Sponsors Link

Perkembangan Janin 7 Bulan (28 Minggu)

Sponsors Link

perkembangan janin 28 mingguSaat janin memasuki usia 7 bulan, perkembangan janin sudah mendekati normal atau sempurna. Banyak ibu hamil yang menunggu-nunggu janin yang usianya sudah memasuki 7 bulan. Hal itu dikarenakan janin yang memasuki usia 7 bulan sudah mirip seperti manusia kecil yang hadir di dalam rahim. Semua organ di dalam janin sudah mendekati sempurna, hanya tinggal menunggu pematangan saja.

ads

Banyak ibu hamil yang menggelar syukuran untuk menyambut acara 7 bulanan. Ruh janin juga sudah ditiupkan saat usia 4 bulan, kemudian usia 7 bulan janin sudah mendekati sempurna. Janin mulai bergerak lebih aktif dan lebih cepat dibandingkan dengan usia sebelumnya. Ibu hamil kini bisa merasakan gerakan kaki dan juga gerakan tangan di perutnya. Kadang lengan dan kaki janin bisa membuat permukaan perut ibu hamil menjadi tidak rata dan bergelombang.

Perkembangan Janin

Ibu hamil harus terus memantau perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya. Pentingnya pemantauan tersebut untuk melihat apakah janin yang ada di dalam kandungan berkembang sesuai dengan usia kehamilan atau tidak. Berikut ini perkembangan janin yang harus diketahui oleh ibu hamil saat usia kandungannya memasuki usia 7 bulan :

1- Saat usia 7 bulan jaringan lemak pada janin mulai mengalami penumpukan. Lemak-lemak tersebut disebut dengan verinix. Verinix menutupi kulit janin sehingga kulit janin tidak akan basah jika terkena cairan ketuban. Verinix tersebut juga bisa membuat tubuh janin terasa hangat meski ada di dalam cairan ketuban.

2- Otak dan fungsinya sudah mulai berkembang secara pesat, permukaan otak mulai berkerut-kerut dan membentuk jaringan yang lebih sempurna. Otak dilengkapi dengan sel-sel syaraf. Sel-sel syaraf tersebut terlapisi dengan lemak yang membuat proses penyampaian rangsangan dapat diterima otak dengan cepat. Otak janin akan mengalami perkembangan pesat saat usianya 7 bulan sampai anak berusia 5 tahun.

3- Alat kelamin janin sudah mulai terlihat, namun hal ini bisa saja berubah. Jika janin berjenis kelamin perempuan maka jenis kelaminnya bisa berubah menjadi laki-laki, sedangkan jika jenis kelaminnya laki-laki maka jenis kelamin tersebut tidak akan berubah. Alasannya adalah saat jenis kelamin terdeteksi wanita bisa saja penisnya belum muncul dan kelihatan.

4- Jika jenis kelamin janin anda seperti ciri ciri hamil anak laki- aki, saat usia 7 bulan kantung skrotum mulai terbentuk.

5- Janin sudah bisa bermimpi.

6- Janin laki-laki akan membuat rahim berada sekitar 8 cm di atas pusar.

7- Gerakan janin semakin kuat dan semakin sering.

8- Denyut jantung janin mulai bisa terdengar lebih keras.

9- Perkembangan janin 7 bulan masih terlihat kurus tubuhnya, meski sudah memiliki berat 1100 gram atau satu kilo lebih satu ons. Panjang janin sekitar 35 sampai dengan 38 cm.

10- Rambut di bagian kepala mulai tumbuh semakin lebat dibandingkan sebelumnya.

11- Alis dan kelopak mata sudah mulai terbentuk lebih sempurna.

12- Selaput yang menutupi bola mata janin sudah mulai hilang.

13- Janin mulai tidak merasa nyaman ketika berada di dalam rahim sebab ukuran badan janin yang semakin bertambah, janin akan merasakan kondisi rahim yang semakin sempit. Tidak heran jika janin akan bergerak terus-terusan untuk mencoba mencari posisi nyaman di dalam rahim ibu. Manfaat USG kehamilan yang biasa dilakukan, tidak jarang menunjukkan kaki janin berada di bawah sedangkan kepalanya berada di atas seperti bayi sungsang.

ads

14- Perkembangan janin 8 bulan sudah memiliki kemampuan melihat karena selaput yang menutupi bola matanya telah hilang. Di dalam rahim janin hanya bisa melihat uterus ibunya. Kondisi uterus yang gelap dan juga terang kelak bisa membuat janin bisa membedakan mana waktu siang dan mana waktu malam.

15- Pendengaran janin sudah mulai sempurna, kini tidak hanya suara ayah dan ibunya yang bisa dia dengar. Janin akan membedakan dan suara musik pun bisa dia dengarkan dari dalam rahim sang ibu.

16- Indera perasaan janin sudah mulai sempurna, indera perasaan itu berguna bagi janin untuk mengetahui apa yang dimakan oleh ibunya.

