Benar Tidak Sakit Pinggang Sebelah Kiri Tanda Hamil Atau Penyakit?

Semua ibu hamil biasanya menjadi sangat sensitif. Sedikit keluhan saja bisa membuat ibu hamil merasa panik. Padahal sebelumnya banyak ibu yang tidak peka dengan berbagai tanda kehamilan muda. Salah satunya jika ibu sering merasa nyeri pinggang saat hamil. Kondisi ini memang hal yang sangat biasa tapi terkadang juga menjadi tanda akan menstruasi. Lalu benar tidak sakit pinggang sebelah kiri tanda hamil atau penyakit? Simak semua informasi berikut ini.

Benar Tidak Tanda Hamil?

Memang benar jika salah satu gejala hamil muda adalah ibu akan merasakan sakit pinggang sebelah kiri. Namun semua tanda ini tidak akan langsung muncul terutama jika kehamilan ibu masih sangat muda. Rasa sakit pada bagian pinggang kiri disebabkan karena ukuran bayi yang semakin besar bisa menekan sistem syaraf pada area punggung dan pinggang. Rasa sakit pinggang kiri karena hamil bisa diuraikan seperti dibawah ini.

  1. Sakit muncul mulai dari punggung ke pinggang lalu turun sampai ke pantat.
  2. Merasakan tekanan pinggang yang lebih berat lagi terutama karena perkembangan janin yang semakin besar.
  3. Rasa sakit bisa terjadi karena perubahan hormon yang sangat besar selama hamil.
  4. Rasa sakit pada pinggang menjadi lebih parah karena ligamen mengendur untuk memberi jalan ketika terjadi pembukaan saat persalinan.
  5. Rasa sakit akan lebih jelas ketika berat badan ibu hamil bertambah terus.

Rasa Sakit Karena Penyakit

Jika perempuan mengalami sakit pinggang sebelah kiri maka jangan langsung mengasumsikan sebagai tanda hamil. Pada wanita hamil terlihat jelas adanya ciri dinding rahim menebal tanda hamil dan itu tidak terjadi pada wanita yang tidak sedang hamil. Lalu jika sakit pinggang sebelah kiri karena penyakit maka disebabkan oleh:

  1. Cedera otot

Cedera otot juga akan menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri. Hal ini bisa terjadi ketika ibu bekerja secara berlebihan pada bagian punggung. Akibatnya otot pinggang akan melebar, menegang dan bisa robek. Jika ini terjadi maka rasa sakit muncul lebih parah karena adanya peradangan pada bagian tersebut. Dan rasa sakit yang berat ini tidak terjadi pada penyebab sakit pinggang saat hamil 6 bulan.

  1. Penyakit batu ginjal

Sakit pinggang pada bagian kiri juga bisa menjadi adanya tanda penyakit batu ginjal. Ini harus diwaspadai oleh wanita karena ginjal adalah organ tubuh yang penting. Jika ibu merasakan sakit secara tiba-tiba dan terus menerus maka itu bisa jadi tanda masalah pada ginjal. Gejala selain sakit pinggang termasuk seperti muntah, mual, sulit buang air kecil dan ada darah dalam urin.

  1. Adanya infeksi pada ginjal

Karena sakit pinggang sebelah kiri bukan hanya karena hamil maka juga bisa karena infeksi pada bagian ginjal. Infeksi ini bisa terjadi secara tidak terduga atau karena komplikasi. Misalnya seperti infeksi saluran kemih yang tidak terawat. Akhirnya terjadi peradangan yang membuat komplikasi pada ginjal.

  1. Penyakit pasa sistem reproduksi

Bagi semua wanita yang mengalami sakit pinggang sebelah kiri maka harus bersikap waspada. Masalahnya kondisi ini bisa terjadi karena penyakit pada sistem reproduksi. Salah satu penyakit yang sangat berbahaya adalah munculnya endometriosis. Akibatnya punggung akan terasa sangat nyeri, sensasi panas dan tusukan yang berat. Gejala lain akibat penyakit pada saluran reproduksi termasuk seperti menstruasi sering terlambat, menstruasi tidak teratur, sering buang air kecil dan sakit saat berhubungan intim.

Nah itulah informasi tentang benar tidak sakit pinggang sebelah kiri tanda hamil atau penyakit? Untuk memastikan apakah itu tanda hamil atau tidak maka segera lakukan pemeriksaan medis sehingga kehamilan atau penyakit bisa segera dirawat.