Fakta Dibalik Mitos Bahaya Tidur Pagi Setelah Melahirkan Bagi Ibu

Proses persalinan baik melalui jalan operasi caesar ataupun melahirkan normal merupakan akhir dari jalannya kehamilan selama kurang lebih 40 minggu. Dalam proses persalinan tersebut, ibu akan bertemu dengan bayi yang selama ini dijaga dan diperhaitikan kondisinya dari luar dengan berbagai macam usaha serta beban yang harus ditanggung. Melihat bayi yang sehat, lengkap, serta normal merupakan keinginan seluruh ibu hamil sehingga selama proses kehamilan pastinya berbagai macam upaya seudah dilakukan.

Setelah proses persalinan, baik melalui jalan operasi maupun secara normal, tubuh ibu membutuhkan waktu penyembuhan yang lama berlangsungnya sangat bergantung dari kondisi tubuh ibu serta pilihan cara melahirkan yang dijalani ibu. Ditengah proses penyembuhan tersebut, ibu tetap dituntut dengan tanggung jawab untuk memperhatikan, mengurus, dan menjaga kondisi perkembangan bayi maupun kesehatannya agar selalu dalam kondisi yang baik dan normal.

Selama proses penyembuhan dan perawatan pasca melahirkan tersebut, ada berbagai macam pantangan dan larangan yang memang terbukti secara medis maupun mitos yang sudah dipercayai di masyarakat. Salah satu larangan atau pantangan tersebut adalah kondisi ibu pasca persalinan yang tidak boleh tidur di pagi hari. Memenuhi larangan tersebut tentu cukup berat bagi ibu mengingat setiap malam ibu harus terbangun untuk menyusui bayinya yang masih mudah rewel. Dalam artikel ini, hamil.co.id akan mengulas mengenai mitos dan fakta dibalik bahaya tidur pagi setelah melahirkan yang masih sering dipertanyakan.

Mitos Bahaya Tidur Pagi Bagi Ibu Pasca Melahirkan

Kondisi tidur pagi bagi ibu pasca proses melahirkan merupakan salah satu larangan ibu menyusui yang muncul dan berkembang di Indonesia sebagai sebuah kebiasaan di masyarakat sejak turun temurun hingga masih dipercayai saat ini. Bahaya tidur pagi setelah melahirkan dikaitkan dengan munculnya beberapa permasalahan kesehatan terutama pada bagian mata. Menurut mitos dimasyarakat tersebut tidur pagi dapat menyebabkan darah putih di tubuh mengarah ke daerah mata yang menyebabkan permasalahan pada mata dan salah satunya adalah kondisi katarak dan lain sebagainya. Karena permasalahan pada mata dan berbagai masalah kesehatan lainnya tersebut menjadikan sebagian besar masyarakat menyakini bahwa kondisi tidur pagi untuk ibu harus dihindari.

Fakta Bahaya Tidur Pagi Bagi Ibu Pasca Melahirkan

Secara medis ternyata bahaya tidur pagi setelah melahirkan yang berkaitkan denga permasalahan pada mata maupun permasalahan kesehatan lainya salah dan tidak benar. Tidak ada fakta medis yang menyatakan bahwa ibu pasca proses persalinan yang tidur di pagi hari dapat menyebabkan naiknya darah putih yang menganggun fungsi mata. Berikut ini beberapa fakta dibalik bahaya tidur pagi setelah melahirkan bagi ibu yang diantaranya :

  • Ibu pasca persalinan membutuhkan lebih banyak istirahat sehingga tidur merupakan salah satu hal yang harus dilakukan lebih banyak oleh ibu terutama ketika tugasnya untuk memberikan manfaat asi untuk bayi dan menidurkan bayi sudah selesai.
  • Ibu yang tidur di pagi hari dapat membantu mengembalikan kondisi tubuhnya setelah kebiasaan bangun malam yang biasa dilakukan ibu dikarenakan kondisi bayi yang sering terbangun di malam hari. Byi yang sering bangun di malam hari tersebut merupakan hal yang wajar dan umum mengingat bayi belum dapat membedakan antara waktu siang dan malam.
  • Ibu dapat tidur kapan saja ketika memang tubuhnya membutuhkan istirahat dan berbagai aktivitas mengurus bayi sudah dilakukan dan bayi sudah dapat tertidur.
  • Memenuhi istirahat yang baik dan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui pasca persalinan secara rutin dalam jumlah yang cukup maka dapat membantu mengembalikan kondisi tubuh ibu dan membantu mempercepat penyembuhan pasca persalinan.
  • Setelah proses persalinan, ibu harus tetap mengupayakan tubuhnya mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan harus menghindari berbagai macam aktivitas berat guna mengingat kondisi tubunya yang masih dalam masa penyembuhan pasca persalinan.

Itulah beberapa kondisi yang perlu diperhatikan oleh setiap ibu pasca persalinan terkati dengan mitos yang berkembang dimasyarakat yakni bahaya tidur di pagi hari bagi ibu pasca persalinan. Dalam penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa secara fakta tidur di pagi hari bagi ibu pasca melahirkan bukanlah sesuatu hal yang dilarang ataupun berbahaya bagi kondisi kesehatan tubuh ibu seperti mitos yang selama ini berkembang. Ibu harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk mengembalikan kondisi kesehatan dan tubuhnya.

Dengan penjelasan diatas dapat dikatakan bahwa mitos yang berkembang dimasyarakat mengenai tidur di pagi hari bagi ibu pasca persalinan merupakan suatu hal yang salah. Meskipun salah, kondisi yang sudah lama berkembang dan dipercayai oleh masyarakat tersebut seringkali harus tetap dijalankan oleh ibu untuk menghormati orang tua. Selama kondisi ibu masih dalam keadaan yang kuat ibu tetap dapat menjalani kebiasaan yang berkembang dimasyarakat tersebut namun ketika kondisi ibu melemah dan membutuhkan istirahat sebaiknya ibu tidak memaksakan diri dikarenakan adanya bahaya kondisi ibu yang kelelahan dan masih dibutuhkannya proses penyembuhan pasca persalinan.