17- Paru-paru janin sudah mulai digunakan untuk bernafas meski kondisinya masih belum sempurna. Janin sudah bisa melakukan gerakan yang bisa melatih otot pernafasannya.

18- Tulang janin saat usianya memasuki 7 bulan mulai sempurna.

19- Kulit janin yang tadinya kendor akan lebih kencang saat usianya 7 bulan.

20- Janin sudah bisa melakukan gerakan membuka dan menutup matanya.

21- Tubuh janin saat usia ini akan memproduksi banyak lemak sampai usia perkembangan janin 9 bulan. Lemak tersebut sangat berguna bagi janin yang ada di dalam rahim.

Perubahan pada Ibu Hamil

Ibu hamil saat usia kehamilan 7 bulan mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Berikut ini berbagai macam perubahan yang bisa terjadi pada ibu hamil bulan ke-7 :

1- Ibu hamil merasakan ingin buang air kecil secara terus menerus. Penyebabnya adalah rahim yang membesar tertekan dengan kandung kemih.

2- Uterus semakin membesar membuat ibu hamil merasakan sakit punggung dan cepat menjadi pegal. Agar sakit punggung tidak semakin menjadi ibu hamil disarankan untuk tidak duduk terlalu lama dan jangan memakai sepatu berhak tinggi yang membuat kondisi punggung pegal semakin parah.

3- Tubuh akan semakin membesar seiring dengan janin yang semakin besar. Ibu hamil semakin tidak nyaman dengan tubuhnya terutama jika ibu hamil akan tidur siang maupun tidur malam.

4- Kolostrum atau cairan ASI yang akan keluar saat pertama kali sudah diproduksi di bagian kelenjar payudara.

5- Ibu hamil akan merasakan ketidaknyamanan saat usia kandungan memasuki 7 bulan. Salah satu ketidaknyamanan tersebut adalah sesak nafas bahkan timbulnya varises di kaki juga kondisi kaki bengkak saat hamil. Ibu hamil disarankan untuk beristirahat yang banyak saat usia kandungan 7 bulan. Hindari duduk yang terlalu lama karena membuat sakit punggung.

Video Perkembangan Janin 7 Bulan

Apa Saja yang Harus dilakukan Ibu Hamil ??

Semakin mendekati persalinan, ibu hamil harus rutin memeriksakan kandungannya kepada pihak medis, dokter atau bidan terdekat. Jika dulu bidan atau petugas medis menyuruh untuk memeriksakan kandungannya sebulan sekali, saat usia kandungan memasuki 7 bulan bidan akan menyuruh ibu hamil untuk rutin periksa kandungan selama dua minggu sekali.

Berikut ini hal-hal yang harus ddiperhatikan dan juga diperiksakan oleh ibu hamil :

  • Pemeriksaan Kandungan

Pemeriksaan yang dilakukan saat usia kandungan memasuki usia 7 bulan bertujuan untuk mengetahui posisi dari janin di dalam rahim tersebut. Biasanya janin memiliki posisi yang berubah-ubah, kadang posisinya bagus dan normal, namun kadang posisinya sungsang. Hal itu dikarenakan kepala janin belum masuk ke dalam panggul. Jika sudah masuk ke dalam panggul, posisi janin pun tidak akan berubah-ubah hanya tinggal menunggu pecah ketuban saja.

Meski usia kandungan belum 9 bulan ibu hamil diharapkan untuk bisa melakukan upaya-upaya untuk membetulkan letak janinnya yaitu dengan menungging. Jika ibu hamil memeriksakan di bidan tanpa USG, untuk mengetahui posisi kepala atau kaki tersebut pihak bidan atau medis akan melakukan perabaan di bagian perut sehingga bisa terdeteksi apakah kepala yang ada di bawah atau kakinya yang ada di bawah.

Sponsors Link

  • Makanan Ibu Hamil

Ibu hamil harus memperhatikan kualitas dan kuantitas dari makanan sehat untuk ibu hamil. Makan dengan porsi kecil bisa dilakukan oleh ibu hamil, mengingat rahim ibu dan perut ibu semakin membesar karena keberadaan janin tersebut.

  • Tempat Melahirkan

Mulai usia 7 bulan sebaiknya ibu hamil mulai berunding dengan keluarga mau melahirkan di mana, di rumah sakit, klinik atau di bidan. Jangan lupa untuk menyiapkan biaya yang diperlukan saat melahirkan dan transportasi apa yang ingin digunakan.

  • Berlatih Mengejan

Ibu harus mulai berlatih mengejan lewat senam hamil yang diikutinya atau diajarkannya di puskesmas atau di lokasi kebugaran ibu hamil.

Pada kondisi tertentu janin yang harus dilahirkan pada saat usianya 7 bulan memiliki harapan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan janin yang usianya 6 bulan. Namun jika dilihat dari segi bobot, janin masih memiliki bobot yang kecil dan belum sepenuhnya sempurna.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 24th, June 2015 / 04:51 Oleh :
Kategori : Perkembangan Janin