9 Cara Mencuci Botol Susu Bayi yang Benar dan Steril

Bayi merupakan aset berharga, terlebih bagi seorang ibu. Bayi harus selalu dijaga kesehatannya. Untuk menjaga kesehatan bayi, yang paling berperan utama adalah orang tua. Orang tua harus selalu memperhatikan kesehatan bayi. Selain itu orang tua juga harus menjaga kebersihan bayi, baik itu kebersihan badan, makanan, maupun peralatan- peralatan bayi. Sayang kadang ada orangtua bayi yang teledor dengan peralatan bayinya sehari hari. Salah satunya adalah botol susu. Ada orangta yang tidak tahu bagaimana cara mencuci botol susu bayi dengan benar. ( Baca : Cara membersihkan kulit kepala bayi lahirTips menyusui bayi di tempat umum )

Untuk mendapatkan botol susu yang benar- benar bersih dan higienis, maka botol susu ini perlu cibersihkan dengan cara khusus. Untuk pembersihan botol susu ini adalah dengan cara dicuci seperti kebanyakan alat makan. Namun, pencucian botol susu ini yang memerlukan teknik khusus atau teknik tertentu. Pencucian botol ini tidak sama dengan mencuci perabotan rumah tangga lainnya. Berikut adalah cara mencuci botol susu bayi agar bersih dan higienis:

  1. Menggunakan Sabun

Cucilah atau bersihkanlah tangan Anda degan sabun hingga bersih sebelum mencuci botol susu bayi.

Baca : Perkembangan organ tubuh bayi setelah lahirFlu saat hamilHerpes zoster pada ibu hamil

  1. Lepaskan Semua Bagian Botol

Lepaskan seluruh bagian dari botol susu dan tuangkan sedikit cairan pembersih pada setiap bagian botol susu. Kemudian tambahkan sedikit air agar mempermudah proses pencucian ini. perlu diketahui bahwa cairan pembersih yang digunakan adalah cairan pembersih khusus.

Baca : Cara agar balita tidak mudah sakitPerkembangan bayi 11 bulanCara mencegah diare pada bayi

  1. Mulai dari Bagian Dasar Botol

Bersihkan botol, dimulai dari membersihkan bagian dasar botol susu dengan menggunakan sikat yang berbulu halus, dengan gerakan yang memutar. Kemudian bersihkan sisi- sisi botol dengan menggerakkan sikat dengan gerakkan naik- turun. Kemudian lanjutkan dengan membersihkan bagian bibir botol. Jika diperlukan, gunakan sikat kecil yang dapat menjangkau setiap celah dari tutup botol agar bisa lebih detail dan terjangkau semua secara penuh.

  1. Bersihkan Bagian Dot

Setelah selesai membersihkan bagian badan botol, selanjutnya bisa dilanjutkan dengan membersihkan bagian dot. Untuk membersihkan bagian dot ini gunakanlah sikat yang kecil agar dapat menjangkau seluruh bagian dari gelang dot ini, terutama di bagian dalam dot yang yang terkadang sering terlupakan. Lalu, bersihkan dot dengan sikat yang sama. Pada tahap ini pastikan tidak ada bekas atau sisa susu yang tertinggal. Karena sisa susu akan mendatangkan bakteri.

Baca : Bahaya kucing bagi ibu hamilMasa nifas –  Bahaya keputihan bagi ibu hamil

  1. Gunakan Spon Khusus

Cucilah bagian tutup botol dengan menggunakan spon pembersih hingga bagian- bagian dalam fari tutup botol tersebut.

  1. Bilas Hingga Bersih

Langkah selanjutnya, bilas hingga bersih semua bagian botol yang sudah diberi sabun tadi dengan menggunakan air keran yang mengalir. Ingat, jangan biasakan membilas dengan cara merendam botol di dalam air pada wadah tertentu. Karena hal tersebut akan menyebabkan kotoran akan menempel lagi di botol yang sudah dibersihkan.

Baca : Penyebab bayi piilekCiri ciri kontraksi akan melahirkanBayi tidak BAB 3 hari

  1. Sterilkan

Setelah proses pencucian selesai, kemudian dilanjutkan dengan proses pensterilan.

Proses pensterilan ini dilakukan dengan cara mendidihkan air dalam panci, kemudian matikan api dan diamkan setiap bagian botol di dalam panci selama kurang lebih 15 menit. Untuk hasil yang maksimal, gunakan air mineral sebagai air rebusan. Hal dikarenakan kualitas air keran di setiap rumah berbeda- beda, sehingga lebih baik menggunakan air mineral. Atau bisa juga menggunakan alat sterilisator untuk mendapatkan air yang bersih.

Baca : Cara melakukan pijat bayi yang benarGumoh pada bayi saat minum susu

  1. Keringkan

Setelah proses pensterilan selesai angkat botol susu dengan menggunakan penjepit kemudian tiriskan. Setelah itu keringkan botol beserta kelengkapannya dengan menggunakan handuk yang bersih. Atau sediakan lap khusus untuk membersihkan botol susu. Akan lebih baik jika lap pembersih untuk botol susu dibedakan dengan lap- lap lainnya. Kemudian simpanlan botol dalam wadah plastik bersih.

Jangan biarkan botol terendam terlalu lama di dalam panci, apalagi jika airnya kembali dingin. Karena hal ini akan membuat proses pensterilan menjadi sia- sia atau tidak ada gunanya. Kuman- kuman akan kembali menempel pada botol ini.

  1. Simpan di Tempat Bersih

Simpanlan botol yang sudah bersih ke tempat yang bersih, dengan tidak mudah ditemukan debu diantara botol- botol tersebut. Hal ini agar botol lebih awet kebersihannya.

Baca : Bayi tabung dalam islamPenyebab janin kekurangan oksigen dalam kandungan

Itulah beberapa cara mencuci botol susu bayi secara steril dan juga aman. Untuk membersihkan botol susu ini memeng memerlukan cara khusus atau cara tersendiri karena botol susu merupakan perabotan yang istimewa. Hal ini agar bool susu tetap steril sehingga selalu aman digunakan oleh bayi kita.