Bolehkah Ibu Hamil Minum Wedang Ronde Dan Adakah Efek Samping Atau Manfaatnya ?

Kehamilan merupakan proses penting dalam kehidupan manusia terutama bagi seorang wanita. Melalui kehamilan maka wanita dapat menjalankan peran reproduksinya dengan melahirkan seorang bayi dari proses proses yang berjalan selama kurang lebih 40 minggu. Kehamilan juga merupakan salah satu hal yang diharapkan terjadi oleh setiap pasangan yang telah menjalani pernikahan secara resmi sebagai salah satu tujuan untuk mendapatkan keturunan secara langsung. Mengingat pentingnya kondisi proses kehamilan tersebut, menjaganya agar berlangsung secara normal perlu untuk diperhatikan dengan baik.

Selama proses kehamilan tentu ibu hamil akan merasakan banyak perubahan yang perlu penyesuainan. Agar kondisi kehamilan dapat berlangsung dengan baik dan normal maka ibu hamil perlu untuk melakukan beberapa bentuk usaha tertentu selama jalannya proses kehamilan tersebut. Beberapa bentuk usaha yang dapat dilakukan oleh ibu hamil tersebut diantaranya seperti mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil demi terpenuhinya nutrisi kehamilan, menghindari larangan dan aktivitas yang berat, banyak istirahat, serta yang utama selalu mengkonsultasikan kondisi kehamilannya dengan dokter maupun tenaga medis lain seperti bidan.

Berkaitan dengan usaha dan pemenuhan nutrisi yang penting bagi ibu hamil dalam usahanya menjaga kondisi kehamilan seperti penjelasan diatas, setiap ibu juga perlu untuk menghindari pantangan atau larangan ibu hamil yang dapat memberikan pengaruh buruk bagi janin maupun kondisi kesehatan ibu hamil. Demi memahami adanya larangan dan efek beberapa makanan maupun minuma bagi ibu hamil, dalam penjelasan kali ini akan diulas terkait bolehkah ibu hamil minum wedang ronde dalam uraian di bawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Wedang Ronde

Wedang ronde merupakan salah satu jenis minuman traditional yang secara umum terdiri dari ronde atau bola bola berisi gula dan kacang serta kuah yang terbuat dari jahe. Minuman wedang ronde kerapkali disandikan atau disajikan untuk membantu memberikan kehangatan bagi tubuh di lingkungan yang diingin. Wedang ronde dapat dengan mudah ditemukan di pedagang kaki lima bahkan menjadi menu pelengkap di rumah makan yang lebih besar. Rasa hangat dari wedang ronde tersebut juga dipercaya mampu memberikan efek relaksasi dan ketenangan.

Terkait jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil minum wedang ronde maka dapat dilihat dari sisi bahan bahan pembuatnya. Untuk bola rondenya mungkin tidak akan memberikan masalah berarti bagi ibu hamil karena memang terbuat dari bahan yang tidak membahayakan ibu hamil yakni gula, kacang, dan tepung ketan. Yang mungkin perlu diperhatikan bagi ibu hamil yang mengkonsumsi wedang ronde adalah kuah jahenya yang biasanya cukup pekat dalam memberikan efek hangat bagi tubuh.  Wedang ronde bagi ibu hamil tetap dapat dikonsumsi dengan memperhatikan beberapa hal dan tidak berlebihan seperti kebanyakan minuman dengan bahan jahe lainnya.

Manfaat Wedang Ronde Bagi Ibu hamil

Seperti dalam penjelasan diatas, konsumsi wedang ronde pada ibu hamil dapat dilakukan dengan memperhatikan jumlah agar tidak terlalu berlebihan dan sebaiknya ibu membuat wedang ronde tersebut sendiri agar tetap terjamin bahan yang digunakan bersih serta berkualitas. Membuat wedang ronde sendiri juga dapat membantu ibu dalam mengurangi kadar rasa pedas dari jahe. Minuman yang mengandung jahe bagi ibu hamil asal dikonsumsi dengan benar dapat memberikan beberapa manfaat positif diantaranya seperti :

  1. Mengatasi kondisi mual dan muntah atau yang sering disebut sebagai morning sickness pada ibu hamil
  2. Menjaga kesehatan jantung dan sistem pencernaan serta imunitas tubuh bagi ibu hamil
  3. Mengurangi rasa sakit kepala yang  sering muncul serta membantu mengobati masuk angin saat hamil.
  4. Mencegah beberapa senyawa radikal bebas yang dapat masuk ke dalam tubuh
  5. Melancarkan peredaran darah serta menjaga agar tekanan darah selalu stabil.
  6. Membantu mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung dan rasa sakit pada perut.

Efek Samping Jahe Bagi Ibu Hamil

Dalam penjelasan diatas, ibu hamil harus mengkonsumsi wedang jahe dalam jumlah yang tidak berlebihan mengingat adanya efek samping rasa panas dan pedas dari jahe tersebut. Berikut ini beberapa efek samping jahe bagi ibu hamil yang perlu diperhatikan diantaranya seperti :

  1. Perubahan hormon, kandungan dalam jahe dapat menyebabkan perubahan hormon meskipun resikonya kecil namun dapat memberikan masalah pada kehamilan ketika kondisi tersebut terjadi.
  2. Pendarahan, kondisi ini merupakan efek samping yang sangat jarang terjadi ketika mengkonsumsi jahe namun patut diwaspadi akibat dorongan kontraksi pada rahim.
  3. Perut mulas, sifat jahe yang panas menjadikannya dapat menyebabkan perut mulas dan panas terutama ketika wedang ronde terlalu pedas.
  4. Menyebabkan kontraksi di rahim, bahaya jahe untuk ibu hamil yang paling diperhatikan adalah dapat memicu terjadinya kondisi kontraksi di rahim.
  5. Menyebabkan diare, jahe merupakan obat pencahar alami yang dapat menimbulkan kondisi diare ketika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Itulah penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil minum wedang ronde yang perlu diperhatikan sebagai salah satu jenis minuman jahe beserta dengan manfaat maupun efek samping yang perlu dihindari.