Bolehkah Ibu Baru Melahirkan Makan Durian Dan Adakah Dampak Atau Manfaatnya?

Melahirkan merupakan salah satu proses yang akan terjadi setelah berjalannya kehamilan selama kurang lebih 40 minggu. Dalam prosesnya, melahirkan akan menjadi awal mulainya kehidupan bayi diluar kandungan ibu hamil. Melahirkan menjadi satu tujuan akhir yang ingin dijalani dengan baik oleh ibu agar bayi dapat terlahir ke dunia dengan selamat dan sehat tanpa kurang satu apapun. Dalam prosesnya ada dua jenis persalinan yakni dengan cara operasi caesar maupun melahirkan normal.

Melahirkan normal menjadi salah satu kondisi yang masih terus diharapkan terjadi oleh setiap ibu hamil karena dampak atau efek sampingnya yang sangat minim dan tentunya memerlukan biaya yang lebih sedikit dibandingkan dengan proses persalinan caesar. Pasca melahirkan, setiap ibu tentu membutuhkan penyembuhan atau masa recovery untuk mengembalikan kondisi tubuh ke keadaan normal yang selama kehamilan mengalami banyak perubahan perubahan.

Selama masa mengembalikan kondisi tubuh ibu pasca kehamilan dan proses persalinan, ibu tentu perlu memperhatikan berbagai macam kondisi yang dapat berpengaruh buruk pada proses tersebut. Salah satu kondisi yang perlu diperhatikan adalah terkait makanan yang dikonsumsi oleh ibu yang akan dijelaskan dalam artikel ini yakni durian. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai bolehkah ibu baru melahrikan makan durian dan adakah dampak buruk atau manfaat yang dapat diperoleh dari raja buah tersebut.

Bolehkah Ibu Baru Melahirkan Makan Durian ?

Ibu yang baru melahirkan tentu membutuhkan waktu yang lebih untuk dapat mengembalikan kondisi tubuhnya pasca proses persalinan terutama yang menjalaninya dengan jalan operasi caesar. Dalam proses penyembuhan tersebut tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan termasuk salah satunya terkait dengan konsumsi makanan tertentu yang sebaiknya dihindari meskipun tidak ada larangan secara langsung. Buah durian menjadi salah satu jenis buah yang banyak dipertanyakan selama masa kehamilan.

Boleh tidaknya ibu yang baru menjalani proses melahirkan mengkonsumsi buah durian ada kaitannya dengan jawaban atas pertanyaan apakah ibu menyusui boleh makan duria karena selepas melahirkan aktifitas menyusui menjadi suatu hal yang disarankan wajib untuk dilakukan mengingat ada banyaknya manfaat asi untuk bayi yang baru lahir. Konsumsi duren bagi ibu pasca melahirkan merupakan hal yang tidak menjadi pantangan atau larangan secara lansung asalkan tidak dimakan secara berlebihan.

Meskipun boleh untuk dikonsumsi, durian mungkin dapat menimbulkan resiko adanya permasalahan pada pencernaan ibu. Untuk menghindari kondisi tersebut maka jika ibu ingin mengkonsumsi durian maka sebaiknya menunggu hingga ada tanda bahwa pencernaan ibu kembali pada kondisi semula terutama bagi mereka yang menjalani proses persalinan dengan jalan operasi caesar agar saluran pencernaan dapat bekerja dengan baik dalam mengkonsumsi setiap makanan yang masuk.

Manfaat Durian Untuk Ibu Setelah melahirkan

Selain boleh untuk dikonsumsi dengan tidak berlebihan, durian ternyata bermanfaat bagi ibu pasca proses melahirkan terutama untuk proses menyusui. Berikut ini beberapa manfaat durian bagi ibu menyusui yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Booster asi

Manfaat pertama yang dapat diberikan oleh buah durian sebagai buah yang dikenal dengan nama raja buah adalah dapat memiliki peran meningkatkan produksi air susu ibu atau yang disebut sebagai booster asi. Booster asi adalah salah satu cara memperbanyak asi  yang akan berguna dalam hal pemenuhan kebutuhan asi pada bayi. Dengan adanya booster asi alami tersebut maka ibu menyusui dapat memenuhi kebutuhan jumlah asi yang diperlukan bagi proses pertumbuhan dan perkembangan bayi.

  1. Antioksidan

Buah durian dikenal memiliki banyak kandungan antioksidan dan vitamin yang berguna dalam membantu menjaga kondisi kesehatan ibu menyusui. Antioksidan merupakan zat yang sering dijadikan salah satu senyawa penangkal radikal bebas sebagai pembawa penyakit berbahaya bagi tubuh. Radkal bebas dapat menjadi penyebab berbagai macam penyakit di tubuh dan tentunya pemicu terjadinya kanker.

  1. Membantu mengatasi bengkak

Manfaat lain yang dapat diberikan dari buah durian bagi ibu menyusui adalah membantu mengatasi masalah bengkak. Permasalahan bengkak tersebut akan terjadi pada ibu pasca proses persalinan yang merupakan kondisi perubahan selama masa kehamilan terutama ketiak persalinannya berjalan dengan operasi caesar. Manfaat mengatasi bengkak tersebut dapat dari dalam dengan mengkonsumsinya maupun dari luar dengan mengoleskan buah durian di tempat yang bengkak.

  1. Kalsium

Kalsium menjadi salah satu senyawa nutrisi yang banyak diperlukan oleh ibu menyusui. Kandungan kalsium yang cukup tinggi di dalam buah durian dapat menjadi salah satu sumber kalsium bagi ibu menyusui dalam memenuhi kebutuhannya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu baru melahirkan makan durian dan adalah dampak atau efek samping tersebut bagi ibu. Penjelasan diatas dapat diperhatikan dan dipahami ibu agar proses recovery pasca melahirkan dapat berjalan lancar serta membantu proses pemberian asi juga tentunya.