Memasuki Usia Hamil 6 Minggu, Apa Yang Dirasakan Oleh Ibu Hamil ?

Kehamilan merupakan suatu anugerah yang tentunya banyak diharapkan terjadi oleh sebagian wanita pasca menjalani pernikahan secara resmi dengan pasangannya. Untuk mendapatkan proses kehamilan terkadang membutuhkan usaha yang dapat dikatakan cukup rumit. Mereka yang menginginkan adanya keturunan langsung yang lahir dari rahim wanita selalu mengupayakan berbagai macam bentuk usaha dan upaya baik secara tradisional maupun secara medis seperti ketika menjalani bayi tabung.

Selama menghadapi kehamilan yang akan berlangsung kurang lebih 40 minggu tersebut, ibu harus mengupayakan beberapa upaya dan usaha demi kondisi lapangan yang baik untuk liga 3. Beberapa bentuk usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil diantaranya seperti memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil selama proses kehamilan, memahami setiap perubahan ibu hamil yang normal, menghindari aktivitas berat, hingga mengetahui kondisi janin melalui alat USG (ultrasonografi).

Setiap ibu hamil harus peka terhadap perubahan yang terjadi pada tubuhnya selama proses kehamilan. Perubahan perubahan tersebut memang akan terjadi sebagai gejala kehamilan yang normal adanya karena perubahan perubahan di dalam tubuh ibu hamil. Untuk mengetahui apakah kehamilan yang sudah berlangsung 6 minggu merupakan kondisi yang ideal atau tidak maka dapat dengan menggunakan USG dan melihat tanda atau gejala yang ada demi menjawab pertanyaan “hamil 6 minggu apa yang dirasakan.

1. Tubuh terasa seperti kelelahan

Usia kehamilan 6 minggu merupakan fase awal dari proses perkembangan janin di dalam rahim ibu hamil. Adanya janin yang berkembang tersebut menjadikan tubuh ibu harus menyesuaikan diri melalui beberapa perubahan yang dapat menjadi gejala hamil muda. Salah satu hal yang akan dirasakan oleh ibu hamil ketika baru memasuki usia kehamilan 6 minggu adalah kondisi tubuh yang serasa sangat lelah dan mudah letih. Kelelahan pada awal kehamilan yang terjadi merupakan hal normal pada ibu hamil dan dapat diatasi dengan cara memberikan waktu istirahat lebih pada tubuh.

2. Mual dan muntah

Mual dan muntah atau yang dalam istilah kehamilan disebut sebagai morning sickness merupakan kondisi yang juga dapat menjadi salah satu jawaban atas pertanyaan hamil 6 minggu apa yang dirasakan. Mual dan muntah merupakan salah satu kondisi yang terjadi pada awal kehamilan akibat adanya perubahan hormon pada ibu hamil dalam proses tubuh menyesuaikan diri dengan adanya janin di dalam kandungan. Mual dan muntah atau morning sickness tersebut terjadi akibat adanya peningkatan homon chorionic gonadropin (HCG) dan juga tingginya estrogen.

3. Nyeri pada payudara

Kondisi nyeri pada payudara juga menjadi salah satu pertanda atau gejala yang akan dirasakan ibu hamil dalam proses awal kehamilan atau ketika usia kehamilan 6 minggu. Rasa nyeri pada payudara terjadi akibat adanya aliran darah yang meningkat sebagai persiapan menyusui. Tidak semua ibu hamil dapat merasakan kondisi ini pada awal kehamilan.

4. Perubahan suasana hati

Keadaan lainnya yang juga akan dirasakan oleh ibu hamil ketika memasuki usia kehamilan 6 minggu adalah kondisi perubahan suasana hati yang sering berganti. Kondisi perubahan suasana hati pada ibu hamil seringkali menjadikannya mudah marah dan emosi serta kehilangan mood secara tiba tiba. Perubahan suasana hati pada ibu hamil tersebut dapat disebabkan oleh karena kondisi kelelahan, stres, hingga peningkatan hormon progesteron dan estrogen yang cukup signifikan pada awal awal kehamilan.

5. Kram dan flek darah

Munculnya flek darah yang membekas pada celana dalam ibu hamil juga menjadi kondisi yang akan dirasakan oleh ibu bersamaan dengan munculnya rasa kram di bagian perut bawah. Kram dan flek tersebut menjadi salah satu tanda kehamilan yang normal akibat adanya proses implantasi atau pelekatan sel telur yang telah dibuahi ke bagian dinding rahim. Kram dan flek darah hanya akan terjadi pada awal kehamilan dan hilang setelah usia kehamilan semakin tua.

6. Sering buang air kecil

Peningkatan hormon chorionic gonadropin atau HCG pada awal kehamilan juga dapat menyebabkan ibu hamil sering buang air kecil. Kondisi tersebut terjadi karena adanya aliran darah ekstra atau lebih ke daerah panggul yang disebabkan oleh peningkatan HCG. Kondisi sering buang air kecil perlu diperhatikan oleh ibu hamil ketika keadaannya semakin parah dan menyakitkan. Jika keadaan tersebut terjadi maka segera hubungai dokter untuk berkonsultasi.

7. Perut kembung dan tidak nyaman

Hal lain yang juga akan dirasakan oleh ibu hamil saat memasuki usia awal kehamilan atau 6 minggu pertama adalah kondisi perut yang pastinya tidak nyaman dan muncul kembung. Kondisi perut yang kembung dan tidak nyaman tersebut dapat disebabkan oleh karena adanya peningkatan hormon progesteron dan kondisi proses perkembangan janin di dalam rahim ibu hamil.

Itulah beberapa ulasan mengenai jawaban atas pertanyaan yang sering dilontarkan ibu hamil terkai hamil 6 minggu apa yang dirasakan. Kondisi yang disebutkan diatas merupakan keadaan normal yang akan terjadi pada tubuh ibu hamil sehingga tidak perlu dikhawatirkan cukup dijalani dengan baik.