Apakah Keputihan Tanda Persalinan Sudah Dekat ? Ini Penjelasannya

Ibu hamil yang sudah masuk ke trimester tiga akhir pasti akan sangat penasaran dengan berbagai tanda-tanda akan melahirkan. Semua itu disertai dengan rasa takut dan cemas yang sangat berlebihan. Terkadang efek berpikir terlalu jauh dan rasa takut akan membuat ibu hamil stres dan akhirnya menjadi sakit. Ini juga akan membuat ibu tidak bisa tidur dengan baik sehingga cenderung akan kurang istirahat. Apalagi jika sudah ditambah dengan tanda seperti keputihan. Jika keputihan di awal kehamilan bisa menjadi tanda kehamilan, maka keputihan di akhir kehamilan bisa jadi memang akan tiba waktunya melahirkan. Lalu apakah keputihan tanda persalinan sudah dekat? Ini penjelasannya untuk Anda.

  1. Keputihan sangat kental dan kemerahan

Berbeda dengan keputihan saat hamil, maka keputihan menjelang persalinan biasanya memiliki tekstur yang lebih kental atau semi padat. Kemudian cairan tidak hanya berwarna putih biasa tapi lebih keruh dan kemerahan. Terkadang cairan keputian juga berwarna coklat atau merah muda. Sebenarnya ini adalah tanda ketika lendir yang selama ini berada di bagian leher rahim membuka. Ketika leher rahim semakin longgar maka lendir ini akan keluar. Inilah tanda-tanda awal Anda akan segera menjalani persalinan.

  1. Keputihan dan bayi terasa dibawah

Setelah Anda siap melakukan persalinan yang normal maka bayi Anda akan terlihat lebih dibawah. Posisi ini ditandai dengan ciri ciri janin sudah masuk panggul. Keputihan dengan tanda ini memang sangat normal. Ini karena bayi Anda sedang berusaha untuk berubah posisi agar kepala dibagian bawah dan kaki diatas. Jika posisi ini bertahan terus maka ibu bisa memilih persalinan normal tanpa masalah. Namun posisi bayi ini akan membuat ibu lebih sering menahan nafas, ibu akan sulit untuk menahan nafas biasa karena tekanan janin pada area diagfragma.

  1. Adanya pembukaan leher rahim

Sebelum mengalami pembukaan saat melahirkan, maka sebenarnya ibu akan mengalami penipisan lapisan leher rahim. Kondisi ini terjadi selama beberapa minggu yang diawali dengan keputihan yang lebih kental tapi belum disertai dengan darah. Jika ibu pergi ke rumah sakit maka dokter bisa memeriksa apakah leher rahim ibu sudah longgar sehingga siap untuk melahirkan normal. Meksipun ini tanda yang sangat awal namun biasanya belum disertai dengan kontraksi sehingga ibu tidak merasakan sakit apapun.

  1. Keputihan disertai diare dan mual

Selama ibu sudah mengalami keputihan kental dan kemerahan sebagai tanda persalinan, maka ibu juga akan mengalami diare dan mual. Ini kondisi yang sangat normal karena sebenarnya tubuh ibu sedang memproduksi hormon yang bisa membuat ibu melahirkan normal. Hormon ini akan merangsang gerakan usus yang lebih cepat sehingga ibu selalu ingin merasa seperti buang air besar. Bahkan hormon inilah yang akan membuat ibu seperti ingin buang air besar selama melakukan cara mengejan saat melahirkan. Dan tentunya akan sangat berbahaya jika ibu juga mengalami ambeien selama hamil.

  1. Keputihan disertai rasa lelah

Biasanya jika ibu mengalami keputihan yang normal maka akan membuat punggung terasa tidak nyaman. Namun jika ibu mengalami keputihan akan melahirkan maka akan membuat ibu merasa sangat lelah. Kondisi ini yang akan membuat ibu lebih sering tidur siang dan pada saat malam harinya tidak bisa tidur dengan baik. Jika ibu mengalami hal ini maka disarankan untuk lebih banyak beristirahat.

  1. Keputihan disertai kram perut

Selama ibu mengalami keputihan akan melahirkan maka ibu juga akan merasa kram perut. Kram perut ini dianggap hal yang sangat wajar karena menjelang persalinan. Ibu akan merasakan tekanan pada bagian perut bawah dan area panggul. Bahkan ibu juga merasa sakit pada area sekitar dubur. Ketika ibu sedang tidur atau istirahat sambil meluruskan kaki maka rasa sakit bisa menjalar ke paha dan bagian punggung bawah. Intinya selama proses ini bagian otot dan sendi sedang menyambut persalinan Anda.

Jadi apakah keputihan tanda persalinan sudah dekat? Ini penjelasannya yang akan membuat ibu tidak lagi merasa khawatir. Jika ibu mengalami keputihan disertai dengan semua tanda itu maka cobalah untuk segera pergi ke dokter kandungan atau bidan sehingga mereka bisa memberitahu Anda, apakah ini waktunya akan melahirkan atau harus menunggu lagi.