9 Penyakit Yang Tidak bisa Punya Anak untuk Wanita

Berbagai macam penyebab sulit hamil pasti akan membuat wanita menjadi sangat resah. Memiliki keturunan dengan cepat seringkali diinginkan oleh pasangan yang baru menikah. Namun setelah beberapa tahun menunggu dan tidak berhasil maka pemeriksaan kesehatan untuk suami dan istri memang harus dilakukan. Usaha ini bisa membuat pasangan saling mengerti apa saja yang membuat sulit hamil,baik dari pihak istri atau suami. Berikut ini akan kami sampaikan mengenai penyakit yang tidak bisa punya anak untuk wanita.

  1. PCOS

PCOS atau juga dikenal dengan sindrom polikistik ovarium adalah masalah kesehatan wanita yang paling sering menjadi penyebab kemandulan. Gangguan ini akan memicu gangguan hormon reproduksi yang kemudian bisa membuat wanita sangat jarang menstruasi dan akhirnya sulit sekali untuk hamil.  Ciri ciri wanita PCOS  sering membuat indung telur wanita memiliki banyak kista yang didapatkan karena adanya folikel dari sel telur yang tidak bisa berkembang. Sampai saat ini sebenarnya ahli medis tidak tahu apa penyebab dari PCOS yang sebenarnya. Namun ketika tubuh wanita memiliki hormon testosteron yang sangat tinggi maka akan mengganggu siklus ovulasi yang normal. Dan inilah yang membuat ovarium menghasilkan androgen dalam jumlah yang tinggi.

  1. Penyakit endometriosis

Penyakit ini akan membuat dinding rahim menjadi sangat tebal akibat terus menerus membentuk jaringan. Ini bisa membuat wanita sulit hamil karena kondisi rahim yang penuh dengan jaringan. Ada beberapa penyebab endometriosis yang memang sulit untuk diprediksi sejak awal. Tapi masalah tingginya kadar estrogen memang sangat berpengaruh. Masalah ini paling sering terjadi pada wanita yang memang masuk usia subur dan jika tidak dirawat dengan tepat maka akan menjadi penyebab sulit hamil setelah menikah.

  1. Penyakit fibroid rahim

Fibroid rahim adalah istilah untuk pertumbuhan jaringan yang kemudian membentuk tumor jinak dalam rahim. Proses terbentuknya fibroid diawali dengan sel-sel yang sebenarnya membuat otot dinding rahim yang kemudian membeku dan membentuk jaringan yang terus tumbuh. Masalah ini paling sering muncul pada wanita yang memang sudah memiliki garis keturunan fibroid dalam keluarga. Seringkali ini membuat wanita sulit hamil karena proses penyembuhan melewati operasi pengangkatan rahim. Akhirnya wanita bisa kehilangan rahim yang kemudian membuat wanita tidak mungkin bisa hamil.

  1. POI (Primary Ovary Insufficiency)

Ini adalah salah satu penyakit yang bisa membuat wanita sulit hamil. Penyakit ini bisa dikatakan sebagai gagalnya indung telur untuk menghasilkan sel telur yang matang. Pada awalnya ovarium memang menghasilkan sel telur namun karena sebab tertentu akhirnya organ ini tidak menghasilkan hormon. Pada tahap awal penyakit sering ditandai dengan tidak normalnya kadar hormon dalam tubuh. Bisa juga ini menjadi penyebab wanita susah hamil anak kedua meskipun bisa hamil anak pertama dengan normal.

  1. Kelainan hormon

Kelainan hormon juga akan membuat wanita menjadi sulit hamil secara alami atau normal. Kelainan hormon akan membuat tubuh wanita memproduksi hormon reproduksi wanita yang lebih sedikit. Dalam pemeriksaan biasanya juga ditemukan kadar hormon laki-laki yang lebih tinggi. Kondisi ini juga sangat berhubungan dengan masalah tiroid atau gangguan tiroid pada usia dini. Jika tidak dirawat maka akan memicu penyakit lain seperti PCOS.

  1. Gangguan sistem kekebalan tubuh

Adanya penyakit gangguan sistem kekebalan tubuh atau autoimun juga akan menjadi pemicu sulit hamil. Penyakit ini diawali dengan meningkatnya produksi sel-sel normal yang kemudian merusak sel itu sendiri. Semua jaringan dalam tubuh akan mengalami kerusakan termasuk juga untuk organ reproduksi. Kemudian hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang sehingga juga akan sulit hamil.

  1. Penyakit diabetes

Wanita yang menderita penyakit diabetes akan sulit sekali untuk hamil. Penyakit ini akan membuat komplikasi pada berbagai organ termasuk organ reproduksi. Hal ini diawali dengan meningkatkan kadar gula dalam darah yang kemudian bisa merusak keseimbangan kebutuhan insulin. Lalu tubuh tidak akan membuat sel telur atau bahkan merusak keseimbangan hormon sehingga sulit hamil.

  1. Kanker

Wanita yang sudah pernah menderita kanker kemungkinan juga akan sulit hamil. Hal ini karena berbagai perawatan untuk kanker akan merusak keseimbangan hormon dalam tubuh. Biasanya juga akan membuat berbagai organ reproduksi tidak berfungsi dengan baik. Termasuk jika kanker sudah menyebar ke rahim, tuba falopi dan leher rahim maka akan sulit sekali untuk hamil. Penggunaan obat keras pada kemoterapi juga akan membuat wanita sulit hamil.

  1. Kegemukan

Meskipun kegemukan bukan termasuk penyakit tapi gangguan ini akan membuat wanita sulit hamil. Ini karena kegemukan atau obesitas akan memicu gangguan hormon dalam tubuh, tingginya kadar gula yang bisa menyebabkan diabetes dan juga gangguan pada sistem reproduksi wanita. Bahkan wanita yang gemuk biasanya memang akan mengalami masalah pada siklus haid.

Ternyata memang ada penyakit yang tidak bisa punya anak untuk wanita. Sebenarnya semua penyakit ini bisa dicegah sejak awal. Jadi bagi wanita lebih baik menjaga kesehatan dengan gaya hidup yang baik agar tidak mengalami penyakit ini.