7 Penyebab Hamil Ngebo Yang Perlu Diwaspadai Karena Membahayakan

Masa kehamilan merupakan suatu masa dimana didalam rahim seorang wanita ada proses perkembangan janin yang akan tumbuh semakin besar seseuai dengan usia kehamilannya. Dalam menghadapi proses kehamilan ini, seorang ibu hamil akan senantiasa melakukan berbagai upaya dan menghindari berbagai macam pengaruh yang dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin secara khusus. Dampak negatif tersebut dapat muncul dalam bentuk gangguan kehamilan maupun perubahan fisik yang tidak normal yang bisa jadi sangat berbahaya dan bisa juga tidak.

Ibu hamil secara spontan akan melakukan berbagai upaya yang disebutkan diatas untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin itu sendiri mulai dari munculnya tanda tanda kehamilan sampai dengan selesainya proses persalinan. Selain itu, secara normal ibu hamil akan mengalami berbagai macam perubahan fisik yang dapat menimbulkan perubahan yang terkadang cukup menganggu serta menyusahkan. Namun ada juga kondisi kehamilan yang dapat dijalani dengan lancar tanpa adanya masalah atau gangguan apapun. Kondisi tersebut sering kali disebut sebagai hamil ngebo. Ciri ciri ibu yang hamil ngebo dapat ditunjukan melalui beberapa kondisi seperti :

  • Ibu hamil akan sangat suka untuk berpergian dan tidak mudah lelah.
  • Ibu hamil akan sangat suka makan dan tidak pernah memilih milih makanan yang akan dikonsumsi
  • Ibu hamil sering merasa ngantuk dan banyak tidur serta malas untuk melakukan aktivitas apapun.
  • Ibu hamil tidak ngidam yang aneh aneh.

Ciri ciri hamil ngebo diatas seringkali ditunjukan sejak adanya ciri ciri awal wanita hamil sampai dengan menjelang proses persalinan. Kondisi hamil ngebo ini hanya dapat terjadi pada beberapa ibu hamil dan ada beberapa keadaan yang membahayakan pada kesehatan ibu hamil maupun proses perkembangan janin. Penyebab hamil ngebo tersebut diantaranya dijelaskan pada uraian dibawah ini.

  1. Kadar HCG yang berbeda pada setiap wanita.

Dalam masa kehamilan, kadar hormon mulai dari hormon estrogen, progesteron, dan HCG akan mengalami kenaikan. Kenaikan pada hormon HCG merupakan pemicu terjadinya rasa mual dan muntah pada ibu hamil. Peningkatan kadar hormon HCG pada setiap ibu hamil berbeda satu sama lain. Tingkat kepekaan tubuh terhadap akibat dari peningkatan hormon tersebut juga berbeda. Jadi pada ibu hamil ngebo mesikipun ada peningkatan pada hormon HCG namun masih dapat ditolerir oleh tubuh sehingga tidak mual saat hamil ataupun muntah.

  1. Kondisi ibu yang malas untuk bergerak.

Penyebab hamil ngebo selanjutnya adalah kondisi ibu yang malas untuk bergerak. Pada hamil ngebo ibu akan sering malas untuk bergerak dan sering merasa ngantuk yang parah. Kondisi kemalasan yang cukup akut tersebut menjadikan ibu hamil tetap ingin berada di atas ranjang dan tidak melakukan aktivitas apapun meskipun ada perubahan perubahan pada kondisi fisik ibu hamil itu sendiri.

  1. Wanita yang kebal terhadap berbagai efek hormon kehamilan.

Hal lainnya yang dapat menyebabkan seorang wanita mengalami hamil ngebo adalah kondisi wanita yang kebal terhadap berbagai macam efek dari hormon kehamilan. Pada kurang lebih 30 persen kehamilan, seorang wanita tidak akan mengalami ciri ciri fisik wanita hamil yang sangat menganggu seperti mual muntah, pusing, dan lain sebagainnya. Bahkan pada wanita tersebut apabila muncul kondis mual dan muntah, pusing maka ada yang tidak normal pada kehamilannya.

  1. Kadar hormon HCG pada ibu hamil yang rendah.

Penyebab yang satu ini merupakan kondisi yang perlu diperhatikan dari keadaan ngebo. Kadar hormon HCG yang rendah pada ibu hamil dapat menjadi pemicu ngebonya seorang ibu hamil karena kondisi kondisi yang disebabkan oleh peningkatan HCG tidak terjadi. Kondisi tidak meningkatnya atau kurangnya kadar HCG pada ibu hamil harus diperhatikan karena dapat menyebabkan permasalahan pada perkembangan janin. Permasalahan perkembangan janin tersebut terletak pada kurangnya daya pelekatan janin pada dinding rahim yang dapat memicu terjadinya keguguran. Untuk memastikannya dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan USG.

  1. Kandungan yang lemah

Penyebab lainnya yang dapat menjadikan kondisi ibu hamil ngebo adalah kandungan yang lemah. Kondisi kandungan yang lemah pada ibu hamil menyebabkan tubuhnya akan merespon untuk selalu melakukan istirahat yang cukup disertai dengan konsumsi makanan yang sangat banyak. Sehingga adanya respon tubuh tersebut munculah keadaan dimana ibu hamil akan mudah lapar dan ngantuk.

  1. Gangguan pada fungsi tiroid pada ibu hamil.

Kondisi lainnya yang juga dapat menyebabkan hamil ngebo namun sangat jarang terjadi adalah adanya gangguan fungsi tiroid pada ibu hamil. Gangguan fungsi tiroid ini dapat menyebabkan kadar hormon kehamilan tidak akan meningkat sehingga efek efek pada tubuh ibu hamil juga tidak terjadi.

  1. Gejala diabetes.

Keadaan lainnya yang memicu kondisi ngebo pada ibu hamil adalah adanya gejala gestational diabetes atau diabetes pada kehamilan. Kondisi diabetes pada kehamilan akan membuat ibu hamil menjadi muda ngantuk, malas bergerak, dan mudah lapar yang kesemuannya merupakan tanda atau ciri hamil ngebo.

Itulah ketujuh penyebab hamil ngebo berserta penjelasannya, beberapa penyebab mungkin tidak akan membahayakan kehamilan namun ada juga penyebab lainnya yang perlu diperhatikan dan diwaspadai karena adanya potensi untuk membahayakan kehamilan.