9 Ciri – Ciri Janin Tidak Berkembang Usia 3 Bulan

Melakukan pemeriksaan kehamilan trimester 1 bisa dibilang sangat penting dan wajib untuk dilakukan oleh semua ibu hamil. Pasalnya, trimester pertama adalah masa dimana janin sedang membutuhkan asupan nutrsi yang tinggi dan dukungan yang besar dari sang ibu untuk berkembang dari sel menjadi janin yang utuh. Dalam masa perkembangannya, ada juga beberapa permasalahanan yang bisa terjadi seperti munculnya ciri – ciri janin tidak berkembang usia 3 bulan. Untuk mencegah hal ini terjadi dan sekaligus untuk memberikan sedikit informasi yang bisa membantu menambah wawasan Anda mengenai beberapa ciri yang menunjukkan bahwa perkembangan janin 3 bulan tidak mengalami perkembangan lebih lanjut.

1. Tidak merasakan pergerakan

Hal pertama yang bisa Anda ketahui adalah Anda tidak merasakan akan adanya pergerakan janin pada rahim Anda. Karena trimester pertama adalah masa awal perkembangan janin maka seharusnya pergerakan janin sebagai dampak dari perkembangannya akan ikut terasa. Apabila hal ini terjadi maka segera periksakan kandungan Anda ke USG dan cobalah untuk memahami dan menghindari beberapa penyebab kehamilan tidak terdeteksi USG karena USG memiliki peran penting dalam pemeriksaan kandungan Anda.

2. Terjadi pendarahan

Ciri – ciri darah keguguran tentunya akan berbeda dengan darah yang keluar pada saat menstruasi ataupun flek – flek lainnya. Adanya pendarahan bisa mengindikasikan keguguran pada janin.

3. Berat badan stabil

Perkembangan janin yang semakin hari semakin membesar juga akan mempengaruhi berat badan ibu. Jadi apabila setelah tiga bulan mengandung dan berat badan Anda masih stabil maka hal ini adalah hal yang patut Anda curigai.

4. Muncul flek 

Adanya flek yang muncul dan tidak segera hilang dalam jangka waktu yang cukup panjang juga bisa mengindikasikan ada permasalahan pada perkembangan janin Anda. Flek ini bisa berasal dari darah yang ada pada janin Anda.

5. Kadar HCG rendah

Ciri ciri janin tidak berkembang usia 3 bulan selanjutnya adalah adanya kadar HCG yang rendah. Memang ada beberapa penyebab HCG rendah yang secara alami terjadi seperti kehamilan. Tetapi apabila kadar HCG ini tetap rendah maka ada sesuatu yang patut dicurigai juga.

6. Tidak mengalami morning sickness lagi

Masa kehamilan adalah masa yang dikenal dekat dengan terjadinya moning sickness karena tubuh yang berusaha beradaptasi. Tidak mengalami morning sickness pada trimester pertama juga bisa mengindikasikan adanya permasalahan pada tubuh.

7. Perut tidak membesar

Ciri yang paling mudah terlihat adalah perut yang tidak mengalami pembesaran atau tidak membuncit. Perbesaran perut mengindikasikan perkembangan janin yang makin membesar.

8. Ada rasa sakit pada perut bagian bawah 

Ada beberapa penyebab sakit perut saat hamil yang bisa terjadi. Salah satunya adalah sakit perut pada perut bagian bawah yang juga bisa mengindikasikan terjadinya keguguran. Rasa sakit pada bagian perut bawah ini biasanya akan diiringi rasa nyeri yang tidak tertahankan.

9. Tinggi fundus tidak mengalami perubahan

Seiring berjalannya waktu atau usia kehamilan maka seharusnya tinggi fundus juga akan semakin meninggi. Jadi apabila tidak ada perkembangan pada janin maka fundus juga tidak akan bertambah tinggi. Untuk memeriksakan tinggi fundus Anda, maka datanglah ke dokter kandungan secara berkala.

Itulah beberapa ciri – ciri janin tidak berkembang usia 3 bulan yang bisa saya bagikan kepada Anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membuat Anda lebih berhati – hati dalam menjaga kandungan Anda.