buruk karena bayi akan merasa ingin terus digendong. Jadi usahakan untuk menenangkan bayi dengan memberi tepukan ringan. Berikan juga nasehat yang lembut karena bayi Anda sudah bisa menerima informasi meskipun belum bisa bicara.

  1. Tahu kapan saat menyusui dan tidur

Kebiasaan lain yang sangat buruk dan sering dilakukan oleh orang tua adalah selalu memberikan ASI sampai bayi tertidur pulas. Memang kebiasaan ini tidak dilarang tapi jika terus dilakukan maka bayi tidak bisa membedakan kapan harus tidur dan kapan bisa menerima ASI. Untuk itu Anda bisa mencoba untuk fokus memberikan ASI saja, kemudian baru menidurkan bayi.

Nah itulah berbagai cara membiasakan bayi tidur tanpa digendong dan tidak menangis. Setiap orang tua bisa mencoba beberapa kebiasaan yang baik ini sehingga merawat bayi tidak akan terasa merepotkan.