Bolehkah Ibu Hamil Minum Teh Hijau?

Berbagai manfaat teh bagi ibu hamil memang sudah dikenal cukup lama. Teh termasuk minuman khas sehingga memang sulit untuk ditinggalkan. Teh juga bisa memberi efek segar sehingga seringkali bisa menghilangkan beberapa keluhan seperti sakit kepala, mengantung berlebihan dan juga rasa lelah. Ada berbagai jenis teh termasuk teh hijau. Teh hijau didapatkan dari jenis tanaman teh biasa yaitu Camelia sinensis namun tidak diolah seperti jenis teh merah dan teh hitam. Banyak ibu yang galau ketika mau minum teh hijau, terutama saat hamil. Jadi bolehkah ibu hamil minum teh hijau? Lihat informasi berikut ini.

Boleh Tidak?

Pada dasarnya tidak ada larangan medis tentang masalah teh hijau untuk ibu hamil. Berbagai larangan ibu hamil lebih mengarah pada kegiatan dan makanan yang memberi dampak buruk untuk janin. Teh hijau memang mengandung nutrisi yang penting termasuk polifenol yang menjadi antioksidan untuk tubuh. Tapi ibu harus melihat lagi bahwa teh hijau mengandung tingkat kafein yang sangat tinggi. Jika terlalu sering minun teh hijau maka dikhawatirkan ibu kelebihan kafein yang bisa berbahaya untuk nyawa dan kondisi kesehatan janin. Jadi boleh minum teh hijau asalkan dalam jumlah sedikit dan tidak terlalu sering.

Manfaat Teh Hijau

  1. Mencegah kerusakan DNA

Teh hijau terbukti mengandung bahan antioksidan yang sangat tinggi. Bahan ini dikenal dengan nama polifenol yang bisa menyerang radikal bebas dan bisa mencegah kerusakan DNA. Kerusakan DNA dalam kehamilan bisa menyebabkan kelainan kromosom pada janin, sehingga janin lahir cacat dan memiliki kesempatan hidup yang kecil.

  1. Baik untuk jantung

Minum teh hijau ternyata juga bisa mencegah terjadinya penyebab jantung berdebar pada ibu hamil. Teh hijau mengandung antioksidan alami termasuk tanin yang bisa menjaga agar jantung berfungsi normal. Teh hijau juga meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menjaga aliran darah yang tetap sehat untuk ibu dan janin dalam kandungan.

  1. Kandungan kalori yang rendah

Teh hijau dikenal lama sebagai minum untuk diet. Ini karena teh hijau mengandung kalori yang sangat rendah untuk setiap cangkirnya. Komposisi cairan utama dalam teh hijau tidak termasuk sebagai kalori. Sehingga bagi ibu hamil yang terlalu gemuk maka bisa mengkonsumsi teh hijau agar tidak terkena bahaya obesitas bagi ibu hamil.

Bahaya Teh Hijau

  1. Bersifat sebagai stimulan

Teh hijau dianggap sebagai stimulan yang buruk untuk ibu hamil karena kandungan kafein di dalamnya. Kafein adalah bahan cair yang bisa masuk ke dalam plasenta yang kemudian masuk ke dalam aliran darah di tubuh janin. Ketika kafein dikonsumsi berlebihan selama hamil maka bisa menyebabkan gangguan metabolisme yang kemucian memicu bahaya untuk pertumbuhan janin.

  1. Gangguan kesehatan pada janin dan bayi

Konsumsi teh hijau yang berlebihan akan menyebabkan gangguan kesehatan pada janin dan bayi ketika sudah dilahirkan. Kafein yang sudah masuk ke dalam aliran darah ibu akan sampai kepada janin. Kemungkinan janin terkena efeknya termasuk kurang oksigen yang bisa menyebabkan keguguran. Kemudian resiko janin juga akan kekurangan nutrisi sehingga perkembangan janin bermasalah, bayi bisa lahir dengan berat badan yang rendah dan lahir prematur.

  1. Memicu cacat tabung syaraf

Ternyata ada sebuah bukti bahwa konsumsi teh hijau secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan penyerapan asam folat. Inilah yang kemudian bisa menyebabkan janin kekurangan asam folat yang kemudian bayi terkena cacat tabung syaraf atau spina bifida. Tapi minum teh hijau sedikit dan sangat terbatas tidak menyebabkan resiko gangguan ini.

  1. Memicu kontraksi

Kandungan kafein dalam teh hijau jika masuk ke dalam tubuh secara berlebihan bisa menyebabkan kontraksi. Hal ini karena kafein telah memicu gerakan janin yang berlebihan sehingga bisa membuat pemicu kontraksi menjadi lebih cepat. Karena itu batasi konsumsi teh hijau.

  1. Gangguan keseimbangan cairan

Kafein yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan keseimbangan cairan tubuh. Ini karena kafein memiliki sifat sebagai diuretik sehingga ibu terus menerus ingin buah air kecil. Akhirnya tubuh kekurangan cairan dan ibu bisa terkena dehidrasi.

Nah sekarang ibu sudah tahu tentang bolehkah ibu hamil minum teh hijau? Teh hijau memang menyehatkan tubuh dan bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun untuk ibu hamil harus dikonsumsi dalam jumlah yang kecil karena ada dampak yang bisa menyerang ibu dan janin. Jika masih ragu maka segera hubungi dokter kandungan yang merawat ibu.