Gerakan Janin Usia 4 Bulan Seperti Apa? Yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil

Dalam proses kehamilan, ada beberapa tanda tanda yang dapat menjadi petunjuk apakah kondisi janin di dalam kandungan memiliki kondisi yang sehat serta perkembangannya normal. Tanda tanda kehamilan yang normla dan sehat tersebut harus dipahami dengan baik dalam kaitannya untuk menjadikan kondisi janin di dalam kandungan selalu sehat dan tidak mengalami berbagai macam gangguan kehamilan. Kondisi kesehatan dari janin merupakan poin penting yang harus selalu diperhatikan dengan benar oleh setiap ibu hamil dan dapat diusakahan dengan beberapa cara.

Setiap perkembangan kehamilan atau usia kandungan, tentu ada beberapa bentuk perubahan yang terjadi pada janin sebagai bagian dari tanda yang mendukung bahwa janin dalam kondisi yang sehat dan perkembagannya normal. Salah satu tanda yang dapat ditunjukan oleh janin yang normal adalah melalui gerakan yang dapat dirasakan oleh ibu hamil terutama di usia kehamialn 4 bulan. Berikut penjelasan mengenai gerakan janin usia 4 bulan seperti apa yang perlu diperhatikan dengan baik sebagai intrumen untuk membantu memastikan perkembangan janin berlangsung dengan normal.

Waktu Gerakan Janin Dapat Dirasakan

Sebelum membahas mengenai bagaimana gerakan janin dirasakan ketika memasuki usia 4 bulan, maka yang perlu dipahami oleh ibu hamil terlebih dahulu adalah kapan waktu ibu hamil dapat merasakan adanya gerakan janin tersebut. Secara umum, gerakan janin dapat dirasakan oleh ibu hamil ketika memasuki usia kehamilan 16 – 25 minggu dan bisa lebih cepat dari itu tergantung beberapa faktor seperti kehamilan pertama atau tidak, banyaknya lemak dalam perut ibu, dan sensitifitas ibu dalam merasakan adanya gerakan janin.

Gerakan Janin Usia 4 Bulan Seperti Apa

Seperti dalam penjelasan diatas, perkembangan janin 4 bulan sudah dapat menjadikannya bergerak di dalam rahim ibu hamil dan dapat dirasakan. Ibu hamil akan merasakan gerakan janin di usia 4 bulan yang biasanya merupakan gerakan pertama pada kehamilan tersebut dengan kondisi yang seolah olah seperti adanya yang bergerak di dalam kandungan dan terasa pada perut ibu hamil. Dalam gerakan pertamanya, ibu hamil bisa saja merasakan ada yang seperti menendang, mendorong, dan serasa berdenyut dari gerakan janin. Gerakan janin 4 bulan menjadi salah satu ciri janin sehat dalam kandungan usia 4 bulan.

Beberapa ibu hamil mungkin masih kesulitan dalam membedakan apakah gerakan yang ditunjukan oleh janin di dalam kandungan tersebut memang benar gerakan dari janin atau pergerakan organ perut akiba adanya gas dan kondisi kelaparan. Kurang pekannya ibu hamil untuk merasakan dan membedakan mana yang merupakan pergerakan dari janin di usia 4 bulan dan mana yang bukan biasanya karena baru pertama kali merasakan kehamilan. Ibu hamil juga tidak perlu khawatir ketika usia 4 bulan belum dapat merasakan gerakan janin selagi dokter kandungan memastikan bahwa kondisi janin di dalam rahim normal serta sehat.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Terkait Gerakan Janin Usia 4 Bulan

Berkiatan dengan gerakan yang ditunjukan oleh janin ketika memasukai usia kehamilan 4 bulan, ibu perlu memperhatikan beberapa hal yang harus dipahami dengan baik. Beberapa hall yang perlu diperhatikan tersebut diantaranya seperti :

  • Gerakan lemah, pergerakan janin pada usia kehamilan 4 bulan biasanya masih akan sangat lemah dan terkadang sulit untuk dirasakan. Pergerakan janin semakin bertambahnya usia kehamilan juga akan semakin terasa kuat dan lebih mudah untuk dirasakan. Pergerakan yang lemah tersebut bukan menjadi pertanda adanya gangguan kehamilan pada ibu hamil yang patut diwaspadai.
  • Gerakan janin dengan frekuensi jarang, selain gerakannya yang lemah dan mungkin belum dapat dirasakan secara jelas, pergerakan janin pada usia kehamilan 4 bulan juga akan terjadi dalam frekuensi yang rendah atau jarang untuk terjadi.  Frekuensi pergerakan janin ini sama dengan kekuatannya yang akan semakin sering dengan penambahan usia kehamilan. Dalam sebuah studi menunjukan bahwa diusia kehamilan akhir janin bergerak setidaknya 30 kali setiap jamnya.
  • Pemantauan gerakan janin, mengingat gerakan janin usia 4 bulan belum mantap atau belum memiliki rasa yang kuat dan frekuensi yang sering maka dokter biasanya tidak akan menyarankan ibu untuk menghitung jumlah pergerakan dari janinnya. Pemantauan gerakan janin biasanya akan dilakukan ketika memasuki usia kehamilan 28 minggu dimana pada usia tersebut, gerakan janin sudah mudah dirasakan. Cara menghitung pergerakan janin yang benar untuk pemantauan adalah dengan memposisikan tubuh ibu dalam kondisi yang nyaman pada jam dimana janin paling sering bergerak. Pemantauan jumlah pergerakan janin dihitung selama 2 jam dan secara normal, janin akan bergerak setidaknya 10 kali dalam sejam.

Itulah beberapa penjelasan mengenai gerakan janin usia 4 bulan seperti apa, yang perlu diperhatikan oleh setiap ibu hamil agar benar dalam menyikapi pergerakan janin. Gerakan janin menjadi salah satu hal yang dapat menentukan apakah janin dalam kondisi yang sehat atau tidak. Gerakan dari janin tersebut secara umum baru akan dapat dirasakan ketika kehamilan sudah memasuki usia 16 – 25 minggu atau bisa lebih cepat.  Lakukan beberapa cara merasakan gerakan janin 4 bulan untuk dapat merasakannya secara langsung.