6 Tips Memilih Anting Bayi Yang Aman Dan Nyaman

Ibu sebagai sosok orang tua bagi bayi tentu bertanggung jawab penuh terhadap perkembangan dan pertumbuhannya. Dalam tanggung jawabnya tersebut, setiap ibu harus mengusahakan beberapa hal yang dapat membantu bayi untuk berkembang secara baik dan terhindar dari berbagai macam bentuk gangguan tumbuh kembang anak atau bayi. Peran orang tua terutama ibu memang sangat besar dalam menjaga perkembangan bayi selalu pada keadaan yang seharusnya sesuai dengan usianya.

Beberapa bentuk peran orang tua dalam menjaga kondisi bayi diantaranya seperti melakukan imunisasi untuk menjaga kesehatan bayi dari penyakit berbahaya, memenuhi kebutuhan nutrisi bagi bayi, menjaga kebersihan bayi, serta mempersiapkan segalam bentuk kebutuhan bagi bayi baik sebelum terlahir maupun selepasnya. Terkait dengan kebutuhan yang diperlukan oleh bayi, setiap jenis kelamin yang berbeda pada bayi tentu memiliki kebutuhan akan barang atau hal lainnya yang pasti tidak sama.

Dalam menentukan benda apapun yang akan digunakan pada bayi tentu haruslah memperhatikan keamanan dan efek buruknya yang paling kecil. Untuk bayi berjenis kelamin wanita, anting merupakan kebutuhan yang diperlukan dan bahkan bayi wanita harus ditindik sejak kecil. Menentukan anting tentu tidak boleh sembarangan dan pastinya harus memperhatikan beberapa hal. Berikut ini beberapa tips memilih anting bayi yang benar dan tetap tanpa menyebabkan dampak buruk bagi kondisi bayi perempuan tersebut.

1. Pilih bahan anting yang berkualitas

Hal utama yang harus selalu diperhatikan terkait dengan barang yang dipasang pada badan bayi adalah kualitasnya termasuk ketika memilih anting. Anting bagi bayi biasanya merupakan perhiasan yang terbuat dari emas. Agar anting tersebut tidak memberikan efek negatif bagi bayi maka pastikan anting yang dipilih memiliki kualitas yang baik.  Kualitas anting yang buruk dapat memperbesar resiko terjadinya efek negatif pada daun telinga dari bayi.

2. Ukuran anting jangan terlalu besar

Selain kualitasnnya, ukuran dari anting yang akan diberikan kepada bayi merupakan hal yang harusnya menjadi perhatikan utama. Hal ini disebabkan karena bagian daun telinga bayi yang masih rawan dan rentan sehingga sebaiknya tidak diberikan anting yang terlalu berat demi mencegah adanya efek negatif jika anting yang digunakan terlalu besar. Ibu lebih baik memberikan anting yang kecil namun memiliki kualitas baik ketimbang memilih anting besar namun kualitas emasnya kurang baik.

3. Pastikan pengunci dari anting tersebut aman untuk bayi

Pengunci merupakan bagian penting yang harusnya diperhatikan dengan baik oleh setiap ibu dalam tips memilih anting bayi agar aman dan nyaman. Ibu hamil sebaiknya memilih bagian pengunci yang tidak mudah dilepas sendiri baik sengaja maupun tidak olah bayi. Lepasnya anti bukan hanya mendatangkan kerugian namun juga berbahaya ketika tertelan. Bentuk pengunci yang cocok untuk bayi dan anak anak adalah bentuk screw back dimana untuk membukanya harus memutar terlebih dahulu, serta safety back atau pengunci yang harus ditekan untuk dapat lepas. Jika anting hilang, pastikan tidak ada gejala anak menelan benda asing.

4. Perhatikan kenyamanan bagi bayi

Anting bagi wanita dewasa merupakan perhiasan wajib yang digunakan untuk mempercantik penampilan. Fungsi tersebut tentu kurang untuk bayi karena belum adanya ego kecantikan pada bayi. Ibu sebaiknya lebih mementingkan kenyamanan dari bayi saat menggunakan anting ketimbang memilih anting dengan bentuk dan ornamen kekinian akan tetapi kurang nyaman digunakan oleh bayi. Ketidak nyamanan bayi bisanya terlihat dari respon tangan bayi yang terus mencoba mencabut anting yang sudah di pasang.

5. Pilih anting yang memang khusus untuk bayi

Kebutuhan anting yang digunakan untuk bayi menjadikan peluang yang ditangkap oleh para produsen perhiasan menyediakan jenis anting yang memang khusus digunakan untuk bayi. Agar anting yang digunakan memiliki kualitas dan tingkat keamanan yang terjaga maka pastikan jenis anting yang dipilih memang khusus digunakan untuk bayi. Dengan produk anting khusus tersebut maka tentunya jaminan keamanan lebih bisa dapat dipercaya dengan baik.

6. Beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan

Selain tips memilih anting bayi yang disebutkan diatas, masih ada beberapa hal lain yang juga sebaiknya diperhatikan orang tua ketika memilh anting untuk bayinya. Beberapa hal penting tersebut diantaranya seperti rutin mengecek kondisi daun telinga bayi saat menggunakan anting apakah ada resiko alergi atau tidak, perhatikan kebersihan anting sebelum digunakan, tanyakan kepada dokter atau tenaga medis lain jenis pilihan anting yang memang aman untuk bayi.

Itulah beberapa penjelasan yang dapat dipahami mengenai tips memilih anting bayi secara tepat sehingga tidak memberikan dampak negatif bagi daun telinga bayi maupun fisik lainnya secara langsung. Setiap barang yang digunakan pada bayi memang harus diperhatikan mengingat kondisi tubuhnya yang masih sangat rentan serta sensitif mengalami masalah dibandingkan dengan orang dewasa. Dalam penggunaan anting, perhatikan ada tidaknya ciri ciri anak alergi kulit yang ditunjukan oleh bayi sehingga tidak perlu menggunakannya lagi jika memang ada.