Penyebab Sakit Punggung Setelah Operasi Caesar Dan Cara Mengatasinya

Proses persalinan merupakan sebuah akhir dari masa kehamilan dan menjadi awalan bagi setiap wanita untuk memulai perannya sebagai seorang ibu secara utuh dalam hal menjaga dan membesarkan bayi hingga dewasa kelak. Dalam proses tanggung jawabnya ibu harus mengupayakan berbagai macam hal mulai pemberian nutrisi menjaga bayi dari berbaga macam masalah kesehatan yang mengintai, memperhatikan perkembangan fisik maupun otaknya, hingga melakukan upaya untuk menghindarkan bayi dari masalah gangguan tumbuh kembang anak.

Seperti yang dijelaskan diatas, sebelum ibu menjalani peran dan tanggung jawabnya maka ada satu proses yang harus dilalui bahkan dengan mempertaruhkan nyawa yakni persalinan. Persalinan dapat berlansung dengan dua cara yakni melahirkan normal ataupun melalui jalan operasi caesar. Setiap proses yang dipilih tentu akan memperhatikan keadaan yang ada muali dari kondisi janin atau bayi didalam kandunga dan kondisi kesehatan ibu serta faktor faktor lainnya.

Persalinan caesar memiliki banyak kelebihan dan kekurangan yang mungkin dapat dipilih maupun dihindari oleh beberapa ibu hamil. Kondisi persalinan caesar meskipun berjalan lebih ringan dan cepat namun memiliki kekurangan dengan waktu recovery atau penyembuhan yang lebih lambar dari proses persalinan normal. Setelah proses persalianan, beberapa gejala terkadang masih sering muncul dan diantaranya adalah keadaan sakit punggung. Berikut ini penjelasan mengenai kondisi sakit punggung setelah operasi caesar yang dapat terjadi pada beberapa ibu hamil dalam uraian dibawah ini.

Penyebab Sakit Punggung Setelah Operasi Caesar

Kondisi sakit punggun setelah proses persalinan caesar sering kali dialami oleh sebagian besar ibu. Keadaan munculnya sakit punggung tersebut tentu dapat menyebabkan rasa nyeri yang menganggu dan menimbulkan kondisi tidak nyaman pada tubuh ibu yang kemungkinan akan menganggu aktivitasnya dalam mengurus bayi. Keadaan sakit punggung yang terjadi setelah operasi caesar tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal yang disebutkan dibawah ini.

  • Efek samping suntikan bius

Berbagai macam tindakan medis mulai dari operasi bahkan tindakan diagnosis dan juga suntikan tentu dapat menimbulkan efek samping terhadap kondisi tubuh pasien yang mengalaminya tersebut. Kondisi suntikan bius yang diberikan kepada ibu dalam proses persalinan akan dilakukan pada bagian tulang belakang atau yang disebut sebagai anestesi spinal. Penyuntikan anestesi spinal mengharuskan jarum menembus pelindung dari cairan yang terdapat pada tulang belakang dan menimbulkan beberapa kondisi bahaya melahirkan caesar lainnya. Kerusakan jaringan pelindung tersebutlah yang disinyalir sebagai penyebab terjadinya nyeri punggung pasca proses persalinan caesar atau sectio caesar.

  • Aktivitas setelah persalinan caesar

Meskipun kondisi suntikan yang dilakukan dalam proses section caesar dapat memiliki efek samping melahirkan caesar namun keadaan munculnya nyeri atau sakit punggung tersebut hanya terjadi pada beberapa kecil wanita setelah operasi caesar. Kondisi yang menjadi penyebab paling utama dari keadaan munculnya sakit pada punggung setelah operasi cesar adalah aktivitas yang dijalani ibu dalam kondisinya menjaga dan mempersiapkan serta memperhatikan perkembangan bayi yang masih kecil.

Beberapa aktivitas yang dapat memicu terjadinya kondisi sakit pada daerah punggung ibu pasca menjalani proses persalian casar diantaranya seperti trauma pasca operasi, sering mengangkat beban yang berat seperti mengendong bayi, kurangnya nutrisi makanan yang dikonsumsi, aktivitas menyusui, serta munculnya beberapa macam gangguan seperti gangguan posisi saat istirahat atau tidur, dan gangguan peradangan pada bagian tulang dan otot di sekitar punggung.

Cara Mengatasi Sakit Punggung Setelah Operasi Caesar

Sakit pada daerah punggung yang diterjadi pada seorang ibu tentu sangat menganggu dapat dapat menyebabkan tidak optimalnya berbagai macam aktivitas ibu dalam tanggung jawabnya kepada bayi. Karena akibat yang dimunculkannya tersebut maka ibu dapat melakukan beberapa upaya pengatasan kondisi sakit yang muncul. Berikut ini beberapa cara mengatasi sakit punggung setelah ibu menjalani operasi caesar yang diantaranya sebagai berikut ini.

  • Obat obatan, cara mengatasi kondisi nyeri yang muncul pada ibu pasca persalinan cesar yang pertama adalah dengan mengunakan beberapa obat obatan yang dijual bebas maupun obat wajib apotek gologan analgesik antipiretik yang memang memiliki fungsi untuk menahan atau mengatasi nyeri pada tubuh.
  • Melakukan beberapa aktivitas dengan benar, kondisi tubuh ibu tentunya membutuhkan waktu untuk dapat kembali pada keadaan sehat dan normalnya pasca persalinan caesar. Oleh karena itu, berbagai macam aktivitas perlu dijaga melalui istirahat dengan posisi yang benar, pemanasan, berolahraga ringan, dan lain sebagainya.
  • Kompres air hangat, langkah sederhana dan traditional yang dapat membantu menghilangkan terjadinya nyeri pada punggung ibu adalah dengan memberikan kompresan air hanga di daerah sekitar munculnya rasa nyeri tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi sakit punggung setelah proses persalinan caesar tersebut. Jika keadaan sakit atau nyeri yang muncul berlangsung dengan berat dan dalam waktu lama maka ibu perlu memeriksakan dirinya secara medis agar mendapatkan tindakan yang tepat.