Banyak Dahak Saat Hamil Muda : Penyebab – Bahaya dan Cara Mengatasi

Hamil muda adalah masa kehamilan yang benar-benar harus dijaga. Pasalnya pada saat itu kondisi kehamilan akan sangat rawan terseranggangguan kehamilan. Ada banyak masalah yang bisa terjadi saat hamil muda seperti morning sickness, tidak bisa makan dengan baik dan produksi hormon yang tidak seimbang. Tapi semua itu memang terjadi sesuai dengan perkembangan janin. Namun salah satu masalah yang sering terjadi adalah ketika ibu merasa tidak nyaman pada bagian mulut. Selain mulut yang pahit maka ibu bisa mengalami produksi dahak yang lebih banyak. Lalu apa bahaya dahak saat hamil muda? Apakah dahak akan mempengaruhi pada bayi sehingga akan sangat beresiko? Berikut ulasannya

Penyebab

  1. Ibu hamil batuk pilek

Dahak yang terjadi pada ibu yang sedang mengandung bisa saja disebabkan karena sedang menderita gejala flu. Karena nyatanya ibu hamil biasanya akan sangat rawan untuk terkena penyakit ringan yang disebabkan virus. Flu akan menyebabkan jumlah produksi dahak oleh ibu semakin meningkat. Agar kondisinya tidak semakin mengganggu sangat dianjurkan untuk Anda segera mengatasi kondisi flue agar tidak membahayakan kandungan. Jika kondisi sudah semakin buruk maka segera atasi dengan obat batuk saat hamil, tapi sebaiknya harus sesuai dengan resep dokter.

  1. Penyakit infeksi paru-paru 

Dahak juga bisa saja disebabkan karena ibu memiliki gangguan kesehatan seperti salah satunya adalah terjadi infeksi atau adanya flek pada paru. Gejalanya biasanya tidak akan bisa disadari sebab sangat mirip dengan flu biasa. Namun jika ternyata flu atau batuk yang Anda rasakan tidak berhenti dalam waktu lebih dari 2 minggu sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi pada dokter. Terlebih jika ibu juga sudah meraskan berbagai ciri ciri TBC pada ibu hamil dimana kondisi ibu bisa sangat berbahaya.

  1. Morning sickness

Ketika ibu hamil muda maka memang biasanya akan mengalami morning sickness. Ibu akan lebih sering muntah dan ini bisa membuat semua dahak dari paru juga ikut keluar. Kemudian kondisi ini juga bisa menyebabkan produksi ludah menjadi lebih besar. Pemicu utama kondisi ini bisa terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh ibu. Jika sudah seperti itu maka bisa mencoba berbagai cara mengatasi morning sickness agar kondisi tidak semakin parah.

Bahaya

Bahaya berdahak untuk ibu hamil dan juga janin nya sudah sangat terbukti. Bagaimana tidak, jika ternyata dahak disebabkan karena ada infeksi tertentu yang kemudian menyebabkan virus atau bakteri masuk ke dalam darah kemudian masuk ke dalam plasenta dan tubuh bayi, makan bukan tidak mungkin bayi akan mengalami penularan. Bahkan penularan tersebut bisa saja terus berlanjut sampai ia terlahir. Misalnya saja, infeksi pada paru-paru, bronchitis dan yang lainnya. Sehingga agar bisa menghindari resiko buruk tersebut mengantisipasi adanya dahak lebih dulu adalah yang paling penting. Jangan menunggunya sampai menumpuk dan banyak karena itu malah akan semakin membahayakan. Namun semua bahaya ini sangat tergantung dari penyebab banyak dahak saat hamil muda.

Cara Mengatasi

  1. Mengkonsumsi  obat batuk saat hamil

Jika ternyata gejala berdahak disertai dengan batuk dan demam, untuk mengantisipasi di awal. Anda bisa coba mengkonsumsi obat yang biasa di jual di apotik. Namun pastikan lah untuk mengkonsumsi obat yang tidak akan memberikan dampak buruk pada kehamilan. Jika Anda ragu cobalah untuk meminta saran dari apoteker. 

  1. Bawang dan lemon

Selanjutnya selain menggunakan obat yang dijual di apotek Anda bisa coba menggunakan cara tradisional. Yaitu dengan membuat ramuan dari bawang dan juga lemon. Pertama-tama kamu bisa mengupas bawang, lalu peras lemon dan campur kan ke dalam bawang. Diamkan dulu sampai 3 menit. Kemudian Anda bisa menambahkan 1 sendok madu. Selesai, ramuan campuran bawang dan juga lemon siap Anda konsumsi.

  1. Jus Anggur

Anggur adalah satu satu cara alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan dahak yang mengganjal. Jika dibandingkan dengan ramuan lainnya, anggur ini merupakan salah satu yang paling enak. Menurut penelitian, buah anggur sangat bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan tenggorokan salah satunya adalah permasalahan yang berhubungan dengan adanya lendir menumpuk dan mengganggu. Anda bisa mengkonsumsi anggur dengan cara di jus dan juga ditambahkan dengan 2 sendok makan madu. Konsumsi lah dengan rutin sampai dahak yang ada di dalam tenggorokan benar-benar menghilang.

  1. Lemon Tea

Buah lemon merupakan salah satu buah yang diyakini bisa menghilangkan adanya lendir. Ini disebabkan karena adanya kandungan asam sitrat yang ada di dalam buah lemon dan mampu menjadi salah satu bahan antiseptic alami yang bisa menghilangkan lendir. Saat membuat lemon tea sebaiknya Anda mengganti gula dengan madu, karena penggunaan gula malah akan menyebabkan batuk.

  1. Air garam

Selanjutnya adalah Anda bisa berkumur dengan menggunakan air garam. Ini merupakan salah satu cara alami yang bisa mengatasi adanya masalah yang ada di dalam mulut dan juga mampu mengatasi adanya dahak. Cara pembuatan nya, Anda bisa menyiapkan 1 sendok garam kemudian mencampurkan nya dengan air hangat. Jika sudah siap, Anda bisa berkumur kemudian memiringkan kepala agar air garam bisa sampai ke bagian ujung tenggorokan. Anda juga bisa coba untuk menambahkan kunyit ke dalam ramuan agar semakin bisa membantu untuk mengatasi adanya lendir dalam tenggorokan.

Itulah informasi banyak dahak saat hamil muda beserta mengenai cara mengatasi menghilangkan nya baik secara medis atau pun herbal. Jangan menyepelekan tiap penyakit yang menyerang saat masa kehamilan. Apalagi saat Anda masih ada dalam usia muda kehamilan, karena bisa saja hanya sekedar batuk akan menyebabkan Anda mengalami keguguran atau pun melahirkan dalam kondisi yang tidak normal. Jika Anda ragu saat menggunakan cara diatas untuk menghilangkan dahak, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter agar bisa segera mengatasi kondisi Anda.