Susu Kedelai untuk Anak Aman atau Tidak ?

Tidak semua anak yang lahir di dunia ini memiliki kecocokan terhadap susu sapi ya bunda, ada beberapa anak yang mengalami gejala alergi susu sapi pada bayi sehingga mereka tidak bisa mengkonsumsi susu sapi karena bisa membuat tubuh mereka mengalami beberapa masalah seperti bentol merah pada tubuh sampai masalah pencernaan. Biasanya dokter atau ahli gizi menyarankan untuk memberikan susu kedelai pada anak, namun sampai saat ini masih banyak pro dan kontra terhadap susu kedelai. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai susu kedelai untuk anak.

Aman atau Tidak?

Banyak sekali dokter dan juga ahli gizi yang mengatakan jika susu yang terbuat dari kacang kedelai ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi bayi alergi susu sapi. Susu kedelai memang memiliki nutrisi yang cukup baik dan tidak kalah dengan susu sapi ya, susu kedelai ini memiliki manfaat dan juga efek samping bagi anak-anak. Beberapa negara tidak menjadikan susu kedelai sebagai salah satu susu sumber kebutuhan anak-anak, namun hanya menjadikannya sebagai sumber nutrisi pelengkap saja. Memang perlu dibutuhkan penelitian lebih lanjut lagi mengenai susu kedelai ini. Namun selama anak Anda mengalami alergi pada susu sapi, dan dokter menyarankan supaya Anda memilih alternatif susu kedelai maka tidak masalah. Asal bunda memperhatikan beberapa hal seperti misalnya perhatikan selama anak konsumsi susu kedelai itu ada gejala yang membahayakan atau tidak.

Manfaat

  1. Mengandung kalsium

Susu kedelai ini selain memiliki manfaat susu kedelai bagi ibu hamil, juga memiliki manfaat bagi anak kita ya. Bagi anak yang mungkin mengalami alergi susu sapi atau alergi terhadap protein susu sapi maka biasanya akan disarankan untuk mengkonsumsi susu kedelai saja. Susu kedelai ini bisa menjadi alternatif karena juga mengandung kalsium. Sehingga anak tetap bisa mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan yang baik.

  1. Cocok untuk anak yang mengalami alergi lactosa

Bagi Anda yang memiliki anak dengan alergi susu sapi dan juga alergi terhadap lactosa maka bisa menjadikan susu kedelai ini sebagai salah satu alternatif ya. Susu kedelai ini terbukti memiliki nutrisi yang hampir sama dengan susu sapi. Nutrisi yang kita temukan di dalam susu kedelai ini juga bisa meningkatkan tumbuh dan kembangnya. Bahkan protein yang ada di dalam susu kedelai ini lebih mudah untuk dicerna anak-anak sehingga mereka tidak mengalami diare, salah satu penyebab diare pada bayi adalah karena tidak cocok dengan susu sapi.

  1. Sumber protein yang baik

Susu kedelai untuk anak memang banyak manfaatnya. Salah satu manfaat dari konsumsi susu sari kedelai adalah susu ini mengandung protein yang cukup tinggi dan juga mengandung asam amino. Yang mana kedua nutrisi itu sangat dibutuhkan oleh anak kita dalam masa perkembangannya. Tidak ada salahnya mulai sekarang Anda tidak mengabaikan susu kedelai.

Bahaya

  1. Bisa menyebabkan alergi

Namun tidak semua anak juga cocok dengan susu kedelai ya. Selain beberapa anak yang mengalami alergi terhadap susu sapi, ada juga anak yang mengalami alergi kepada susu kedelai. Beberapa anak yang mengkonsumsi susu kedelai mengalami alergi. Namun tenang saja karena biasanya kasus ini sangatlah jarang terjadi.

  1. Masalah tiroid pada anak

Bahaya terlalu banyak konsumsi susu kedelai untuk anak adalah anak beresiko mengalmai tiroid. Jika anak mengkonsumsi susu kedelai terlalu banyak, maka bisa menyebabkan kandungan iodin di dalam tubuhnya meningkat. Jika itu terjadi maka akan terjadi gangguan atau masalah tiroid pada anak. Jadi jangan sampai berlebihan ya bunda.

Itu dia bunda beberapa informasi mengenai susu kedelai untuk anak, jika anak mengalami diare karena mungkin alergi terhadap susu kedelai maka bunda harus memberinya obat diare balita. Jika Anda masih ragu, apakah akan memberi susu kedelai untuk anak atau tidak, maka segera konsultasikan dengan dokter anak Anda.