Kenapa Ibu Hamil Ada Garis Di Perut ? Berbahayakah ?

Kehamilan menjadi salah satu proses penting dan membahagiakan dalam kehidupan rumah tangga sah seorang wanita demi mewujudkan salah satu cita cita pernikahan yakni mendapat keturunan. Melalui proses kehamilan, seorang wanita juga kan meningkatkan stautusnya dimasyarakat menjadi seorang wanita sejati dengan peranya sebagai ibu yang dimulai pada saat kehamilan dan akan semakin intens ketika bayi di dalam kandungan ibu hamil akan segera terlahir.

Mengingat pentingnya proses kehamilan maka secara alamiah seorang ibu hamil tentu akan mengusahakan berbagai macam upaya yang dapat membantu agar kondisi janin di dalam kandungan selalu memiliki kondisi yang baik dan perkembangnnya dapat terjamin hingga 40 minggu ke depan saat proses persalinan berlangsung. Ibu hamil harus peka terhadap setiap perubahan yang ditunjukan oleh tubuhnya sendiri sebagai salah satu tanda adanya kondisi normal kehamilan.

Salah satu keadaan yang sering kali terlihat muncul secara fisik adalah kondisi dimana perut ibu hamil terlihat memiliki garis. Kondisi perut ibu hamil yang memiliki garis tersebut dapat terjadi pada beberapa orang. Adanya garis perut pada ibu hamil perlu diketahui dan dipastikan dengan benar apakah hal tersebut merupakan kondisi yang termasuk dalam gangguan kehamilan. Untuk lebih memahami penjelasan mengenai kenapa ibu hamil ada garis di perut ? dan adakah pertanda bahaya dari munculnya thermos tersebut.

Garis Hitam Di Perut Ibu Hamil 

Garis hitam diperut ibu hamil disebut sebagai garis kehamilan atau dalam istilah medis dinamai dengan linea nigra (garis hitam). Munculnya garis hitam pada perut ibu hamil yang membujur dari area kemaluan ke pusar atau ada juga yang sampai melewati lebih dari pusar merupakan kondisi alami yang terjadi pada ibu hamil dan ada beberapa yang tidak memilikinya. Garis hitam pada perut tersebut normal terjadi dan bukan pertanda adanya masalah atau gejala kehamilan namun tetap saja beberapa ibu terganggu dengan kondisi tersebut dan ingin menghilangkannya.

Kenapa Ibu Hamil Ada Garis Di Perut

Garis hitam di perut ibu hamil atau yang disebut dalam istilah medis sebagai linea nigra sebenarnya sudah ata sebelum wanita mengalami kehamilan. Garis hitam tersebut merupakan titik pertemuan otot perut pada ibu hamil. Garis linea nigra ini tidak terjadi pada semua ibu hamil terutama yang memiliki kulit terlalu putih dan pucat. Garis hitam tersebut muncul karena adanya perubahan hormol di dalam proses kehamilan. Peningkatan kadar hormon estrogen dan hormon progesteron menjadi dua hormon penyebab utama munculnya garis hitam tersebut.

Kedua hormon baik estrogen dan progesteron yang meningkat karena proses kehamilan tersebut dapat merangsang melanosit untuk memproduksi melanin. Melanin merupakan pigmen warna gelap tubuh. Selain menimbulkan garis berwarna gelap, hormon estrogen dan progesteron juga bertanggung jawab terhadap proses perubahan warna didaerah puting susu ibu hamil yang secara alami akan terlihat lebih gelap dari sebelum mengalami kehamilan. Ada tidaknya linea nigra tersebut tidak menunjukan kondisi apapun pada proses kehamilan dan kedua kondisi tetap disebut sebagai keadaan yang normal yang tidak menganggu perkembangan janin.

Cara Menghilangkan Garis Hitam Pada Perut Ibu Hamil

Meskipun tidak menganggu jalannya proses kehamilan, garis hitam pada perut ibu hamil dapat dirasa menganggu dan menjadikan ibu hamil tidak percaya diri. Kondisi ini menjadikan banyak ibu hamil berusaha untuk menghilangkan garis hitam tersebut. Menghilangkan garis hitam yang muncul di daerah perut ibu hamil sebenranya sangat sulit dilakukan. Ibu hamil hanya dapat membantu menyamarkan warna hitam garis diperut tersebut agar tidak mencolok.

Untuk membantu menyamarkan warna hitam tersebut dapat dilakukan dengan cara meperhatikan asupan makanan dan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa sebagian besar ibu hamil yang memiliki garis hitam diperut terjadi akibat kurangnya asupan asam folat. Beberapa makanan yang memiliki kandungan asam folat tinggi diantaranya seperti jeruk, sayuran berdaun hijau, atau dengan mengkonsumsi suplemen asam folat langsung.

Konsumsi asam folat selain dapat membantu menyamarkan linea nigra pada perut ibu hamil juga memiliki beberapa manfaat lain. Manfaat asam folat bagi ibu hamil tersebut diantaranya seperti membantu proses perkembangan janin di dalam kandungan ibu hamil, mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat ataupun prematur, menjaga kondisi kulit ibu hamil, mencegah terjadinya keguguran, meningkatkan produksi sel darah merah ibu hamil, mencegah penyakit jantung, dan berbagai macam manfaat lainnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jawab atas pertanyaan “kenapa ibu hamil ada garis di perut” yang dijelaskan dalam uraian diatas beserta beberapa penyebab munculnya garis hitam tersebut serta cara menghilangkan garis hitam jika dirasa menganggu ibu hamil. Garis hitam yang muncul pada perut ibu hamil merupakan kondisi yang normal dan tidak menyatakan adanya keadaan berbahaya bagi ibu hamil.