6 Buah Untuk Menghentikan Pendarahan Saat Hamil Yang Perlu Diketahui

Demi terlahirnya bayi dalam kondisi sempurna tanpa kurang apapun, tentu kehamilan yang normal dan lancar serta sehat menjadi kunci utama untuk mendaptkan kondisi bayi tersebut. Jalannya proses kehamilan yang sehat dengan perkembangan janin di dalam kandungan terjadi secara lancar menjadi sebuah harapan besar untuk dapat terjadi bagi semua ibu hamil. Dalam usahanya untuk mendaptkan keadaan tersebut tentu ada hal yang harus dilakukan oleh ibu hamil selama masa kehamilan yang setidaknya berlangsung kurang lebih 40 minggu.

Berbagai macam bentuk usaha seperti memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, berkonsultasi secara rutin dengan dokter, memperhatikan pola istirahat, hingga menghindari aktivias berat dilakukan oleh setiap ibu hamil bukan hanya untuk menjaga kesehatannya namun juga menghindari adanya gejala gangguan kehamilan berbahaya. Munculnya gangguan kehamilan pada setiap ibu hamil memang sangat besar resiko dan peluangnnya baik yang memiliki tingkat bahaya rendah maupun tingkat bahaya tinggi.

Salah satu bentuk gangguan kehamilan yang dapat memberikan efek berbahaya adalah pendarahan. Untuk mencegah terjadinya pendarahan pada ibu hamil tentu ada beberapa hal yang dapat dilakukan salah satunya mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Diantara beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil, buah menjadi makanan yang mampu mencegah dan menghenitkan pendarahan. Berikut beberapa buah untuk menghentikan pendarahan saat hamil yang perlu diperhatikan dalam ulasan di bawah ini.

1. Kurma

Buah yang disebutkan dalam pembahasan kali ini, tidak secara langsung memberikan dampak dalam mengatasi pendarahan saat hamil. Beberapa buah secara tidak langsung dapat membantu mengatasinya salah satunya kurma. Buah kurma merupakan salah satu jenis buah sehat untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi di dalam buah kurma dapat membantu memberikan dampak positif selain membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Dampak positif yang paling utama adalah memberikan manfaat dalam menguatkan kandungan. Kandungan yang lebih kuat tentu bisa mencegah terjadinya masalah kehamilan termasuk pendarahan. Manfaat lain yang penting dari kurma untuk ibu hamil adalah membantu dalam meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah ibu hamil sehingga dapat membantu mencegah terjadinya anemia sebagai salah satu kondisi gangguan paling rentan terjadi pada ibu hamil.

2. Apel

Jenis buah untuk menghentikan pendarahan saat hamil secara tidak langsung adalah apel. Apel memiliki kandungan antioksidan serta vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu menutrisi tubuh ibu hamil, apel juga dapat membantu dalam menguatkan kandungan sehingga tidak mudah mengalami salah satu gejala keguguran yakni pendarahan. Apel juga menjadi salah satu pilihan buah untuk mencegah mual dan muntah atau morning sickness.

3. Alpukat

Sebagai salah satu jenis buah favorit, alpukat juga dikenal sangat baik untuk membantu memberikan manfaat positif bagi tubuh ibu hamil. Konsumsi alpukat banyak disarankan guna menjaga proses kehamilan dapat berjalan dengan lancar.  Alpukat juga mampu menguatkan kandungan dan menjaga proses perkembangan organ janin berjalan dengan normal serta lancar disetiap usia kehamilan yang sedang di jalani.

4. Buah berry

Jenis buah untuk ibu hamil lainnya yang secara khusus banyak disarankan untuk ibu hamil karena memiliki manfaat positif bagi kehamilan baik untuk kesehatan ibu maupun perkembangan janin di dalam kandungan. Beberapa jenis buah berry seperti strawberry, blueberry, dan raspberry memiliki kandungan positif seperti mineral kalium, asam folat, serta vitamin C yang kesemuanya sangat membantu dalam menguatkan kandungan sehingga tidak terjadi berbagai gejala berbahaya.

5. Pisang

Pisang merupakan makanan umum yang dikonsumsi oleh masyarakat dengan berbagai macam jenisnya. Pisang banyak memberikan manfaat positif karena memiliki berbagai macam kandungan nutrisi dan senyawa aktif bermanfaat. Pisang kaya akan kalium untuk membantu memenuhi kebutuhan energi tubuh ibu hamil setiap harinya. Pisang sangat baik dalam membantu menguatkan kandungan sehingga mencegah terjadinya berbagai penyebab keguguran yang menjadikan ibu mengalami pendarahan.

6. Buah tomat

Tomat merupakan jenis buah yang selalu menjadi perdebatan apakah masuk ke dalam buah atau sebagai sayuran. Mengesampingkan perdebatan tersebut, tomat dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh ibuh hamil serta membantu dalam menguatkan kandungan. Kandungan nutrisi dan senyawa aktif di dalam buah tomat juga mampu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh ibu hamil sehari hari.

Itulah beberapa jenis buah untuk menghentikan pendarahan saat hamil yang perlu diperhatikan dengan baik dan bisa dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai menu makanan sehat sehari hari. Buah buahan yang disebutkan diatas tentu tidak secara langsung dapat membantu menghentikan pendarahan yang sudah terjadi pada ibu hamil. Buah buahan diatas secara tidak langsung membantu menguatkan kandungan sehingga tidak terjadi berbagai macam gejala yang mengarah pada keguguran, salah satunya pendarahan. Ibu sebaiknya mengkonsultasikan kondisi pendarahannya pada dokter kandungan untuk mendapatkan tindakan medis yang tepat.